Teknik Mesin Punya Prospek Kerja Yang Jarang Orang Ketahui, Yuk Cek!

[UBL] : Bandar Lampung – Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material. Namun memang benar, jika secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb.

Apabila kamu menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Keunggulan dari Teknik Mesin adalah, lulusannya dibutuhkan oleh berbagai macam industri. Bidang manufaktur misalnya, perawatan dan pembaharuan mesin membutuhkan tenaga ahli teknik mesin. Begitu pula dengan perusahaan otomotif yang selalu mengembangkan mesin dan teknologinya. Kamu yang ingin masuk jurusan ini, pastinya harus menyenangi matematika serta fisika, karena dalam perkuliahan keduanya akan sangat banyak dibahas.

Salah satu cara dalam mempertimbangkan pilihan jurusan yaitu dengan melihat apa saja peluang kerja yang akan kamu peroleh setelah menjadi lulusan. Jadi, adalah hal bagus kalau kamu ingin masuk teknik mesin dan mempertimbangkan terlebih dahulu apa kiranya pekerjaan yang kamu peroleh setelah lulus. Agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa peluang kerja teknik mesin yang wajib kamu tahu:

  1. Bekerja Pada Industri Otomotif
    Peluang bekerja pada industri otomotif adalah pekerjaan yang bagus. Perlu kamu pahami bahwa bekerja di industri ini, selain pengalaman dan keahlian, industri akan mempertimbangkan dari universitas mana karyawan berasal.Beberapa universitas yang terakreditasi adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Bahkan, kamu juga bisa kuliah Jurusan Teknik Mesin di Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Indonesia. Semua universitas tersebut merupakan perguruan tinggi yang telah mendapat akreditasi A dari BAN PT.
  2. Bekerja Bagian Konversi Energi
    Peluang kerja yang selanjutnya adalah bekerja di bagian konversi energi pada sebuah perusahaan. Pada bagian ini kamu bekerja memiliki tanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lain.Salah satu contoh konversi energi yang pada akhirnya bisa membantu manusia adalah panel surya dan kincir uap.
  3. Bekerja Pada Industri Bioteknologi
    Bioteknologi lahir dan berkembang sebagai cabang ilmu yang menganalisis pemanfaatan makhluk hidup dalam sebuah proses produksi yang nanti bisa melahirkan barang atau jasa yang memiliki nilai jual.Lulusan teknik mesin yang memilih pekerjaan ini memiliki peran membuat alat yang sekiranya cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh bidang teknologi. Soal gaji yang akan kamu dapatkan mulai dari jutaan sampai ratusan juta rupiah.
  4. Dosen
    Peluang kerja lulusan teknik mesin adalah dosen. Menjadi dosen adalah pekerjaan mulia karena memindahkan ilmunya pada orang lain. Maka dari itu, profesi ini menjadi incaran banyak orang.
  5. Bergabung dengan PLN
    Jurusan Teknik Mesin juga sangat dibutuhkan dalam Badan Usaha Milik Negara ini. Direktur Utama PLN adalah Zulkifli Zaini. Ketenagalistrikan sudah ada sejak abad ke-19 sehingga bisa menjadi ladang penghasilan baru bagi para lulusan Jurusan Teknik Mesin.
  6. Bekerja Pada Industri Pertambangan
    Salah satu industri yang juga membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Mesin adalah industri pertambangan. Tentu saja tidak mudah untuk bisa masuk dalam industri ini. Seleksi yang ketat dan banyak kompetitor mungkin saja akan mematahkan nyali kamu.Bekerja pada industri pertambangan memang menjadi incaran banyak orang. Tingkatkan kualifikasi yang kamu punya dan persiapkan diri serta teruslah berusaha agar kamu bisa bergabung pada industri pertambangan.
  7. Desainer Mekanik
    Peluang kerja teknik mesin yang banyak orang tidak tahu namun menggiurkan adalah desainer mekanik. Ternyata mesin membutuhkan designer seperti halnya pakaian. Seorang mekanik mendesain mesin dengan model terbaru. Gaji yang diperoleh mulai dari jutaan sampai puluhan juta berdasarkan masa kerja.
  8. Sebagai Wartawan atau Penulis Lepas Pada Rubrik Otomotif
    Bekerja sebagai wartawan atau penulis lepas saat ini populer di kalangan remaja karena kerjanya fleksibel. Peluang kerja lulusan dari Jurusan Teknik Mesin sangat menarik bukan?
  9. Bekerja Mengontrol Lingkungan
    Kamu lulusan teknik mesin bisa menjalani pekerjaan bagian kontrol lingkungan, kok bisa? Lingkungan yang dimaksud adalah suhu dalam sebuah ruangan.
  10. Bekerja Pada Industri Manufaktur dan Otomasi
    Peluang kerja Jurusan Teknik Mesin yang ke-10 yaitu bekerja pada industri manufaktur dan otomasi. Pada industri ini mencoba menerapkan sebuah sistem kontrol yang diharapkan mampu mengoperasikan peralatan secara mandiri tanpa butuh bantuan manusia.Buat kamu yang memiliki minat bekerja industri manufaktur dan otomasi, sebaiknya benar-benar memikirkan kemampuan bertahan dalam bidang tersebut. Karena menjadi seorang pekerja pada bidang industri manufaktur dan otomasi memiliki resiko yang cukup tinggi.

Itulah peluang kerja teknik mesin yang jarang orang tahu. Tentu kamu bisa menggunakan sebagai petunjuk kenapa kamu pilih Jurusan Teknik Mesin. Dengan kemampuan yang kamu miliki, dapat membantu mengambil atau memilih mana pekerjaan yang kamu kuasai. ***