Universitas Bandar Lampung (UBL) melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) akan segera menyelenggarakan Konferensi Internasional dalam bidang Pendidikan dan Bahasa atau The First International Conference on Education and Language (ICEL) 2013 mulai 28 Januari 2013 hingga 30 Januari 2013 sebagai sarana bagi akademisi, pembuat kebijakan, praktisi, peneliti, pendidik, mahasiswa, untuk berdiskusi mengenai ide, konsep, pengalaman dan hasil penelitian terbaru khususnya dalam bidang pendidikan dan bahasa. Demikian Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., menuturkan dalam suatu kesempatan.

“Berbicara mengenai pendidikan maka tidak terlepas dari berbagai faktor pendukung seperti pengajar, fasilitas, sistem, dan kurikulum. Pendidikan merupakan pondasi dasar dari tegak dan majunya kehidupan suatu bangsa, dan bahasa sebagai salah satu komponen media yang digunakan dalam memajukan pendidikan juga memainkan peran yang sangat penting. Terlebih di era modern seperti saat ini dimana penguasaan bahasa asing menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang digunakan dalam segala aspek kehidupan saat ini termasuk bidang pendidikan. Untuk itu, kegiatan ICEL ini diselenggarakan sebagai sarana mendiskusikan ide, konsep, pengalaman dan hasil penelitian terbaru khususnya dalam bidang pendidikan dan bahasa.” ungkap Rektor UBL.

Selanjutnya, Dekan FKIP UBL, Drs. Harpain, MAT., M.M., mengungkapkan bahwa ICEL 2013 yang diselenggarakan FKIP UBL ini merupakan forum bertemunya para akademisi, pendidik, peneliti, dan mahasiswa baik dalam dan luar negeri untuk bertukar dan berbagi pengalaman serta hasil penelitian mereka dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa.

“Kegiatan ICEL 2013 ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendiskusikan tantangan, permasalahan dan solusi kedepan. Diharapkan forum ini dapat memberikan kontribusi dalam hal-hal baru terkait perkembangan dan kemajuan penelitian, aplikasi dan inovasi dalam bidang pendidikan dan bahasa dimana nantinya dapat digunakan sebagai landasan dalam inovasi dan pengembangan proses belajar dan mengajar.” papar Dekan FKIP UBL.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Panitia Pelaksana ICEL 2013, Tissa Zadya, S.E., M.M., menyatakan kegiatan ini diselenggarakan FKIP UBL dengan tujuan mengenalkan penemuan-penemuan baru dalam bidang pendidikan dan bahasa secara lebih luas terkait dengan peluang, tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi pada saat ini dan waktu mendatang.

“ICEL 2013 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UBL ini diharapkan menjadi konferensi berkala yang terfokus dalam bidang pendidikan dan bahasa. Kegiatan ICEL 2013 ini akan dibagi dalam dua kegiatan utama yakni Seminar Panel dan Call for Paper (Seminar Paralel) dengan berbagai topik yang relevan khususnya dalam bidang ilmu pendidikan dan bahasa.” tutur Tissa.

Selanjutnya, Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Drs. Baginda Simaibang, M.Ed., menjelaskan bahwa Seminar Panel dalam kegiatan ICEL 2013 berisi wahana informasi dan diskusi mengenai isu hangat dalam bidang ilmu pendidikan. Dalam Seminar Panel, pembicara utama atau Keynote Speakers dalam seminar ini berasal dari dalam dan luar negeri diantaranya Prof. Dr. Garry Hoban, dari University of Wollongong, NWS Australia, Prof. Dr. S. Mohanraj, dari The English and Foreign Languages University, India, Prof. Dr. Mohamad Sahari Nordin, dari Institute of Education, IIUM, Malaysia, Prof. Dr. Nuraihan Mat Daud dari, Faculty of Languages & Manajemen, IIUM, Malaysia, Prof. Dr. Jayashree Mohanraj dari The EFL University, IndiaDr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, M.B.A., dari Bandar Lampung University (UBL), Indonesia, Prof. Dr. Udin Syarifuddin, dari Open University, Jakarta Indonesia, Dr. Ujang Suparman, dari Lampung University (UNILA), Indonesia, Dr. Baginda Simaibang, PhD. dari, Bandar Lampung University (UBL), Indonesia, dan Prof. Dr. Ahmad HP, dari University Negeri Jakarta (UNJ), Indonesia.

“Selain Seminar Panel, dalam kegiatan ICEL 2013 ini juga terdapat Seminar Paralel yang berisi kegiatan persentasi tentang penelitian dan pengalaman terbaru tentang perkembangan ilmu pendidikan dan bahasa oleh peserta makalah. Kegiatan ini merupakan forum pertukaran informasi dan diskusi antara peneliti baik dari kalangan perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga penelitian. Kegiatan ini juga meruapakan wahana bagi peneliti untuk menyampaikan hasil karyanya dalam bidang pendidikan dan bahasa komputasi serta makalah dan topik yang dimuat meliputi perkembangan pendidikan dan bahasa.” terangnya.

Hingga berita ini diturunkan pembicara dalam Seminar Paralel yang telah mengirimkan paper submission untuk Seminar Paralel sebanyak 112 peserta, yang berasal dari beberapa negara seperti Australia, India, Malaysia, Philipina, Turki, Azarbaijan, Jepang, Zambia, Tunisia, Pakistan, Oman, dan tentunya Indonesia. Untuk Indonesia berasal dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lain-lain. Untuk UBL sendiri beberapa Dosen akan berpartisipasi menjadi pembicara baik sebagai Keynote Speakers maupun sebagai Paper Presenters seperti Rektor UBL, Dr. Ir. M.Yusuf S. Barusman, M.B.A., dan Dr. Drs. Baginda Simaibang, M.Ed.

Manager Marketing dan Pusat Informasi UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., juga menambahkan bahwa peserta dalam kegiatan ICEL ini diantaranya berasal dari kalangan akademisi, pembuat kebijakan, praktisi, peneliti dan mahasiswa serta lembaga di bidang pendidikan dan bahasa.

“Konferensi Internasional ini terbuka untuk umum, dan khususnya para pendidik baik Dosen maupun Guru. Untuk konfirmasi peserta dapat menghubungi Marketing dan Pusat Informasi UBL di Hotline 0721-773847 atau SMSline ke nomor handphone 085268628243.” ujarnya.

Share this:
Hubungi Kami whatsapp