fbpx

FIK UBL Raih ISO 9001:2008, Standar Baku Diberlakukan

 

 

Penyerahan sertifikat ISO untuk FIK UBL

 

April 2011 (BANDAR LAMPUNG) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Bandar Lampung berhasil meraih ISO 9001 : 2008 dari Badan Sertifikasi Internasional, United Registrar of System Limited (URS). Penyerahan sertifikat yang diserahkan oleh perwakilan URS, Diana, diterima langsung oleh Rektor UBL. Ir. Yusuf Sulfarano Barusman, kemarin (20/4).

Dengan ISO 9001:2008 ini, Fakultas Ilmu Komputer akan menerapkan sistem manajemen baku seperti terkendalinya informasi, dokumentasi, hingga memiliki visi, misi dan sasaran yang jelas. ‘’ Adanya ISO 9001 : 2008 ini merupakan standar internasional yang mengatur tentang sistem management mutu dalam memberikan pendidikan kepada para mahasiswa dan stakeholder yang ada di UBL. Dimana nantinya diharapkan untuk mencapai derajat mutu sesuai dengan standar ideal terlebih dengan ISO ini akan terus dilakukan audit secara berkala,’’ jelas Diana.

Sementara itu, Rektor UBL, Ir. Yusuf Sulfarano Barusman mengatakan bahwa pencapaian sertifikasi ISO 9001 : 2008 bukanlah segala-galanya melainkan strating point untuk menggapai cita-cita besar dari Fakultas Komputer yang ada di UBL. ”Mudah-mudahan dengan menerima sertifikasi ISO tersebut nantinya Fakultas Komputer UBL dapat menjadi yang terdepan di Provinsi Lampung, ”papar Yusuf.

Yusuf Salfarano juga menambahkan dengan adanya ISO 9001:2008 adalah bentuk keseriusan Universitas UBL dalam meningkatkan kualitas. ’’Kami berkomitmen untuk terus menerus meningkatkan kualitas demi perbaikan dan perubahan kampus, namun dibutuhkan peran serta dan keterlibatan semua pihak tanpa terkecuali, ‘’ lanjut Yusuf.

Sertifikat ISO 9001:2008 yang diterima Fakultas Ilmu Komputer diharapkan Yusuf Salfarano akan menjadi motivator bagi unit lain seperti FKIP dan arsitektur yang segara akan menyusul mendapatkan ISO.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FIK UBL, Andala Rama Putra, M.A.Ec mengungkapkan untuk bisa mendapatkan ISO 9001:2008 tersebut, telah memulai sejak pertengahan tahun 2010 silam.’’ Ini bukanlah perjuangan yang mudah, tetapi kami melalui proses yang panjang dan banyak mengalami kendala seperti collecting data yang sulit, dan harus mengumpulkan satu demi satu.’’ imbuh Andala.

Menurut Andala, dari survei yang dilakukan Irwin Profesional Publish, dengan adanya ISO yang berarti telah menerapkan standar baku terkemuka bahwa 30 % (persen) organisasi mampu mengalami peningkatan pelanggan, 50 % dapat mengurangi complain (keluhan), 69 % (persen) memiliki daya saing yang lebih baik, dan 83% pelayanan yang lebih baik. Untuk itulah pihaknya terus melakukan perbaikan dengan mulai menggunakan website tersendiri untuk memudahkan akses informasi.

Selain diadakan penyerahan sertifikat ISO, acara yang bertempat di aula gedung F kampus setempat juga diadakan penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) antara UBL dan PT. URS Services Indonesia yang bekerjasama dalam bidang pengembangan sistem manajemen (vr).

Tags:

Related posts: