Jurusan Manjemen sangat Pintar Dalam Pengendalian, Ini Prospek Kerjanya

Gambar: mahasiswa Universitas Bandar Lampung

[UBL] : Bandar Lampung – Jurusan Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Meskipun sama-sama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan manajemen ternyata memiliki perbedaan dengan jurusan akuntansi maupun ekonomi. Jurusan manajemen ini merupakan salah satu jurusan yang lebih menjurus kepada pengaturan manajemen kegiatan perusahaan.

Bisa dibilang jurusan yang satu ini adalah satu jurusan yang bertugas untuk mengendalikan arah dan roda dari suatu perusahaan ketika lulus kelak. Jika UBLizen mendalami Ilmu Manajemen maka akan belajar menjadi seorang “pengendali” layaknya tokoh Ang pada serial Avatar. Jika Ang mengendalikan elemen bumi, kamu akan mengendalikan roda perusahaan berupa kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba.

Dari jurusan manajemen ini terbagi menjadi beberapa peminatan. Setiap peminatan dari jurusan tersebut juga memiliki tugas dan kelebihan masing-masing. Sebelum membahas lebih detail mengenai jurusan ini, kita bahas dulu yuk mata kuliah dasar apa saja yang akan diberikan sebelum kamu memasuki penjurusan. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai ketika kamu kuliah di jurusan manajemen.

  • Pengantar Ekonomi
  • Pengantar Kewirausahaan dan Bisnis
  • Pengantar Perbankan dan Koperasi
  • Pengantar Manajemen
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Akuntansi
  • Sosiologi dan Geografi
  • Lembaga Keuangan
  • Teori Ekonnomi
  • Perpajakan
  • Komunikasi dan Negosiasi Bisnis
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Operasional
  • Etikan Bisnis
  • Statistik Dasar
  • Hukum Bisnis
  • Aplikasi Teknologi Digital
  • Analisis Multivariate
  • Rekayasa Proses Bisnis
  • Manajemen Strategik
  • Teknik Pengambilan Keputusan
  • Manajemen Penjualan
  • Manajemen Pelayanan
  • Pemasaran Digital
  • Manajemen Resiko

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Manajemen

Selanjutnya bagaimana dong prospek kerja & karir buat lulusan Jurusan Manajemen? Banyak sekali bidang kerja yang bisa dimasuki setelah kalian selesai kuliah dari Jurusan Manajemen ini. Untuk lebih detailnya yuk simak penjelasan dibawah ini:

  1. Akuntan
    Akuntan adalah ahli akuntansi yang bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah. Akuntan bertugas memonitor dan mencatat aliran keuangan yang ada dalam sebuah organisasi atau bisnis. Pastinya, seorang akuntan pun harus memverifikasi keakuratan dan memastikan keabsahan seluruh transaksi yang terjadi.

 

  1. Marketer
    saat kuliah di jurusan manajemen, pasti mempelajari dunia marketing. Marketing dapat berperan sebagai sales dengan maksud, tugas marketing biasanya adalah untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan dan penawaran terhadap produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan. Saat bekerja, profesi ini bertugas memasarkan produk, mengatur iklan, menentukan target pasar, dan lain-lain.

 

  1. Konsultan Bisnis
    Konsultan Bisnis adalah pekerjaan yang dijalankan dengan memberikan bimbingan, baik untuk bisnis dan individu. Bukan hanya sekedar memberi saran kepada perusahaan, namun juga harus mampu memberikan solusi atas suatu masalah. Secara umum, Bisnis konsultan diperlukan oleh berbagai bisnis lain yang ingin berkonsultasi pada perencanaan dan pengembangan perusahaan.

