Jurusan Ilmu Hukum Punya Prospek Kerja Yang Beragam dan Gaji Tinggi, Buruan Cek!

Gambar: Mahasiswa Universitas Bandar Lampung

[UBL] : Bandar Lampung – Di Indonesia, ilmu hukum termasuk salah satu dari sekian banyak jurusan kuliah yang paling diminati. Pasalnya, prospek kerja ilmu hukum sangat beragam dan kebanyakan menjanjikan peluang karir atau gaji tinggi.

Apakah saat ini kamu sedang mempertimbangkan mau kuliah mengambil jurusan apa, dan buat kamu yang saat ini sedang kuliah atau bahkan baru lulus dari jurusan ilmu hukum? Sedang bertanya-tanya anak ilmu hukum kerja apa setelah lulus? Worry no more, berikut ini info jurusan ilmu hukum dan prospek karirnya, spesial buat kamu.

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Hukum

Pada praktiknya, jurusan ilmu hukum adalah sebuah studi yang mempelajari mengenai sistem hukum yang berlaku di kehidupan masyarakat. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang perundang-undangan, hukum dasar, hingga hukum internasional.

Tidak hanya belajar teori saja, tetapi kamu juga akan mendalami dan mengkaji beberapa kasus hukum yang terjadi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mata kuliah ilmu hukum juga meminta kamu untuk bisa menganalisis dan memecahkan sebuah masalah atau kasus.

Biasanya prospek kerja ilmu hukum tergantung pada peminatan jurusan yang kamu pilih. Mulai dari hukum perdata, hukum islam, hukum adat, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum tata negara, dan masih banyak lagi.

Cabang mata kuliah ilmu hukum masih luas dan banyak. Sehingga tidak mengherankan jika prospek kerja ilmu hukum beragam dan cukup menjanjikan. Bahkan beberapa di antaranya adalah pekerjaan yang bergengsi dengan gaji ratusan juta rupiah.

Mungkin kamu beranggapan bahwa, prospek kerja ilmu hukum hanya sebatas di pengacara, hakim, atau jaksa saja. Padahal ada banyak pekerjaan yang bisa menjadi pilihan kamu.

Penasaran anak jurusan ilmu hukum bisa kerja apa? Ini dia beberapa prospek karier jurusan hukum paling menjanjikan.

  1. Pengacara
    Pengacara adalah salah satu prospek kerja ilmu yang cukup populer di Indonesia. Tugas dan tanggung jawabnya adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin.Tidak hanya itu, sebagai seorang pengacara kamu juga berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Jika kamu memilih prospek kerja ilmu hukum ini, maka kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu. Hal ini bersifat wajib, ya!

    Kisaran gaji pengacara di Indonesia bervariasi tergantung jenis dan beratnya kasus, mulai dari Rp5 juta sampai tak terbatas jumlahnya (apalagi kalau kamu berhasil mendapat klien orang penting).

  2. Jaksa
    Prospek kerja ilmu hukum selanjutnya adalah jaksa. Pekerjaan ini sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruang pengadilan. Tanggung jawab utamanya adalah untuk menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana.Biasanya, seorang jaksa bekerja sama dengan polisi atau aparat hukum lainnya untuk bisa membawa seorang tersangka ke pengadilan. Untuk mengambil pilihan prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus melewati beberapa tahapan tes dari negara.

    Meski proses seleksinya sangat ketat, sekali lulus kamu akan mendapat gaji yang tidak main-main jumlahnya. Gaji jaksa di Indonesia mulai dari UMR sampai Rp15 juta.Sementara itu, tunjangannya mulai dari 1 kali gaji sampai Rp50 juta per bulan.

    3. Notaris
    Bekerja sebagai seorang notaris bisa memberikan Kamu masa depan yang cerah. Notaris diketahui memiliki penghasilan yang lumayan besar. Sebagai notaris, Kamu akan bertugas membuat beragam jenis akta pendirian, warisan, dan lain sebagainya. Profesi ini juga sangat berhubungan dengan ilmu yang Kamu dapat saat berkuliah.

    Namun, perlu diketahui bahwa Kamu harus melanjutkan kuliah dulu agar bisa menggeluti profesi ini. Kamu juga harus menempuh program profesi sehingga bisa bekerja sebagai notaris. Gaji yang bisa Kamu dapat dari profesi ini adalah mulai dari angka Rp4.000.000,00.

