UKM Robotik UBL Menerapkan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengolahan Pertanian Di Kampung Sri Menanti, Kabupaten Way Kanan

Unit Kegiatan Mahasiswa ROBOTIK UBL, melalui Program Kampus Merdeka KEMENDIKBUDRISTEK yaitu Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021, telah memenangkan dan meraih dana hibah untuk program pengembangan desa, yaitu di Kampung Sri Menanti, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan, Prov.Lampung.

Arif Rahman, Selaku Ketua Pelaksana dari Tim PHP2D UKM ROBOTIK UBL tersebut menuturkan “Ada beberapa hal yang membuat kami untuk memilih Kampung Sri Menanti sebagai objek dari program PHP2D kali ini, salah satunya yaitu cakupan wilayahnya yang sangat strategis dalam Sektor Pertanian, sehingga untuk penerapan program ini sangat bagus dan mendukung. Pada Kegiatan PHP2D UKM ROBOTIK UBL di Kampung Sri Menanti ini, kami melakukan mitra dengan Kelompok Karang Taruna Kampung Sri Menanti, kami juga melakukan suatu upaya penerapan Teknologi di bidang Pertanian, adapun penerapannya yaitu menerapkan sebuah inovasi mesin cultivator, lalu ada juga penerapan sistem pengairan tanaman secara otomatis”.

Kepala Kampung Sri Menanti, Abdul Roni, menuturkan “Dengan adanya Program PHP2D dari Tim ROBOTIK UBL ini sudah mengalami perubahan, dari tadinya para Karang Taruna Kp. Sri Menanti belum mengetahui, dengan adanya Tim PHP2D UKM ROBOTIK UBL, pelaksanaan PHP2D ini, masyarakat khususnya Karang Taruna sangat terinspirasi atas kegiatan – kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Tim PHP2D UKM ROBOTIK UBL”

Ketua Karang Taruna Kampung Sri Menanti, Putra Saheri juga memberikan sebuah apresiasi terhadap Tim PHP2D UKM ROBOTIK UBL yang telah menjadikan Kampung Sri Menanti menjadi sebuah desa binaan dalam kegiatan PHP2D. “Program PHP2D yang dilaksanakan oleh Tim UKM ROBOTIK UBL, Sangat bagus dampaknya buat perkembangan di Kampung Sri Menanti, terutama dalam Sektor Pertanian. Ini sangat membantu kedepannya akan potensi apa yang bakal kita gali yang kedepannya mudah – mudahan, adik – adik dari UKM ROBOTIK UBL bisa terus membantu kemajuan Teknologi dalam Sektor Pertanian, khususnya di Kampung Sri Menanti”.

Dosen Pendamping PHP2D UKM ROBOTIK, Muhammad Riza, Ph.D. mengatakan, Program PHP2D ini diikuti oleh Tim UKM ROBOTIK UBL. Dimana program PHP2D sendiri sebenarnya adalah bagaimana mahasiswa bisa mengimplementasikan pengetahuan apa yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan, dan kemudian bisa diterapkan dimasyarakat secara langsung. Tentunya dalam hal ini programnya adalah bagaimana mahasiswa membuat sistem otomatisasi peralatan pertanian, yaitu ada cultivator dan juga beberapa sprinkler yang bisa melakukan penyemprotan secara otomatis.

Dosen Pembina UKM ROBOTIK UBL sekaligus Dosen Pendamping dalam kegiatan PHP2D UKM ROBOTIK UBL ini mengatakan, Kita berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut, kalau bisa tiap tahun akan kita jadikan Kampung Sri Menanti ini sebagai Desa Binaan, Bekerja sama dengan UBL. Jadi kita akan mencoba untuk menerapkan beberapa Teknologi yang telah dipelajari mahasiswa dibangku perkuliahan untuk dapat digunakan di desa.