fbpx

Gelar Workshop Robotik dan Rapid Prototyping se-Lampung, Tim PKM UBL libatkan Siswa dan Mahasiswa

Dunia robotik menjadi motor dalam revolusi industri 4.0, pengetahuan tentang robotika menjadi salah satu trend dan penggerak dalam implementasi teknologi dalam barbagai kepentingan dalam kehidupan, Universitas Bandar Lampung yang memiliki motor di bidang teknologi, melihat pentingnya hal ini, karena itu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Bandar Lampung (UBL), mengadakan Workshop Robotik dan Rapid Prototyping Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) untuk Peningkatan Skill Teknologi bagi Pelajar dan Masyarakat di Provinsi Lampung, kegiatan ini menghadirkan 60 orang pelajar SMA dan SMK serta mahasiswa di Provinsi Lampung.

Kegiatan ini yang terselenggara pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 08.00 sampai dengan 16.00, terbagi menjadi dua sesi, Kegiatan dilakukan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi dilaksanakan pukul 08.00 – 12.00 dan sesi siang pukul 13.00 – 17.00 wib, dan bertempat di Aula Gedung M Kampus Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung (UBL),  acara yang terselenggara secara tatap muka ini menerakan protokol keamanan agar acara dapat terselenggara dengan aman dan menghindari penyebaran covid yang belum usai.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I UBL, Dr. Heri Riyanto, MT., memimpin pembukaan workshop yang di laksanakan secara khidmat, dalam kegiatan tersebut hadir pula Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Lampung, yang diwakili oleh Kepala Bidang Inovasi, Ibu Winaryanti, SE, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra. Zuraida Khaerustika, MM sekaligus membuka acara.

Adapun agenda dari workshop menghadirkan materi, Pengantar teknologi Otomatisasi robotika dan Rapid Prototyping, di lanjutkan dengan Memprogram Robot dan printer 3D, Menggunakan Program kecerdasan buatan untuk mengontrol  mesin otomatis, Merancang produk rapid Prototyping. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu robotika dan dasar-dasar pemanfaatan 3D printer sebagai sarana untuk melakukan proses rapid Prototyping.

Tim PKM Dosen UBL antara lain, Ketua Tim (Riza Muhida, Ph. D), Anggota Tim (Muhammad Riza, Ph. D), Anggota Tim (Dr. Zainab Ompu Jainah, SH, MH dan Anggota Tim (Dr. Hendri Dunan, SE, MA). Pada kegiatan pagi dilaksanakan kegiatan workshop robotic dengan menggunakan kendali mangnetcode yang disampaikan oleh Riza Muhida, Ph. D. Ia memperkenalkan peserta mengenai membuat coding sederhana untuk mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu.

Pada sesi siang peserta diberikan pengetahuan dasar mengenai proses rapid prototyping yang disampaikan oleh Muhammad Riza, Ph. D. Ia mengajarkan cara melakukan proses menggambar objek 3 dimensi melalui software komputer. Pada tahap akhir dari sesi sore ini dilakukan proses pencetakan objek tersebut langsung melalui fasilitas 4 unit printer 3D yang sudah disiapkan panitia. Anggota Tim, Dr. Hendri Dunan, SE, MA menambahkan, Kegiatan PKM untuk Peningkatan Skill Teknologi bagi Pelajar dan Masyarakat di Provinsi Lampung. Kegiatan Program PKM untuk Peningkatan Skill Teknologi bagi Pelajar dan Masyarakat di Provinsi Lampung ini adalah untuk meningkatkan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen di Universitas Bandar Lampung.

Tags:

Related posts: