fbpx

Dekan FEB UBL Lepas 185 Mahasiswa Fieldtrip di 2017

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung (FEB UBL) Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., MA.Ec., resmi melepas peserta field trip semester VI periode 2017 ini. Pelepasan para peserta, terdiri 185 mahasiswa FEB, terbagi 90 mahasiswa prodi Akuntansi dan 95 mahasiswa Manajemen beserta puluhan dosen pengawas, dilakukan diplataran Gedung A, Kampus Drs. H. RM. Barusman, Senin (13/2) lalu.

Dekan FEB menekankan fieldtrip merupakan kegiatan rutin tahun ajaran akademik, dalam mengimplementasikan Contextual Learning, khususnya kajian Place Based Learning, yakni sistem pembelajaran mengunjungi tempat-tempat industri dengan melihat proses dan kinerja industry. Setelahnya, para mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil kunjungan dilapangan, dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pendidikan dikelas. “Bentuknya, setelah mereka (para mahasiswa) pulang membuat laporan kegiatan fieldtrip dalam bentuk karya ilmiah (papers). Itu merupakan syarat buat pengajuan judul skripsi disemester ke-tujuh,”imbuhnya.

Andala Barusman menambahkan, terdapat perbedaan dipelaksananaan fieldtrip tiap tahunnya. Ditahun ini,pilihan kunjungan jatuh mengunjungi beberapa perusahaan digital atau biasa disebut Start Up Company. “Kajian fieldtrip lebih pada sisi perusahaan menjalankan roda ekonomi dan bisnis mereka, sehingga mahasiswa kita memiliki wawasan, dibidang industri digital tersebut,” Tegasnya.

Disinggung destinasi fieldtrip, FEB UBL direncanakan mengunjungi Bursa Efek Indonesia (BEI), atau Indonesia Stock Exchange (IDX) ; PT. Google Indonesia ; termasuk beberapa perusahaan industri kreatif maupun asosiasi pariwisata dipulau Jawa,seperti Jakarta, Bandung, Yogjakarta,hingga Bali. “Semoga dari fieldtrip ini,mereka (peserta) mendapat pembelajaran sebagai bekal dalam melengkapi pengalaman yang diperoleh, termasuk menambah ilmu pengetahuan didalam kelas. Diharapkan mereka, cepat beradaptasi didunia nyata (kerja), tentunya setelah lulus dari UBL ini,” Harapnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

Tags:

Related posts: