Teknik Informatika Memiliki Prospek Kerja yang luas dan bervariasi, Cek Pekerjaan Incaranmu

Gambar: Mahasiswa Universitas Bandar Lampung
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

[UBL] : Bandar Lampung : Teknik Informatika merupakan jurusan yang biasanya fakultas teknik atau MIPA mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi dengan menggunakan teknologi komputer sehingga menjadikan berpikir logis dan terstruktur untuk mendapatkan sebuah penyelesaian masalah.

Ada beberapa bidang yang dicakup oleh ilmu Informatika ini antara lain: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer serta aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Secara umum Informatika menekankan kepada struktur, sifat, dan interaksi dari sejumlah sistem yang dimanfaatkan untuk melakukan pengumpulan data, pemrosesan serta penyimpanan hasil pemrosesannya, lalu menampilkan data tersebut dalam bentuk informasi.

Aspek dari informatika lebih luas daripada sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, namun juga mencakup informasi yang tidak atau belum diproses menggunakan komputer.

Informatika memiliki konsep dasar, teori, serta perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat juga berkaitan dengan aspek kognitif serta sosial, termasuk pengaruh dan akibat sosial dari penggunaan teknologi informasi pada umumnya.

Pemanfaatan informasi dalam banyak bidang, misalkan bioinformatika, informatika kesehatan atau medis, maupun informasi yang menopang ilmu perpustakaan adalah sederet contoh lainnya dari perkembangan ilmu informatika belakangan ini.

Untuk perkuliahan teknik informatika sendiri setiap perguruan tinggi mungkin berbeda, antara lain mempelajari berbagai fungsi logika, pemrograman bahasa sederhana sampai tingkat tinggi, metode numerik, teknik komputasi, jaringan komputer, dan masih banyak lagi baik yang berhubungan dengan hardware maupun software komputer.

 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Teknik Informatika

Mata kuliah yang dipelajari di Teknik Informatika memang menantang dan terasa sangat dibutuhkan serta kekinian sekali di era digital seperti sekarang ini. Sebagai contoh aja ya, di sini ditampilkan sejumlah mata kuliah yang dipelajari di Prodi Informatika:

– Konsep pemrograman
– Pemrograman visual
– Pemrograman Java
– Pemrograman berbasis web
– Pemrograman berorientasi obyek
– Dasar sistem digital
– Pengantar teknologi informasi
– Interaksi manusia dan komputer
– Struktur data
– Dasar arsitektur dan organisasi komputer
– Perancangan dan analisis algoritma
– Sistem operasi (operating system)
– Basis data (database)
– Jaringan komputer
– Kecerdasan buatan
– Teori informasi dan pengkodean
– Pemodelan dan simulasi
– Machine learning
– Rekayasa perangkat lunak
– Keamanan informasi
– Grafika komputer
– Sistem informasi
– Bisnis teknologi informasi
– Data mining
– Teknologi multimedia
– Teknik kompilasi
– Dan sejumlah mata kuliah pilihan seperti Enkripsi data, Aplikasi berbasis mobile, Game programmingInformation retrievalInternet of things, Pengembangan aplikasi enterprisePredictive data analyticsData visualization dan Context-based retrieval.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Bagaimana dengan prospek kerja atau karir bagi lulusan Teknik Informatika? Banyak sekali bidang yang dapat dimasuki lulusan Teknik Informatika ini. Untuk lebih detailnya yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Full Stack Developer

Full stack developer merupakan seorang yang bekerja dengan berbagai bidang IT. Full stack developer juga bekerja dari sisi front-end maupun back-end. Menarik bukan?

Full stack developer bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client. Untuk menjadi seorang full stack developer memang membutuhkan waktu lama karena harus menguasai konsep dari teknologi tersebut. Selain itu, anda harus memiliki kreatifitas, pemikiran global, selalu ingin tahu, mempunyai kemampuan manajemen waktu, dan komunikasi yang baik.

Gaji Full Stack Developer berdasarkan situs Engine Yard akan menerima gaji rata-rata sebesar $110,500 per tahun atau Rp 1.635.400.000 per tahun (1 USD = Rp 14.800). Akan tetapi, gaji tersebut berbeda berdasarkan negara dan kemampuan programmer. Bahkan ada banyak perusahaan yang mau membayar hingga $150,000 per tahun bahkan lebih. Kalo di Indonesia menurut kalian gimana guys? Hehehe

2. Front End Developer
Seorang front end developer adalah programmer yang bertugas untuk mengerjakan program yang langsung dilihat oleh pengguna. Untuk menjadi seorang frontend developer, anda harus belajar mengenai HTML, CSS, dan pemrograman JavaScript.

HTML sendiri digunakan sebagai kerangka dari suatu website. CSS digunakan untuk memperindah tampilan website. Sedangkan JavaScript digunakan untuk functional dari komponen website. Selain itu, untuk programmer front end yang sudah lebih lanjut, harus mampu menguasai salah satu atau berbagai macam jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan masih banyak lagi. Kemudian anda harus menguasai responsif desain serta testing pada aplikasi.

Untuk gaji seorang front end developer, berdasarkan situs Glassdoor. Rata-rata gaji front end developer di Amerika Serikat adalah $92,738 per tahun atau sekitar Rp 1.372.522.400.

3. Back End Developer
Seorang back end developer adalah programmer yang bertugas di bagian belakang layar. Ada banyak sekali bahasa pemrograman untuk back end developer seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript (Node.js). Back end developer akan menangani bagian data dari website termasuk server dan database. Selain itu, bagian ini akan bertugas dalam merancang sistem dan juga API.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji seorang back end developer di US akan mendapatkan gaji rata-rata sebesar $114,255 atau sekitar Rp 1.690.974.000 per tahun. Menarik bukan?

4. Android Developer
Seorang android developer adalah programmer yang mampu merancang sekaligus membuat aplikasi android agar dapat digunakan user yang menggunakan sistem operasi Android. Mengingat berkembangnya android di Indonesia, tentu akan menjadi prospek kerja teknik informatika.

Biasanya, untuk menjadi seorang android developer anda harus menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Seorang android developer juga harus berkolaborasi dengan UX desainer untuk mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan user.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata dari seorang android developer di US adalah $101,572 per tahun atau sekitar Rp 1.503.265.600 per tahun (1 USD == Rp 14.800).

5. iOS Developer
Seorang iOS developer adalah programmer yang mampu merancang dan membuat aplikasi iOS dari Apple. Anda harus menguasai bahasa pemrograman Swift ataupun pemrogaman objective-C.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata dari seorang iOS developer di US adalah $101,014 per tahun atau sekitar Rp 1.495.007.200 per tahun (1 USD == Rp 14.800).

6. Blogger
Untuk anda lulusan teknik informatika yang suka dengan dunia kepenulisan menjadi blogger adalah pilihan yang pas. Menjadi seorang blogger anda harus mengerti SEO dan cara menggunakan CMS seperti WordPress.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang blogger di US adalah $30,000 per tahun atau sekitar Rp 444.000.000.

7. Desainer Grafis
Untuk anda lulusan teknik informatika yang suka mendesain dan meciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi dapat memilih pekerjaan hebat ini. Anda bisa bekerja dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan customer baik dari jarak jauh maupun tidak. Anda bisa memanfaatkan beberapa software desain seperti Corel, Photoshop, Illustrator, maupun perangkat lunak online.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang desainer grafis di US adalah $52,589 per tahun atau sekitar Rp778.317.200 per tahun.

8. Web Desainer
Perkembangan internet tidak pernah lepas dari suatu website, baik perorangan, kelompok, organisasi, maupun suatu perusahaan. Untuk merancang suatu tampilan website yang mudah digunakan oleh user maka dibutuhkan seorang web desainer (Web Designer).

Web Desainer bertugas dalam merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh user. Pekerjaan dari web desainer akan saling berkolaborasi dengan Front End Web Developer dalam hal teknis, dan bekerja sama dengan UX Researcher dalam menganani pengalaman pengguna dari suatu website.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Web Desainer di US adalah $64,468 per tahun atau sekitar Rp954.126.400 per tahun.

9. Cyber Security Analys
Suatu sistem informasi buatan manusia tentu tidak ada yang sangat sempurna, karena biasanya mempunyai celah keamananan atau bug.

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan diperlukan seorang Cyber Security Analyst dengan cepat jika suatu saat ada celah. Seorang Cyber Security Analyst akan menguji sistem keamanan dan melaporkan jika ada suatu celah (vulnerability).

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Cyber Security Analyst di US adalah sebesar $91,015 per tahun atau sekitar Rp1.347.022.000 per tahun.

10. Data Scientist
Tren pekerjaan data scientiest semakin hari semakin popueler dengan adanya big data. Seorang Data Scientist tentunya bertugas dalam menganalis data untuk pengambilan suatu keputusan tertentu. Untuk menguasai data scientiest dibutuhkan banyak sekali kemampuan seperti pengolahan data dengan Hadoop, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R/Python, dan logika yang kuat.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Data Scientist di US adalah sebesar $139,840 per tahun atau sekitar Rp2.069.632.000 per tahun. Anda lulusan teknik informatika dan tertarik untuk menjadi seorang data scientiest.

11. SEO Specialist
Dimulai dengan munculnya mesin pencari Google, pekerjaan menjadi SEO Specialist merupakan pilihan bagi para lulusan teknik informatika yang suka menulis. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam Bahasa Indonesia bermakna Optimasi Mesin Pencari.

Tugas dari seorang SEO specialist adalah membuat suatu website tampil di halaman pertama mesin pencari ketika user mengetikan kata kunci tertentu. Untuk menjadi seorang yang ahli SEO anda akan berjumpa dengan tools seperti Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang SEO Specialist di US adalah sebesar $66,848 per tahun atau Rp989.350.400 per tahun.

12. Database Administrator
Database / basis data menjadi sangat penting untuk suatu instansi atau organisasi. Hal ini dikarenakan database merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer.

Untuk mengelola database tersebut dibutuhkan seseorang yang mampu mengelola data tersebut yakni database administrator. Tugas dari seorang database administrator meliputi melakukan desain database, melakukan pemeliharaan, dan perbaikan suatu basis data.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Database Administrator di US adalah sebesar $93,164/tahun atau sekitar Rp1.378.886.400 per tahun.

13. UX Researcher
UX atau sering dikenal dengan User Experience, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pengalaman Pengguna?

Prospek kerja teknik informatika tentu sangat bisa untuk menjadi seorang UX Researcher yang handal. Seorang UX researcher bertugas dalam melakukan riset terhadap produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang UX Researcher di US adalah sebesar $116,098 per tahun atau sekitar Rp1.718.250.400 per tahun.

14. Quality Assurance Analyst
Pengujian atau testing suatu produk sangatlah penting bagi suatu organisasi atau perusahaan, sehingga dibutuhkan QA analyst. Tugas dari seorang QA analyst adalah memastikan, memeriksa, dan memonitor dari semua produksi yang ada dalam pemrosesan suatu produk.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Quality Assurance Analyst di US adalah sebesar $67,864 per tahun atau sekitar Rp1.004.387.200 per tahun.

15. Software Tester
Software tester jika diartikan ke Indonesia bermakna Penguji Perangkat Lunak. Seorang software tester berperan dalam pengujian dan kebenaran dari fungsi-fungsi dalam suatu perangkat lunak. Software tester tersebut akan menguji baik dari segi functional testing, unit testing, UI testing, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Software tester di US adalah sebesar $69,899 per tahun atau sekitar Rp1.034.505.200 per tahun.

16. Software Engineer
Prospek kerja teknik informatika tentunya berpeluang besar menjadi seorang software engineer, atau pengembang dari software sistem komputer. Untuk menjadi seorang software engineer diharapkan bisa menguasai bahasa pemrograman yang ada di dalam ilmu tersebut. Bisa memilih satu atau lebih, misalnya memilih penguasaan bahasa JavaScript atau bahasa Ruby untuk pemrograman web.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Software Engineer di US adalah sebesar $115,462 per tahun atau sekitar Rp1.708.837.600 per tahun.

17. Game Developer
Industri game dari dahulu memang terus populer dan tidak pernah surut di telan waktu. Game dalam bentuk komputer, mobile, dll terus mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi tampilan grafis maupun cara memainkannya. Prospek kerja teknik informatika sebagai seorang game developer masih sangat terbuka lebar. Untuk menjadi seorang game developer anda harus menguasai algoritme dan bahasa pemrograman game, misalnya pemrograman C++.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Game Developer di US adalah sebesar $101,691/tahun atau sekitar Rp1.505.026.800 per tahun.

18. System Analyst
Seorang system analyst merupakan orang yang mampu melakukan analisis dan desain untuk menyelesaikan masalah bisnis dengan menggunakan teknologi informasi. Tugas dari seorang system analyst antara lain berkomunikasi dengan customer dan stakeholder untuk belajar dan mendokumentasikan requirement dalam membuat spesifikasi. Kemudian membantu dalam proses pengujian sistem, serta berinteraksi dan berkordinasi dengan developer dan implementer.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang System Analyst di US adalah sebesar $74,152 per tahun atau sekitar Rp1.097.449.600 per tahun.

