fbpx

Fabio Damar Maulana Berawal dari Komika Hingga Mampu Biayai Kuliah Mandiri

Stand up comedy merupakan seni untuk menghibur khalayak ramai. Pelaku stand up comedy ini pun dikenal dengan istilah komika. Kali ini, Universitas Bandar Lampung (UBL) pun memiliki komika yang sangat menghibur khususnya di kalangan mahasiswa-mahasiswa UBL. Komika UBL ini masih berstatus mahasiswa semester 5 di Program Studi Arsitektur, yakni Fabio Damar Maulana. Fabio mengaku berkecimpung didunia gelak tawa, dimulai sejak lulus di SMA Negeri 1 Raman Utara, Lampung Timur, tahun 2014 lalu. Pemilik nama panggung @Fabio_fabfab ini mengaku, berkecimpung dengan bermodalkan hobi membuat orang tertawa dan hobi yang digelutinya ini mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah demi menopang hidup. “Alhamdulillah, dari dunia ini, selain mendapat pengalaman dan melatih mental manggung didepan banyak orang. Dari (Standup comedy) itu sampai sekarang saya mampu membantu orangtua terutama dalam membayar biaya kuliah,” Ujar putra pasangan Riyon Priyanto dan Juwarni ini.

Diakui, pria kelahiran Tanjung Karang 19 tahun lalu ini, bakat seni termasuk lawak terbawa dari sang ayah dan lingkungan keluarga yang humoris. Diakuinya, seni lawak tidak sekedar pandai berbicara. Namun, harus menarik, menghibur, membekas dan ada nilai edukasinya. Anggota Komunitas Stand Up Comedy Bandar Lampung ini berujar menjadi komika sangat mudah. Selain memiliki bakat berlelucon, dilengkapi proaktif buka mata-telinga, mencatat hal lucu, rutin menulis materi, banyak mencari, menghapal refrensi dan mengimprovisasi cara penyampaiannya.

Berkat kematangannya ini, berhasil membuat anak kedua dari empat bersaudara ini, berani manggung di berbagai event. Mulai sering banyak job diberbagai tempat, ikut berbagai lomba, aktif dijejaring sosial dan media sosial hingga ajang pencarian bakat, di Kota Bandar Lampung hingga nasional. “Puncaknya menjadi juara II, lomba Stand Up Comedy Dies Natalis UBL. Setelahnya mengikuti audisi Stand Up Comedy Indosiar (Suci), 2016,” Papar Pengidola Raditya Dika ini.

Sementara itu, Wakil Rektor UBL Bidang Administrasi Umum, Drs. Harpain, MAT., M.M., ikut mendukung tiap langkah positif para mahasiswa termasuk berkecimpung di dunia stand up comedy ini. “Memang sih, kita memang sering pusing dengan banyak kesibukan. Buat menghilangkannya, ya selain mendengarkan, kalau bisa terjun langsung didunia lucu-lucuan seperti ini. Langkah Fabio ini, bagus nih, kalau dikembangkan. Karena selain dapat menghilangkan kepenatan,dapat juga menjauhkan tindak kriminal, dengan membuat orang lain tertawa,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

Tags:

Related posts: