Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan sosialisasi Beasiswa Sarjana UBL 2013 melalui partisispasi UBL dalam kegiatan Lomba Gema Islam SMANTHREE (GIS 8) se-Propinsi Lampung yang diselenggarakan oleh SMAN 3 Metro Lampung. Manager Marketing dan Pusat Informasi UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., menuturkan bahwa Beasiswa yang disosialisasikan UBL adalah Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa yang terdiri dari beasiswa prestasi akademik, beasiswa prestasi non- akademik dan beasiswa sosial.

UBL kembali membuka kesempatan beasiswa melalui Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa bagi seluruh siswa/i lulusan SMA/SMK/MA sederajat untuk tahun akademik 2013/2014. Pemberian beasiswa ini merupakan wujud komitmen UBL terhadap dunia pendidikan untuk bisa membantu masyarakat dalam mengenyam bangku pendidikan hingga perguruan tinggi. Kesempatan beasiswa ini tidak hanya bagi siswa/i yang berasal dari Kota Bandar Lampung namun juga bagi siswa/i yang berasal dari seluruh wilayah Propinsi Lampung termasuk Metro yang dikenal sebagai Kota Pendidkan Propinsi Lampung. Bahkan kesempatan beasiswa ini juga terbuka bagi siswa/i yang berasal dari seluruh Propinsi di Indonesia dan Luar Negeri.” tutur Indri dalam suatu kesempatan.

Indri menambahkan bahwa untuk tahun akademik 2013/2014 mendatang UBL kembali membuka kesempatan beasiswa pada 12 Program Studi yang dimiliki UBL diantaranya Ilmu Hukum, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Arsitektur, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi.

“Pada kesempatan kali ini UBL memberikan sosialisasi Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa 2013 ini di SMAN 3 Metro melalui kegiatan lomba GIS ke-8 se-Propinsi Lampung yang diselenggarakan oleh SMAN 3 Metro mulai 12 Januari 2013 hingga 13 Januari 2013 lalu. SMAN 3 Metro ini merupakan SMA di Propinsi Lampung yang mendapatkan penghargaan Adi Wiyata dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2012.” ujar Indri.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala SMAN 3 Metro, Drs. H. Jumadi, mengungkapkan bahwa pada`tahun 2012, SMAN 3 Metro mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Adi Wiyata tingkat Nasional yakni penghargaan tentang penghijauan lingkungan sekolah.

“Penghargaan ini tentunya memberikan motivasi bagi SMAN 3 Metro untuk terus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Dan pada kesempatan Lomba GIS se-Propinsi Lampung ini juga, SMA/SMK/MA sederajat khususnya yang berasal dari Mesuji dan Tulang Bawang selain sebagai peserta lomba juga sekaligus studi banding di SMAN 3 Metro ini terkait penghijauan lingkungan sekolah.” paparnya.

Selanjutnya, Kepala SMAN 3 Metro mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program beasiswa yang diselenggarakan UBL setiap tahunnya karena UBL memberikan beasiswa ini tidak hanya diawal semester saja namun hingga lulus S-1.

“Beasiswa ini tentunya dapat membantu siswa/i berprestasi khususnya bagi yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.” ujarnya.

Kepala SMAN 3 Metro juga menjelaskan kegiatan lomba ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Rohani Islam (rohis) SMAN 3 Metro. Kegiatan yang bertemakan Memperbaiki Moral Generasi Muda Dari Kemiskinan Ilmu Melalui Karakter yang Islami ini bertujuan selain untuk menjalin ukhuwah islamiyah antar siswa se-Propinsi Lampung juga sebagai media untuk menerapkan karakter Islami pada siswa/i agar moral generasi muda dapat lebih baik.

“Kegiatan Lomba GIS se-Propinsi Lampung ini diikuti oleh siswa/i perwakilan dari sekitar 40 SMA/SMK/MA sederajat se-Propinsi Lampung diantaranya SMAN 1 Bandar Lampung, MAN 1 Bandar Lampung, MAN Kotabumi, SMAN 1 Kotabumi, SMAN 1 Tumijajar, SMAN 1 Simpang Pematang Mesuji, SMAN 1 Metro, MA Khusnul Khotimah Metro, SMAN 1 Sekampung Udik, SMAN 1 Pringsewu, SMAN 1 Seputih Raman Lampung Tengah, SMAN 1 Terbanggi besar, SMAN Terusan Nunyai Tulang Bawang dan lain-lain. Diharapkan kegiatan GIS ini dapat terus berkelanjutan dengan inovasi-inovasi baru sehingga tidak hanya perlombaan tingkat Propinsi namun juga tingkat Sumbagsel bahkan tingkat Nasional.” ujarnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Widi, siswa SMAN 3 Metro kelas 2 IPA 2 ini juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan GIS ke-8 ini, Rohis SMAN 3 Metro menyelenggarakan 10 buah lomba diantaranya Lomba Hafidz Qur’an, Lomba Cepat Tepat (LCT), Lomba Da’i, Lomba Drama, Lomba Mading, Lomba Puisi, Lomba Cerpen Islami, Lomba Kaligrafi, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam.

“Untuk perlombaan LCT, sistem perlombaan terdiri dari babak penyisihan dan babak final untuk memperebutkan tiga Juara yakni juara 1, juara 2 dan juara 3. Sedangkan untuk lomba lainnya juara ditentukan berdasarkan penilaian juri.” papar Widi.

Share this:
Hubungi Kami whatsapp