Pekan Arsitektur Internasional UBL Berjalan Sukses Dengan Pembicara Dari Filipina, Jepang, Dan Thailand, Serta Ratusan Peserta Dari Berbagai Negara

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BANDARLAMPUNG – The 1st UBL International Architecture Week 2021 telah berlangsung dengan baik hingga hari yang kelima. Pendaftar untuk acara ini pun masih terus bertambah hingga tercatat 261 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga mancanegara seperti Thailand, Filipina, Jepang, dan Jerman.
Pada hari ketiga Rabu (28/07/2021), Wakil Rektor 2 Bapak Drs. Harpain, M.A.T., M.M., membuka acara IAW 2021 dengan menyambut para peserta dan narasumber yang hadir pada saat itu. Selain itu, disampaikan pula mengenai acara perayaan Dies Natalis ke 50 Universitas Bandar Lampung tahun depan yang rangkaiannya dimulai dari kegiatan IAW ini.
Dalam kesempatan kali ini juga, narasumber didatangkan dari Thamasat University, Thailand. Yaitu, Assoc. Prof. Pawinee Lamtrakul dengan materinya yang berjudul Impacts of Covid-19 on Urban Mobility. Diungkapkan bahwa pertemuan kali ini bukan hanya untuk berbagi informasi dan pengalaman, tetapi jadikan sebagai peluang untuk melangkah kedepan dari situasi Covid-19 saat ini. Dimoderatori oleh Bapak Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, S.T., M.A.
“Terima kasih kami ucapkan kepada Prof. Pawinee Iamtrakul atas pemaparan yang sangat komprehensif dan tepat mengenai Dampak COVID-19 pada Mobilitas Perkotaan dengan analisis lengkap tentang situasi global, regional, dan Thailand. Ada tren penurunan transportasi umum dan tren peningkatan mobilitas aktif secara perlahan seperti berjalan kaki dan bersepeda. Namun sistem transportasi perkotaan kita perlu diperbaiki. Tidak hanya fasilitas, tetapi juga pelayanan sesuai norma New Normal,” ujar Fritz selaku, Ketua Panitia Pelaksana The 1st UBL IAW 2021.


Selanjutnya, rangkaian acara Alumni Talks dimeriahkan dengan kedatangan para alumni dari Universitas Bandar Lampung yaitu M. Syahroni, S.T. yang saat ini bekerja di Dinas Bina Marga, DKI Jakarta dan Fahdel Alidian, S. Ars. yang merupakan content creator dan videographer. Dalam hal ini, mereka berbagi cerita dan pengalaman bagaimana perjalanan mereka hingga mencapai tahap seperti saat ini.
Pada hari keempat Kamis (29/07/2021), pembukaan acara dilakukan oleh Wakil Rektor 3 Bapak Dr. Bambang Hartono diwakili oleh Ibu Dra. Yulfriwini, M.T. beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang telah berlangsung selama 4 hari tersebut, mengingat tidak mudah untuk membuat acara yang bertaraf internasional. Kemudian beliau juga berharap agar acara seperti ini dapat diselenggarakan kembali dikemudian hari dan terus berkelanjut.
Sama seperti hari sebelumnya, narasumber kali ini hadir dari Thailand yaitu, Dr. Eng. Tanaphoom Wongbumru dari Rajamangala University of Technology Thanyaburi. Dengan materinya tentang Redefining Public Housing in Thailand for Inclusive Cities. Beliau menyebutkan terdapat tiga dimensi untuk kota inklusif yaitu, Access (Akses), Rights & Partisipation (Hak & Partisipasi), serta Opportunities (Peluang). Dimoderatori oleh Bapak Dadang Hartabela,, S.T., M.T.


Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur (HMTA) turut serta dalam meramaikan acara. Mereka memperkenalkan diri sekaligus memberi informasi terkait Gelar Karya Arsitektur (GARASI) yang telah digelar sebanyak lima kali. Perkenalan dan penyampaian informasi dibawakan oleh Ketua Himpunan Ade Wijaya dan Wakil Ketua Himpunan Wawan Irawanto. Kedua-nya mengajak para peserta untuk tetap semangat meski dalam masa pandemi dan biasakan diri untuk beradatasi dalam situasi yang ada saat ini.