  3. Hakim
    Jika Kamu ingin berkontribusi di dunia hukum dan menciptakan keadilan di dunia, maka Kamu bisa memilih menjadi hakim. Bekerja sebagai hakim tentu tidak mudah karena memang dibutuhkan kredibilitas yang tinggi. Di tangan hakim, keputusan pengadilan menjadi tonggak penting dalam hukum.Mengingat betapa pentingnya peran seorang hakim, maka tidak heran jika pemerintah bersedia menggaji hakim dengan bayaran yang besar. Kamu bisa mendapat gaji yang tinggi dengan menggeluti profesi yang satu ini. Bahkan Kamu bisa mendapat gaji hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya.
  4. Konsultan Hukum
    Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan hukum setelah lulus dari jurusan ini. Tugasmu sebagai seorang konsultan adalah memberikan pandangan atau arahan terkait dengan kelengkapan dokumen saat menghadapi sidang. Peranmu dalam bidang ini sangat dibutuhkan dan bisa berpengaruh pada kelancaran jalannya sidang.Sebagai konsultan, Kamu bisa bergabung dengan perusahaan atau lembaga tertentu. Prospek karier yang satu ini sangat menggoda karena Kamu bisa mendapat gaji yang besar bahkan mencapai puluhan juta rupiah.
  5. Diplomat
    Selesai berkuliah di jurusan hukum, Kamu bisa bekerja menjadi duta besar atau diplomat. Jenis profesi yang satu ini sangat seru dan menjadi mimpi bagi banyak orang. Sebagai diplomat Kamu bisa ditempatkan bekerja di luar negeri. Banyak sekali pengalaman yang bisa Kamu dapat dengan bekerja di negara lain.Sebagai diplomat Kamu juga punya peran penting untuk menjaga hubungan antar negara. Gaji yang akan Kamu terima juga sangatlah besar. Kamu bisa mendapatkan belasan hingga puluhan juta rupiah sebagai diplomat dari negara ini.
  6. Staf Kementerian
    Jika Kamu ingin menjadi PNS dan mendapatkan kepastian pensiun, maka Kamu bisa memilih bekerja sebagai staf kementerian. Pastikan untuk selalu memeriksa informasi pembukaan lowongan PNS sesuai dengan formasi yang Kamu butuhkan. Intinya, ada banyak kementerian di Indonesia yang membutuhkan staf dari lulusan jurusan hukum.Sebagai staf kementerian Kamu juga berpeluang mendapatkan gaji besar. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp4.000.000,00. Besar gaji ini bisa bertambah karena Kamu mungkin masih mendapat insentif atau tunjangan.
  7. Dosen
    Dosen juga merupakan salah satu prospek kerja ilmu hukum yang bisa kamu pilih, terutama buat kamu yang suka mengajar. Sama seperti dosen pada umumnya, tugas dosen hukum antara lain membentuk kurikulum, memberikan mata kuliah, dan menyampaikan visi ilmu hukum.Namun, sebelum kamu bisa melamar prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dulu. Sebab, gelar sarjana S1 hukum tidaklah cukup untuk menjadi seorang dosen.

    Gaji dosen hukum dengan masa kerja di bawah 5 tahun biasanya ada di kisaran UMR hingga Rp7 juta (belum termasuk tunjangan, komisi, remunerasi, dll).

     

  8. Diplomat
    Prospek kerja ilmu hukum berikutnya adalah menjadi diplomat. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin bertugas di luar negeri demi kepentingan negara. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, dan lingkungan.Kamu akan menjadi wakil negara yang akan tinggal di negara lain. Tidak hanya itu, kamu juga akan jadi perwakilan negara yang mengatur hubungan bilateral, negosiasi, hingga mengambil keputusan internasional.

    Besar gaji diplomat biasanya mengikuti mata uang negara tempatnya bertugas. Contohnya untuk diplomat Indonesia untuk Amerika Serikat, gajinya bisa mencapai Rp124 juta per bulan.

  9. Polisi
    Berbekal ilmu hukum yang Kamu miliki, Kamu punya peluang untuk menjadi seorang polisi. Sebagai polisi Kamu tentu harus punya pemahaman yang baik di bidang hukum. Setelah lulus sarjana, Kamu bisa langsung mengikuti seleksi menjadi polisi. Kamu berpeluang mendapat gaji besar dari menjadi polisi yaitu mulai dari Rp3.000.000,00 dan terus bertambah jika jabatanmu meningkat.
  10. Pengusaha
    Apakah hanya anak Manajemen atau Ekonomi yang berhak menjadi pengusaha? Tentu saja tidak. Lulusan Hukum juga punya masa depan dan peluang cerah sebagai pengusaha. Kamu bakal memiliki pengetahuan soal syarat membangun dan mengelola usaha agar tidak melanggar aturan hukum apapun.Jika memilih menjadi pengusaha, Kamu akan berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negara ini. Kamu juga bisa mendapat gaji yang besarnya tak terhingga.

 

Demikian informasi tentang jurusan ilmu hukum dan berbagai prospek kerjanya! Apakah kamu sudah siap menekuni profesi di bidang penegakan hukum? prospek kerja jurusan hukum tersebut bisa memberikan referensi buat Kamu yang masih ragu menentukan jurusan kuliah. Yuk, membekali diri sendiri dengan kemampuan terbaik agar bisa bersaing dengan para kompetitor dari jurusan Hukum! ***

(PRS)