[UBL] : Bandar Lampung – Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? Sederhananya, jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media.
Di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.
Seperti yang kita rasakan bahwa kehidupan kita tidak pernah lepas dari yang namanya komunikasi. Oleh karena itu, Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam bermasyarakat.
Apakah kamu tertarik mengambil jurusan ilmu komunikasi? Sebagai pertimbangan, kamu bisa cek prospek karier jurusan ilmu komunikasi di bawah ini.
Dalam jurusan Ilmu Komunikasi ini, nantinya mahasiswa akan mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, hingga penerimaan pesan verbal dan nonverbal.
Mahasiswa juga akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital).
Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan jurusan ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang media dan komunikasi. Apa saja prospek kariernya?
Prospek Karier Jurusan Ilmu Komunikasi:
1. Public Relations/Humas
Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.
2. Event Organizer
Bagi mahasiswa yang sering mengikuti organisasi dan menggelar event kampus bisa menjadi modal penting. Karena di dunia kerja, bekal tersebut bisa dilanjutkan menjadi seorang event organizer. Lulusan ilmu komunikasi dibutuhkan dalam industri ini karena memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, EO juga biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan berbagai jenis event, seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.
3. Marketing Komunikasi
Tidak jauh berbeda dengan bidang EO, marketing komunikasi atau markom biasanya ada di berbagai perusahaan. Tugas seorang markom adalah membangun komunikasi pemasaran dengan strategi yang sesuai dengan target perusahaan. Tim markom juga seringkali menjadi posisi vital dalam berkembangnya sebuah perusahaan di mata masyarakat luas.
4. Presenter
Jika kamu suka berbicara menyampaikan berita, profesi menjadi seorang presenter bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih menjadi presenter televisi yang hebat bisa menjadi terkenal, lho. Sebut saja di Indonesia presenter top seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Noya, dan masih banyak lagi.
5. Wartawan
Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang wartawan karena memiliki kemampuan menulis dan menyampaikan informasi. Namun, bagi mahasiswa yang ingin menjadi seorang wartawan perlu memiliki keberanian dan komitmen agar bisa menyajikan berita yang layak dan benar bagi banyak orang.
6. Editor
Selain wartawan, dalam dunia jurnalistik juga ada seorang editor atau sering disebut dengan penyunting. Lulusan komunikasi yang menjadi editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.
7. Creative Director
Creative Director adalah seorang pemimpin kreatif yang bertugas di perusahaan pemasaran, publikasi, media, maupun website. Untuk menjadi seorang Creative Director membutuhkan konsep dan ide kreatif yang sangat kuat dalam proses kerjanya. Jika anda suka berkreasi dan mengerjakan proyek mungkin cocok untuk pekerjaan ini bagi lulusan komunikasi.
8. Dosen
Sama halnya dengan jurusan lain, lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang pengajar. Misalnya dengan menjadi seorang dosen, jika sudah memenuhi persyaratan pendidikan minimal magister (S2).
9. Fotografer
Tidak hanya sekedar memotret gambar dan tinggal jepret saja, dimana hal tersebut identik dengan fotografer. Akan tetapi, seorang fotografer harus mampu merancang ide yang kreatif, merencanakan, dan mempersiapkan proses foto. Selain itu, ketika sudah selesai juga harus mampu melakukan editing foto, mengatur layout dan melakukan percetakan.
10. Redaktur
Redaktur merupakan jenis jabatan keredaksian yang berada di dunia kewartawanan. Secara umum, tugas dari seorang redaktur adalah melakukan penyuntingan dalam suatu naskah. Akan tetapi, dalam perkembangannya, selain mengedit suatu naskah atau berita atau informasi, redaktur juga memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke suatu tempat.
Selain itu, redaktur biasanya berasal dari kalangan reporter lapangan yang kariernya naik menjadi seorang redaktur.
11. Copywriter
Copywriting mempunyai tujuan untuk memasarkan dan mempromosikan sebuah barang atau jasa. Sedangkan orang yang melakukan copywriting disebut copywriter. Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi juga berpeluang besar untuk menjadi seorang copywriter, terutama untuk orang yang suka menulis. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman dan tidak jenuh membaca tulisannya hingga akhir.
Bagi yang suka menulis kreatif, prospek kerja menjadi seorang copywriter sangat terbuka lebar untuk mahasiswa lulusan jurusan komunikasi. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman, tidak jenuh membaca tulisan hingga akhir, dan mampu memikat pembaca.
12. Juru Bicara
Juru Bicara adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab dalam menerangkan kondisi sesuatu. Juru bicara biasanya bertugas dalam menyampaikan keterangan resmi kepada umum yang mewakili seseorang atau suatu kelompok. Jubir menjadi pekerjaan yang sangat menarik terutama untuk seorang lulusan komunikasi.
Nah, itulah prospek karier jurusan ilmu komunikasi. Apakah ada pekerjaan incaran UBLizen?
(PRS)