fbpx

UBL Pro Tampilkan Transformasi Berbagai Karya Cipta

Sebagai lembaga penyiaran kampus (LPK) yang membroadcastingkan berbagai penyampaian informasi dan komunikasi dari kalangan sivitas akademika Universitas Bandar Lampung (UBL) keberbagai kalangan diinternal kampus maupun eskternal lingkup masyarakat.

UBL Production (UBL Pro) bertransformasi sebagai tulang punggung yang selalu menampilkan berbagai karya cipta yang variatif, kreatif, inovatif dan diferensiatif.

Hal itu dibenarkan Penanggungjawab Program dan Redaksi UBL Pro, Noning Verawati, S.Sos., MA., yang menyebutkan UBL Production merupakan badan usaha yang bergerak dibidang industri kreatif, khususnya produksi pengerjaan fotografi, videografi, dan desain grafis.

“Lembaga ini juga salah satu inkubator bisnis yang dinaungi oleh Program Pengembangan Inovasi dan Kreativitas (PPIK) UBL, UBL Pro bergerak secara profesional dalam setiap pengerjaannya. Agar mengetahui lebih jelas tentang kami lebih lanjut kunjungi http://ublproduction.net/tentang-kami,”jelasnya, Kamis (28/7/2016).

Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi (Sekprodi Ilkom) UBL ini menambahkan Ubl Pro juga melengkapi pengembangan diri dalam sisi aplikasi produksi penyiarannya. Yang terbaru, UBL Pro memiliki kanal resmi streaming youtube yang diberi nama UBLtv.Dalam waktu dekat akan coba menghidupkan kembali radio streaming.

“Khsusus UBLtv menampilkan berbagai dokumentasi UBL yang didokumentasikan oleh tim redaksi dan produksi (program) kami. Selain itu ditampilkan juga hasil-hasil karya tim UBL Production yang lain,”terangnya.

Noning menambahkan UBLtv tidak hanya berupa streaming TV, tapi juga sudah diimplementasikan berbentuk kanal resmi streaming youtube. “Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses UBLtv melalui tautan https://www.youtube.com/channel/,”imbuhnya.

Dosen Ilkom UBL ini menambahkan, meskipun UBL Pro merupakan media penyiaran internal kampus. Tapi akses penyiaran maupun kejelasan informasi didalamnya ternyata mampu diakses luas publik baik dilingkup lokal, domestik, regional, nasional hingga internasional, karena sudah berafiliasi dengan jejaring (daring) dan media sosial (medsos).

“Hal itu bisa terlihat dengan banyaknya kunjungi resmi di situs kami www.ublproduction.net untuk melihat portofolio, informasi lebih lanjut, metode pemesanan jasa kami, tautan ke sosial media yang lain, serta pengimplementasian konten-konten lainnya,”ujarnya.

Selain itu, dalam berbagai kesempatan Noning menegaskan publik juga telah mengetahui berbagai keunggulan hasil produksi dari UBL Production yang memiliki penanganan tiga karya produksi utama di tiga bidang yaitu fotografi, videografi, dan desain grafis.

“Hasil-hasil (produksi) itu lebih lanjut bisa diupload atau hanya sekedar di cek di www.ublproduction.net/category/portofolio. Memang, berbagai hasil karya kami memang masih sebatas dilingkup kampus. Tapi, aksesnya akan coba kami kembangkan lagi,”jelasnya.

Disinggung hasil produksi yang sudah mendapatkan apresiasi publik. Noning membeberkan mulai dari portofolio video dokumentasi perhelatan acara Dies Natalis ke 42 tahun UBL, desain Kalender UBL tiap tahunnya, video dokumentasi yudisium dan wisuda 2015, hingga promosi, penyampaian informasi dan order pemesanan produk-jasa kewirausahaan dari sivitas akademika dan alumni.

“Terdiri dari rangkaian berbagai acara yang melibatkan baik sivitas akademik universitas maupun masyarakat. Didalamnya mengambarkan kegiatan yang ada di dalam UBL serta Suasana yang dimiliki oleh UBL. Disertai berbagai motion graphic yang cukup atraktif.Untuk melihat hasil portofolio kami lebih lanjut bisa melihat www.ublproduction.net dengan keyword ‪#‎UblProduction‬‪#‎Portofolio‬,”imbuhnya.

Menyikapi transformasi UBL Pro, Dekan Fisip, UBL, Dr.Drs. H.Yadi Lustiadi, M.Si, coba berujar secara bijaksana.

“Transformasi ini terjadi karena memang adanya kepercayaan yang terasa luar biasa diberikan pihak universitas (rektorat), fakultas (dekanat), prodi, stakeholder kampus terkait hingga masyarakat luas,”katanya.

Lebih lanjut, Kaprodi Program pascasarjana Magister Ilmu Administrasi (PPS MIA) UBL ini mentestimoni bahwa kehadiran UBL Pro ini ternyata dapat menjaring calon mahasiswa baru (camaba).

Karena berbagai konten dan aplikasi kerja para kru UBL ternyata menjadi media efektif bagi para mahasiswa Prodi Ilkom maupun fakultas dan prodi lainnya untuk memperkenalkan ilmu penyiaran baik secara teoritis dan praktek dilingkup eksternal kampus.

“Aplikasinya dapat dilihat dari pelaksanaan tugas di lapangan (berinteraksi dengan publik).Termasuk dalam melaksanakan tiap tugasnya, yang dibagi dalam beberapa divisi bidang kerja.Pembagian tugas itu memudahkan pihak terlibat didalamnya dalam menyelengarakan tugas-tugas mereka. Berbagai aktivitas dan kreativitas UBL pro ternyata menarik minat masyarakat berpartisipasi untuk mengkuliahkan putra-putra mereka disini (UBL),”tukasnya.(Rilis BMHK UBL/Insan Ares).

Tags:

Related posts: