Prospek Kerja Administrasi Bisnis Sangat Menarik dan Punya Gaji Tinggi

[UBL] : Bandar Lampung – Jurusan Administrasi Bisnis atau yang biasa juga dikenal sebagai Administrasi Niaga memiliki cakupan keilmuan yang cukup luas. Tidak hanya sebatas belajar menjalankan bisnis atau perusahaan tetapi juga termasuk mengembangkan sebuah produk, menarik bukan?

Dengan ini calon mahasiswa baru perlu memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja beragam. Jurusan Administrasi Bisnis menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Salah satu alasannya, yaitu memiliki peluang dan prospek kerja yang terbuka lebar dan beragam.

Karena pada dasarnya Jurusan Administrasi Bisnis itu mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan operasional bisnis sebuah perusahaan dengan berbagai pendekatan strategis. Lulusannya akan siap untuk memulai karier baik sebagai seorang business analyst, konsultan, staf HRD, marketer, ataupun membangun perusahaan sendiri sekaligus mengaplikasikan semua keilmuan yang telah dimiliki.

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan administrasi bisnis atau akan menjadi lulusan administrasi bisnis, mungkin kamu pernah bertanya-tanya

“Lulusan dengan gelar administrasi bisnis bisa kerja apa ya?”

“Berapa ya kisaran gaji lulusan administrasi bisnis?”

Berikut ini informasi tentang prospek kerja jurusan administrasi bisnis beserta kisaran gajinya:

  1. Staf HRD
    HRD (human resource development) ialah bagian dari perusahaan yang bertugas merekrut sumber daya manusia untuk bekerja di perusahaan. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis dapat berkesempatan bekerja sebagai staf HRD dengan jumlah gaji bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juataan.
  2. Konsultan Bisnis
    Lulusan jurusan administrasi bisnis berkesempatan bekerja sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai konsultan bisnis mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaa.

  3. Staf Pemasaran
    Kamu juga berkesempatan untuk bekerja sebagai staf pemasaran di sebuah perusahaan. Di jurusan administrasi bisnis, Kamu akan belajar mengenai imu marketing. Sebagai staf pemasaran, besar gaji yang bisa Kamu peroleh bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta.

  4. Manajemen Perusahaan
    Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis, Kamu dapat bekerja di bidang manajemen perusahaan. Besar gaji yang didapat bisa bervariasi mulai dari Rp 5 juta dan juga bisa terus bertambah sesuai pengalaman dan kredibilitas perusahaan kamu
  5. Dosen
    Setelah lulus sarjana dari jurusan administrasi bisnis Kamu bisa berkesempaan melanjutkan kuliah S2. Setelah menyelesaikan program master di bidang ini Kamu dapat langsung bekerja sebagai dosen. Gaji dosen sangat bervariasi mulai 5 juta, tergantung pada pengalamanmu.

  6. Pebisnis
    Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu tentu mempunyai bekal pengetahuan yang cukup di dunia bisnis. Kamu dapat menggunakan bekal ilmu tersebut untuk membangun bisnismu sendiri. Besarnya penghasilan sebagai pebisnis tentu sangat beragam dapat mencapai angka yang sangat tinggi.

  7. Staf Administrasi
    Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu berpeluang besar untuk bekerja sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan bisa mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta dan bisa meningkat sesuai dengan pengalaman.

  8. PNS
    Kamu pun bisa mendaftar kan diri sebagai PNS setelah selesai sekolah sarjana jurusan administrasi bisnis. Sebagai PNS, Kamu akan mendapatkan gaji yang stabil dan juga bisa terus meningkat.

  9. Guru
    Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis Kamu juga dapat menjadi guru di SMK untuk jurusan akuntansi dan administrasi. Gaji yang Kamu dapat bisa mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat.

  10. Pegawai Bank
    Kamu dapat bekerja di bank setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis. Sebagai pegawai bank, gaji yang Kamu bisa juga bisa mencapai angka yang besar mulai dari Rp 5 juta rupiah bahkan hingga belasan juta rupiah.

  11. Manajemen Perusahaan
    Lulusan administrasi bisnis mempunyai kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut ialah di bidang manajemen. Pengertian manajemen perusahaan merupakan proses memimpin, pengadministrasian, dan juga mengarahkan perusahaan.

    Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi dan melakukan delegasi, juga mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan juga training. Selain itu manajer harus dapat melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

    apabila kamu merupakan lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan, kamu dapat melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar.

    Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki. Kamu akan didorong guna mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu.

    Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis ialah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru sampai kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan juga menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

    apabiila kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, dan juga mampu mengembangkan orang lain.

  12. Staf Pemasaran
    Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis ialah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin sekali untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan.

    Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran ialah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

    Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi sekali untuk menjadi manajer. Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan juga mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan juga proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

    Manajer pemasaran juga dituntut agar mampu berpikir kreatif. Di tengah tren internet marketing di saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh sebab itu, kreativitas sangat dibutuhkan sekali untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

  13. Entrepreneur
    Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, akuntansi, manajemen, ketenagakerjaan, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan juga mengelola bisnis sendiri.

    Sebagai seorang pengusaha, kamu harus mempunyai kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu juga, kamu harus mempunyai kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti mempunyai banyak sekali halangan dan rintangan.

  14. Konsultan Bisnis
    Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga dapat menjadi konsultan bisnis. Konsultan ialah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, akan tetapi tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

    Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan juga konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi / suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

  15. Dosen
    jika kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan juga mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen merupakan profesi yang tepat untukmu. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mumpuni.

    Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk mempunyai pendidikan S2 atau S3. Selain mengajar, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti.

    Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional ataupun internasional. ***

 

(PRS)