19. Cloud Architect
Perkembangan internet yang semakin cepat membuat penyimpanan awan atau sering dikenal dengan komputasi awan semakin digemari. Tren pekerjaan seiring berjalannya waktu juga akan berubah, seperti munculnya pekerjaan Cloud Architect.

Prospek kerja teknik informatika tentu mempunyai peluang untuk menjadi seorang Cloud Architect. Tugas dari pekerjaan ini antara lain mendesain aplikasi cloud, melakukan manajemen cloud, dan melakukan monitoring. Selain itu, anda juga harus mempunyai pengetahuan mengenai sistem operasi seperti Linux dan Windows. Kemudian mengerti tentang jaringan seperti TCP/IP, HTTP, DNS. Kemudian mengerti mengenai bahasa pemrograman dan keamanan sistem informasi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Cloud Architect di US adalah sebesar $142,141 per tahun atau sekitar Rp2.103.686.800 per tahun.

20. Computer Forensic Investigator
Computer Forensic Investigator atau lebih dikenal dengan Forensik komputer, merupakan salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang dapat ditemui pada media penyimpanan dan komputer digital.

Tugas dari seorang Computer Forensic Investigator secara khusus bekerja dengan profesional pada suatu perusahaan atau organisasi secara privat. Selain itu, seorang investigator komputer forensik populer bekerja di lembaga penegakan hukum, misalnya kepolisian.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Computer Forensic Investigator di US adalah sebesar $61,737 per tahun atau sekitar Rp913.707.600 per tahun.

21. Konsultan IT
Suatu organisasi ataupun perusahaan tentu membutuhkan konsultan yang akan memberikan solusi mengenai masalah dalam suatu sistem informasi. Konsultan IT berperan dalam evaluasi dan perancanaan penerapan teknologi informasi pada suatu organisasi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang konsultan IT di US adalah sebesar $74,544 per tahun atau sekitar Rp 1.103.251.200 per tahun.

22. Network Engineer
Prospek kerja teknik informatika tentu saja berpeluang besar menjadi seorang network engineer karena infrastruktur jaringan selalu dibutuhkan setiap saat dalam membangun komunikasi antar user. Tugas dari seorang network engineer adalah merencanakan, mendesain, melakukan pengelolaan, manajemen, dan menyelesaikan permasalahan jaringan.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Network Engineer di US adalah sebesar $111,556 per tahun atau sekitar Rp 1.651.028.800 per tahun.

23. PNS
Pegawai Negeri Sipil tetap menjadi pekerjaan yang banyak diidamkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena jenjang karir yang stabil. PNS di pemerintahan biasanya bekerja sebagai pengembang dari suatu website.

Selain itu, lulusan teknik informatika yang bekerja sebagai PNS akan aman dari PHK dan diberi uang selama pensiun. Kemudian diberikan tunjangan kerja yang diatur sesuai dengan peraturan pemerintah. Tertarik untuk menjadi PNS?

24. Dosen IT
Prospek kerja teknik informatika tentu saja menjadi seorang dosen atau pengajar di perguruan tinggi sangat berpeluang bagi lulusan teknik informatika. Semakin banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan teknik informatika tentunya pekerjaan ini akan semakin dibutuhkan.

25. Pengusaha
Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah menjadi seorang pengusaha sukses. Anda harus mampu dalam menghadapi berbagai kegagalan dan melihat kegagalan tersebut sebagai suatu pelajaran berharga untuk anda. Tertarik untuk menjadi pengusaha?

Pekerjaan di bidang terkait IT ini tampaknya sangat dibutuhkan oleh pasar saat ini. Misalkan pekerjaan sebagai administrator sistem komputer, tiap tahun diperkirakan terbuka lowongan sebesar 16.000 orang. Untuk analis keamanan informasi dibutuhkan 40.900 orang. Dan perkiraan kebutuhan itu masih akan terus berlangsung hingga beberapa tahun ke depan (tahun 2019 – 2029).

Demikianlah sekilas informasi terkait Jurusan Teknik Informatika. Apa ada pekerjaan incaran UBLizen?

(PRS)