Akuntansi Menjadi Salah Satu Jurusan Paling di Minati, Yuk Cek Prospek Kerjanya

Gambar: mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Bandar Lampung
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

[UBL] : Bandar Lampung – Jurusan Akuntansi dari dulu hingga kini masih menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru. Karir di bidang akuntansi ini sangat menjanjikan dan pemasukannya yang menggiurkan, serta peningkatan karir yang terjamin. Sehingga tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan populer.

Dan perlu diketahui, menjadi mahasiswa jurusan akuntansi ini harus siap berkutat dengan angka-angka. Maka tidak heran jika peluang kerjanya nanti pasti akan berurusan dengan proses pencatatan laporan dan segala transaksi keuangan suatu instansi.

Secara singkat, tugas akuntan ialah membuat catatan keuangan di suatu perusahaan. Akuntan ini juga dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Seorang akuntan profesional harus bisa membuat analisis laporan, perencanaan dan konsultasi keuangan. Mereka juga dapat menyarankan cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran.

Akuntan juga dapat membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga harus bisa mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi.

Karena, selain membuat laporan dan rekomendasi, mereka juga harus menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti kepada manajer, pemegang saham, dan pihak yang terlibat lainnya.

Gambar: Mahasiswa Universitas Bandar Lampung

Itulah sedikit gambaran mengenai ilmu akuntansi. Jadi, apakah UBLizen semakin tertarik untuk lebih tahu apa saja prospek kerja dari lulusan akuntansi? Yuk simak informasinya sekarang!

1.Akuntan Publik
Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan. Pemegang gelar S1 akuntansi dengan sedikit pengalaman kerja biasanya dibayar $54,000 per tahun. Tetapi bayaran akan meningkat setelah dua tahun kerja. Bagi lulusan yang telah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni biasanya akan dibayar sekitar $61,690 per tahun atau lebih, tergantung beban kejra dan perusahaan.

2. Petugas Akuntansi
Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di segala macam industri. Pekerjaan di bidang ini menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini. Gaji rata-rata per tahun adalah $31,030. Jika bekerja lepas/freelance akan dibayar mulai dari $16 per jam tergantung beban kerja dan pengalaman.

3. Manajer Akuntansi
Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan. Seorang manajer akuntansi biasanya digaji antara $64,000 hingga $86,100 atau lebih per tahun. Jika memiliki akreditasi CMA, kemajuan karir bisa ditingkatkan lagi, biasanya bisa mencapai kenaikan gaji sekitar 24%.

4. Asisten Akuntansi
Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya. Jika bekerja per jam biasanya akan dibayar sekitar $12.00 hingga $17.00 per jam, dan akan dibayar lebih jika lembur. Bayaran per tahun yang diterima asisten akuntansi adalah sekitar $28,000 hingga $39,000 per tahun.

5. Certified Public Accountants (CPA)
Karir CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi CPA. Setelah memiliki kualifikasi tersebut, mereka akan dibayar mulai dari $73,800 hingga $90,500 per tahun. Ingin mendapat bayaran lebih? Tambahan gelar MBA bisa meningkatkan gaji sekitar 18%.

6. Akuntan Biaya
Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan. Gaji rata-rata profesi ini adalah $49,300 hingga $58,000 per tahun.

7. Account Officer
Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar. Pendapatan rata-rata adalah $37,805 hingga $49,260 per tahun.

8. Financial Analyst
Salah satu karir yang paling diimpikan dalam bidang layanan keuangan adalah menjadi analis, terutama analis keuangan. Sebagai seorang lulusan akuntansi, UBLizen bisa berkarir di bidang analis keuangan lo. Karena analis keuangan ini bertanggung jawab dalam riset data untuk identifikasi peluang dan melakukan evaluasi untuk rekomendasi investasi maupun keputusan bisnis.

Secara umum, financial analyst bertugas dalam melakukan pemeriksaan data keuangan dan menggunakan temuan tersebut untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis. Untuk lebih spesifik lagi, analis keuangan meneliti tentang kondisi makroekonomi dan mikroekonomi bersama dengan perusahaan untuk membuat prediksi tentang bisnis, industri, dan sektor.

Selain itu, seorang analis keuangan harus mampu menyadari perkembangan terkini di bidang yang menjadi spesialis mereka serta mempersiapkan pemodelan keuangan untuk memprediksi kondisi ekonomi di masa depan dengan menggunakan sejumlah faktor.

9. Auditor
Saat perusahaan dan organisasi dari sektor publik sedang dilakukan peningkatan pengawasan terhadap keuangan mereka, maka dibutuhkan auditor. Auditor akuntansi ini dipercayakan dengan tanggung jawab untuk meninjau catatan keuangan dan memastikannya agar akurat.

Menjadi auditor, UBLizen akan bertugas dalam memastikan dan melaporkan bisnis dari suatu perusahaan maupun suatu instansi. Auditor memainkan peranan penting dalam memastikan akurasi dan keuangan perusahaan didistribusikan dengan cara yang efisien. Auditor dalam akuntansi akan berfokus pada proses internal untuk mitigasi risiko dan melakukan identifikasi bagian di mana penghematan biaya bisa dilakukan.

10. BUMN
Apakah UBLizen salah satu lulusan akuntansi dan ingin bekerja di perusahaan BUMN?

Kelebihan yang bisa UBLizen dapatkan ketika bekerja di BUMN antara lain jenjang karir, gaji dan tunjangan yang tinggi, dan bisa mendapatkan asuransi. Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan badan usaha atau keseluruhan kepemilikan sahamnya milik negara.

Adapun perusahaan BUMN antara lain Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

11. Pemerintahan/Lembaga/Instansi
Lulusan akuntansi terbuka untuk berbagai lowongan yang ada di pemeritahan, lembaga, lembaga idependen, maupun instansi yang ada di Indonesia.

Banyak sekali lembaga yang membutuhkan akuntansi untuk menunjang kinerja dari lembaga tersebut baik untuk urusan keuangan, manajerial, maupun hal lainnya. Beberapa lembaga yang membutuhkan lulusan akuntansi antara lain OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BI (Bank Indonesia), LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Kementerian Keuangan RI, Kantor Pelayanan Pajak, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan masih banyak lagi.

12. POLRI
Ingin berkarir menjadi anggota POLRI?

Sebagai lulusan akuntansi UBLizen juga bisa menjadi anggota polisi dengan pangkat perwira pertama. Akan tetapi, UBLizen perlu melihat kebutuhan program studi yang dibuka di penerimaan anggota POLRI karena setiap tahun bisa saja berbeda. Untuk menjadi anggota POLRI dari lulusan akuntansi, UBLizen bisa mendaftar melalui SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) dan pendidikan dilakukan selama 6 bulan.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja akuntansi ini? Cek penerimaan POLRI lebih lengkap disini

13. TNI
Tidak hanya lulusan dari Akademi Militer saja yang bisa berpeluang untuk menjadi perwira pertama. Sebagai lulusan akuntansi UBLizen berpeluang untuk mendaftar jadi perwira prajurit karir dari TNI. Akan tetapi, UBLizen harus melakukan pengecekan ke website rekrutmen TNI terhadap lulusan program studi yang dibutuhkan karena setiap tahun bisa saja berbeda.

UBLizen akan diseleksi lagi secara bertahap yakni Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, Akademik, dan Pantukhir. Jika lolos maka UBLizen akan ditugaskan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi perwira TNI.

UBLizen lulusan akuntansi dan ingin menjadi TNI? Cek informasi lengkapnya disini

14. PNS
Ingin menjadi pegawai negeri sipil dari lulusan akuntansi?

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya ingin menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang tetap. Apalagi setiap pembukaan lowongan CPNS baik dari instansi/lembaga/departemen akan membuka lowongan dari lulusan akuntansi.

Selain mendapatkan gaji yang akan meningkat sesuai lama pengabdian dan pangkat, pastinya profesi sebagai CPNS saat ini masih dianggap bergengsi dan terhormat di masyarakat, termasuk calon mertua.

Apakah UBLizen salah satu lulusan akuntansi yang ingin menjadi pegawai negeri sipil?

15. DOSEN
UBLizen bercita-cita ingin menjadi dosen setelah lulus dari program studi akuntasi? Tentu bisa.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen UBLizen harus mempunyai persyaratan seperti sudah menyelesaikan pendidikan minimal S2 bahkan S3. Menjadi seorang pengajar di perguruan tinggi pastinya dambaan bagi sebagian besar orang.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja dari lulusan akuntansi ini? Tulis pada kolom komentar ya.

16. Wirausaha
Bagi UBLizen lulusan akuntansi yang ingin berfokus pada arah entrepreneur maka bisa membuka peluang bisnis mulai dari kecil. Akan tetapi, untuk berwirausaha akan membutuhkan effort yang besar untuk mencapai kesuksesan. Bahkan tak jarang UBLizen akan mengalami banyak kegagalan.

Lulusan akuntansi punya dasar yang baik dalam perencanaan dan manajemen keuangan sehingga menjadi pengusaha merupakan peluang yang tepat. UBLizen juga bisa membuka peluang bisnis baru baik yang berkaitan dengan akuntansi maupun yang tidak ada kaitannya seperti membuka toko, membuka restoran, wirausaha online, dan masih banyak lagi.

Berapa gaji Seorang Lulusan Akuntansi?

UBLizen ingin tahu berapa gaji dari lulusan akuntansi?

Pastinya setiap pekerjaan mempunyai gaji yang bermacam-macam sesuai dengan tingkat kesulitan dan pengalaman kerja.

Berdasarkan data dari U.S.News, gaji rata-rata untuk lulusan akuntansi adalah sebesar $70,500 per tahun atau sekitar Rp 987 juta per tahun (kurs 14.000).

Lalu, bagaimana dengan gaji dari lulusan akuntansi di Indonesia?

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata bagi seseorang yang berkarir di bidang akuntansi adalah sebesar Rp 101.960.784 per tahun.

Atau jika dikonversikan ke bulan, maka lulusan akuntansi di Indonesia rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp 8,49 juta per bulan.

Mestinya gaji tersebut akan terus bertambah seiring dengan kemampuan dan keahlian UBLizen dalam bekerja.

Demikianlah sekilas informasi terkait Jurusan Teknik Informatika. Apa ada pekerjaan incaran UBLizen?

(PRS)