 

  1. Staf Keuangan
    Lulusanmanajemen juga bisa menjadi staf keuangan. Sekilas, prospek kerja jurusan manajemen ini sama dengan akuntan. Padahal, keduanya berbeda. Kata Accounting atau akuntan fokus pada pencatatan kas perusahaan. Tugas utama mereka adalah membuat laporan keuangan. Sementara staf keuangan itu fokus pada manajemen keuangan. Mereka mengatur dan memanajemen transaksi perusahaan.

    Staff finance adalah orang yang bertanggung jawab untuk menangani keuangan perusahaan. Seorang staff finance berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membentuk sistem keuangan sebuah perusahaan. Atau secara sederhana, staff finance adalah orang yang bertanggung jawab terhadap segala aktivitas keuangan, baik dari pengelolaan, penerimaan, transaksi, pencatatan dan laporan. Untuk itulah dalam melakukan tugasnya staff finance harus selalu teliti.

 

  1. Staf HRD
    Mungkin kamu cukup sering menemukan lowongan kerja untuk posisi Staff HRD. HRD adalah salah satu bagian dari perusahaan yang menjalankan beberapa fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan. HRD juga menjadi salah satu posisi yang sentral dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam sebuah perusahaan. Tugasnya mulai dari menerapkan kebijakan, peraturan, dan strategi perusahaan untuk karyawan, hingga menjaga hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan.

 

  1. Ahli Perbankan
    Tidak hanya seputar bisnis, jurusan manajemen juga sangat dibutuhkan di dunia perbankan. Peluang kerja di dunia perbankan ini sangat terbuka lebar untuk lulusan manajemen. Tak dipungkiri, jika kamu bekerja sebagai pegawai ahli pada dunia perbankan, maka kamu bisa mengumpulkan gaji mulai belasan hingga puluhan juta.

 

  1. Staff/ Manajer Operasional
    Bagian atau divisi operasional bertanggung jawab dalam perancangan, pengawasan, dan optimalisasi proses operasional suatu perusahaan. Jadi, staff operasional memahami betul seluk beluk perusahaan, mulai dari praktik bisnis, pengembangan sistem, hingga berbagai kegiatan perusahaan.

    Bidang operasional pun terbagi sesuai dengan lini bisnis, misalnya lini media tentu berbeda dari lini farmasi. Untuk itu, mahasiswa Manajemen Operasional pun mempelajari tentang berbagai metode dalam produksi barang maupun jasa.

 

  1. Dosen
    Seperti jurusan lain, jurusan manajemen tentunya akan memberikan peluang menjadi dosen. Dosen ini tentunya harus menuntutmu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan tinggi. Kamu harus kompeten karena dituntut menyampaikan ilmu untuk para mahasiswa. Sayangnya, berprofesi menajdi dosen tidak terlalu memberikan penghasilan yang begitu besar. Namun, jangan khawatir dulu, kamu tetap akan mendapatkan tunjangan yang cukup banyak dan begitu menggiurkan.

 

  1. Enterpreneur
    Ini nih yang paling menarik. Salah satu profesi yang akan dicetak oleh lulusan manajemen adalah menjadi seorang entrepreneur. Kebanyakan darii mereka tak ingin menjadi pegawai, tapi ingin jadi bos? Justru UBLizen dapat belajar banyak tentang pengelolaan bisnis dan perusahaan di jurusan manajemen Selain ilmu pengetahuan, mahasiswa Manajemen biasanya memiliki jiwa entrepreneurship yang sudah terlatih.

 

Kebanyakan juga dari mereka biasanya sudah menjalankan bisnis mereka sedari berkuliah. Selain belajar di bangku kuliah, lulusan manajemen yang berprofesi menjadi entrepreneur pasti juga akan langsung mempraktikkan ilmu yang sudah mereka dapat.

Nah, itulah kelebihan jurusan manajemen dan prospek kerja yang ada. Buat kamu yang sudah mulai tertarik dengan jurusan yang satu ini, ulasan yang sudah kita bahas bisa banget tuh kamu jadikan opsi untuk memilih jurusan tersebut. Selamat belajar dan good luck!***

(PRS)