Beberapa Keahlian yang Dibutuhkan di Era Digital

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kemajuan teknologi telah mempercepat pertumbuhan dunia digital. Hampir di setiap tempat kerja, tidak hanya di  kehidupan kita sehari-hari, memiliki elemen digital.

Bidang profesi mulai dari komunikasi, bisnis, dan hampir semua bidang spesialisasi membutuhkan pekerja dengan keterampilan digital. Oleh karena itu, pekerja harus memiliki keterampilan digital. Enam keterampilan digital sangat penting di era digital saat ini. Keenam digital skill tersebut, yaitu:

1. Content Creator

Tingginya perkembangan penggunaan media sosial dalam berbisnis maka dibutuhkannya skill untuk produksi konten. Oleh karena itu, kini content creator sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

2. Copywriting

Banyak yang mengira digital skill ini hanyalah sebuah kegiatan menulis. Seorang copywriter memang lah menulis, namun tanpa disadari tak hanya menulis loh! Copywriting juga memiliki peran besar dalam bisnis digital untuk menargetkan pasar sesuai produk yang ditawarkan dengan pengemasan pesan yang menjual.

3. Big Data

Dengan banyaknya bisnis yang berkembang dan mengolah berbagai informasi dalam jumlah besar setiap harinya membuat dibutuhkannya seseorang yang memiliki kemampuan big data. Big data bertugas mengetahui bagaimana sebuah data dapat digunakan dan dianalisis untuk menghasilkan keputusan akhir yang tepat.

4. Data Analyst

Digital skill yang satu ini sangat dibutuhkan sebuah perusahaan karena seorang data analis berperan penting untuk mencari solusi di suatu masalah bisnis. Seperti, kapan perusahaan mengalami kerugian atau bagaimana keuntungan perusahaan tetap stabil.

5. Digital Marketing

Pada era digital saat ini yang semakin memburu seseorang untuk memahami terkait digital marketing. Hal ini beda dengan marketing sebelumnya, digital marketing semuanya dilakukan secara online dan juga dengan tips and trik yang keren agar dapat memikat hati pelanggan.

6. SEO Specialist

Dengan bertumbuhnya website dan media sosial yang semakin pesat membuat banyak orang yang berlomba – lomba untuk bisa menjadikan website mereka berada di rating atas. oleh karena itu, dibutuhkan seseorang yang mampu memahami tata kelola untuk mengoptimalkan website agar terindeks baik oleh mesin pencarian dan mendapatkan peringkat atas.