Tips Menjalani Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi

Gambar: mahasiswa Universitas Bandar Lampung
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

[UBL] : Bandar Lampung , – Masa pandemi Covid-19 sudah memasuki lebih dari 2 tahun dan sebagian besar aktivitas masih dilakukan secara online. Semua aktivitas mulai dari bekerja hingga kegiatan belajar mengajar berubah secara online. Sejak tahun lalu, mulai ada beberapa kantor, sekolah atau perguruan tinggi yang menerapkan sistem hybrid atau campuran dari offline dan online. Meskipun begitu, jika kasus Covid meningkat maka semua tempat kembali menjadi full online.

Namun, Universitas Bandar Lampung (UBL) sejak beredarnya Surat Edaran Rektor UBL No. 84/U/UBL/V/2022 tanggal 19 Mei 2022 tentang Perkuliahan Offline (Tatap Muka 100%) untuk Program Sarjana (S1) dan Program Pascasarjana (S2) Universitas Bandar Lampung, seluruh Dosen dan mahasiswa UBL sudah di wajibkan melakukan pembelajaran Tatap Muka.

Sebagai mahasiswa UBL yang baik, UBLizen tentunya sudah harus menyiapkan segala kebutuhan untuk melakukan pembelajaran Tatap Muka atau Offline. Jadi gak Dosen dan Kampus aja yang siap-siap. Tapi UBLizen juga harus sigap dalam menjalani perkuliahan ini.

Nah, kira-kira apa saja yang harus UBLizen siapkan? Yuk simak dibawah ini!

  1. Patuhi Protokol Kesehatan
    Bukan berarti dengan menjalani Pembelajaran Tatap Muka (Offline) UBLizen jadi menganggap remeh virus COID-19 ini, ya. UBLizen harus selalu waspada di manapun UBLizen berada dan tetap mengikuti aturan-aturan yang diberlakukan.

    Kunci utama pelaksanaan kuliah tatap muka ini adalah dengan mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Dan jangan sampai UBLizen lengah dan tidak memperdulikan hal tersebut. Walau pun pemerintah sudah melonggarkan tentang aturan pemakaian masker. Namun, UBLizen tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan demi diri sendiri dan orang sekitar.

 

  1. Adaktif Dengan Perubahan
    Agar perkuliahan tatap muka di pasca pandemi ini berjalan dengan lancar, UBLizen harus adaptif. Sebab, banyak penyesuaian sistem pembelajaran yang dilakukan merespons pasca pandemi.

    Seperti yang UBLizen tahu, sejak virus COVID-19 merebak, seluruh aktivitas masyarakat termasuk perkuliahan dialihkan ke online. Kemudian saat situasi mulai terkendali, perkuliahan mulai diarahkan ke sistem bauran. Oleh sebab itu, menjadi adaptif dan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan adalah kunci menghadapi perkuliahan di masa pandemi ini.

 

  1. Buat Jadwal Belajar Dengan Baik
    Walaupun UBLizen sudah berada di masa perkuliahan secara Tatap Muka (Offline), Namun UBLizen harus membiasakan untuk selalu disiplin di manapun UBLizen berada dan mulai disiplin untuk menata ulang kehidupan UBLizen seperti sedia kala. Lakukan kebiasaan UBLizen seperti sebelum pandemi mewabah, kurangilah untuk tidur larut malam, biasakan untuk sarapan pagi, berolahraga, dan selalu menjaga kesehatan.

    Karena, berada di situasi dan kondisi seperti ini UBLizen harus benar-benar yakin bahwa UBLizen harus membuat jadwal belajar dengan baik. Memang sulit untuk bisa belajar dengan baik di pasca pandemi seperti saat ini. Apalagi bagi UBLizen yang sudah ada sampingan kerja, pastinya lumayan sulit untuk membagi waktunya. Namun, jika UBLizen membuat jadwal belajar dengan bak dan mengaplikasikannya di dalam dunia perkuliahan dijamin UBLizen gak bakal bingung atau ketinggalan pelajaran.

 

  1. Manfaatkan Waktu Belajar di Kampus Dengan Baik
    UBLizen Jangan terlalu merasa cemas yang berlebihan dengan kondisi yang saat ini UBLizen alami, tetap jalani aktivitas UBLizen dengan selalu berpikir positif dan kurang-kurangi berpikiran yang terlalu berlebihan karena yang ada malah bisa menyebabkan stress.

    UBLizen harus ingat, bahwa berada dan bertemu teman diskusi dalam satu ruangan memang kesempatan yang langka pada saat pandemi kemarin. Maka dari itu UBLizen harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Tapi jangan lupa jaga protokol kesehatan juga ya.

 

  1. Ciptakan Situasi Belajar Yang Efektif
    UBLizen harus tahu bahwa belajar secara daring terkadang membuat orang sulit untuk berpikir. Makanya, UBLizen harus benar-benar siap dalam segala kondisi. Namun kali ini UBLizen sudah merasa sedikit mudah untuk berpikir. Karna UBLizen sudah bisa berdiskusi secara langsung setiap hari.

 

  1. Jaga Kesehatan Dengan Baik
    Hal paling penting dalam belajar di masa pasca pandemi ini adalah menjaga kesehatan. Jika UBLizen bisa menjaga kesehatan dengan baik pasti UBLizen bisa melalui kegiatan belajar mengajar dengan baik. Karna pada pembelajaran Tatap Muka (Offline) ini, UBLizen akan mengeluarkan sedikit lebih banyak energi.

    UBLizen juga jangan lupa untuk membawa vitamin demi menjaga daya tahan tubuh UBLizen. Tapi, UBLizen juga harus bisa menjaga pola makan dan rajin berolahraga juga, ya. Konsumsilah makanan yang bernutrisi tinggi dan minumlah vitamin untuk menambah nutrisi. Konsumsi vitaminnya harus sesuai aturan pakai atau sesuai dengan saran dan anjuran dokter, ya. Jangan coba-coba asal minum vitamin, bukannya khasiat yang kamu dapat malah bisa mendatangkan penyakit. Maka dari itu UBLizen tidak boleh lengah terhadap kesehatan diri sendiri.

 

Jadi itulah UBLizen, beberapa hal yang bisa UBLizen terapkan untuk menghadapi kuliah Tatap Muka (Offline). Gak hanya membuat studi UBLizen menjadi lancar aja lho, tapi UBLizen juga bakal dapat kesempatan belajar yang belum UBLizen dapat selama belajar daring.

 

(PRS)