fbpx

PPS UBL Konsisten Cetak Pemimpin Masa Depan

Warta UBL – Program Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung (PPS UBL) diyakini selalu konsisten dalam mencetak para pemimpin masa depan, sejak berdiri 20 tahun silam.

Disampaikan Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., Sabtu (16/7/2016) pembentukan kepemimpinan masa depan sesuai Misi Magister Manajemen (MM) adalah developing the leaders of tomorrow”, yakni membangun para pemimpin masa depan.

Terlihat dengan keberadaan S1 UBL sejak berdiri 32 tahun silam, dilanjutkan dilevel PPS UBL yang telah mampu melahirkan pemimpin disetiap sektor.Termasuk di Lampung baik provinsi maupun kabupaten/kota. Kini efeknya bahkan mampu melahirkan para pemimpin dilevel nasional.

Rektor mencatat output lulusan PPS UBL diantaranya,Wakil Gubernur Lampung H. Bachtiar Basri, SH, MM, Walikota Bandar Lampung Drs. Herman. HN., M.M, Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., Mantan Bupati Lampung TimurErwin Arifin,SH.MH, Ketua DPRD Provinsi Lampung Hi. Dedi Afrizal, S.Kep.,Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda S.E, M.M.,hingga Ketua IKAPas UBL Periode I Hi. Muchtar Lutfi, S.H, M.M, M.H.

Termasuk, mencetak para pemimpin dilevel nasional seperti Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan KemenkumHAM Gatot Subroto, S.H., M.H., M.M serta Mantan Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Prof. DR. Marwan Effendy, SH. MH.

“Mereka semua itu aset sumberdaya manusia (SDM) yang harus dioptimalkan, disinergikan, dimanfaatkan dan dikontribuskan pada pembangunan keberlanjutan bangsa ini,”katanya.

Diakui Yusuf, dari awalnya terbentuknya PPS UBL memang difokuskan pada pemenuhan pendidikan tinggi dijenjang magister. Terutama agar bisa berkontribusi kepada masyarakat. Kini efeknya lebih maju lagi yakni melahirkan para pemimpin dengan pola ‘Kita Untuk Kita (KUK)’.

“(KUK) ini semacam kampanye UBL untuk mengejawantahkan pembentukan pemimpin berbasis implementasi tridarma perguruan tinggi yang lahir dari, oleh dan untuk masyarakat. Terutama diaspek pengabdian masyarakat. Mereka bisa fokus mengelola negeri ini, termasuk mengakomodir publik yang juga memiliki tanggung jawab menjaga keberlangsungan negeri ini,”imbuhnya.

Direktur PPS UBL, Dr.Ir. Agus Wahyudi, M.Si, terkait pembentukan pemimpin masa depan sesuai visi misi dan tujuan tridarma perguruan tinggi yang dijalankan program naungannya dengan keberadaan empat program studi (prodi) PPS yakni Magister Manajemen (MM), Magister Hukum (MH), Magister Teknik (MT) dan Magister Ilmu Administrasi (MIA).

Ditambahkannya, dorongan penciptaan pemimpin dengan upaya pengembangan tiap prodi PPS kedepan guna menjawab tantangan masa depan, terus dilakukan Rektor UBL. “Keberadaan pemimpin itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat kedepan. Untuk itu setiap program yang kita buka diharapkan tidak hanya melahirkan para lulusan, tetapi juga leader yang mampu mengatur aplikasi akademik dengan dampak lingkungannya,”imbuhnya.

Agus pun tak menampik,Indonesia dan Lampung sedang mengalami krisis pemimpinan berkualitas. Makanya,diharapkan langkah penciptaan pemimpin dari PPS UBL ini sebagai bentuk langkah pemenambahan, pemenuhan dan pencukupan terhadap keterbutuhan para calon pemimpin.

“Itu sebabnya output lulusan keempat prodi (PPS UBL) ini agar memenuhi persyaratan sebagai pemimpin juga dibekali kemahiran komunikasi marketing,politik dan sosial,”tukasnya.

Sedangkan, Walikota Bandar Lampung Herman HN mengaku merasakan dampak kepemimpinan setelah menyelesaikan pendidikan magister di PPS UBL. Hasil pembelajaran di (PPS) UBL membesarkan kita, itu membuat peran kita lebih baik lagi, sehingga dengan pencapaian ini kita akan terus berhutang budi kepada UBL,”ucapnya.

Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal dan Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda berharap pencetakan kepemimpinan di PPS UBL terus dikembangkan. Bentuknya dengan membuka program S3. “Percetakan pemimpin di S2 harus dilanjutkan di S3 agar keluar ouput buat Lampung kedepan,”tukas kompak keduanya (Rilis BMHK UBL/Insan Ares).

Tags:

Related posts: