Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan Orientasi dan Matrikulasi untuk menyambut sebanyak 134 Mahasiswa Baru (Maba) Program Studi Magister Manajemen (MM) Angkatan 47 Program Pascasarjana (PPs) UBL pada Sabtu (12/1), kemarin. Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA., menuturkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium gedung PPs-UBL (Kampus B) ini selain untuk mengenalkan UBL khususnya Program Studi MM PPs-UBL kepada mahasiswa baru Angkatan 47 ini, juga bertujuan sebagai awal untuk mempererat tali silaturahmi antara maba MM Angkatan 47 dengan Ketua Yayasan Administrasi Lampung (YAL) beserta jajarannya, Direktur PPs-UBL beserta jajarannya, dan Rektor UBL beserta jajarannya.

Dalam kesempatan ini, Rektor UBL juga menyampaikan bahwa dalam upaya peningkatan kualifikasi studi atau jenjang pendidikan, masyarakat harus jeli dalam memilih universitas dengan memperhatikan aspek legalitas seperti akreditasi dan kualitas sebuah institut pendidikan secara universal agar kelak dapat meraih kesuksesan dengan kualitas pendidikan yang dimiliki. UBL sejak mulai berdiri pada tahun 1984 bernaung dibawah Yayasan Administrasi Lampung (YAL) yang didirikan pada 1 Juli 1972 dan berawal dari Akademi Administrasi Niaga (AAN) Tanjungkarang sedikitnya telah memiliki alumni hampir 27.000 yang telah berkiprah baik di skala Lokal, Nasional hingga Internasional. UBL kini memiliki 15 Program Studi yaitu 12 Program Studi pada tingkat Strata 1 (S-1) yang bertempat di Kampus A UBL dan 3 Program Studi pada tingkat Strata 2 (S-2) yang bertempat di kampus B.

“Sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Lampung yang telah berkiprah hampir 30 tahun, UBL selalu berusaha menjadi Perguruan Tinggi yang bermutu agar dapat menerbitkan lulusan yang bemutu pula, mulai dari peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang nyaman, proses belajar mengajar baik dan lancar, hingga peningkatan mutu Dosen Pengajar. Hal ini demi menciptakan generasi penerus yang berkualitas serta mampu menjadi pemimpin yang dapat membangun Provinsi Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya kearah yang lebih baik lagi. Untuk itu, keputusan untuk bergabung di MM PPs-UBL ini merupakan keputusan yang sangat tepat.” ungkap Rektor UBL dalam sambutannya dalam Orientasi dan Matrikulasi mahasiswa baru Program Studi MM Angkatan 47 PPs-UBL ini.

Senada dengan pernyataan yang diungkapkan Rektor UBL, Direktur PPs-UBL, Dr. Agus Wahyudi, M.Si., mengungkapkan bahwa Program Studi MM PPs-UBL ini telah berpengalaman dalam dunia pendidikan selama 15 tahun yakni sejak tahun 1997 dan hingga kini jumlah alumnus mencapai 2.500 orang yang tersebar baik di dalam maupun di luar Provinsi Lampung. UBL khususnya Program Studi MM PPs-UBL ini selalu menekankan bahwa dalam menempuh studi, mahasiswa tidak hanya berorientasi pada ijazah namun yang terpenting adalah knowledge atau pengetahuan dan social capital atau jaringan.

“Penduduk Indonesia yang menempuh Program Pascasarjana jumlahnya kurang dari 0,5%, untuk itu, maba Program Studi Angkatan 47 ini merupakan kelompok elit berpendidikan atau kelompok intelektual yang diharapkan dapat lebih banyak berkiprah dalam masyarakat demi kemajuan bangsa. Program Studi MM UBL yang merupakan Program Studi tertua di Lampung ini memiliki visi Developing The Leaders of Tommorrow (Pusat Penempaan Pemimpin Masa Depan) terus berusaha menciptakan lulusan yang berpegang teguh pada Moral dan Etika, berwawasan global, adaptif terhadap perubahan dan mampu memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat. Sejak awal berdiri hingga saat ini, Program Studi MM UBL telah memperpanjang akreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebanyak tiga kali dan berperingkat B dengan SK BAN-PT Nomor : 016/BAN-PT/Ak-IX/S2/IX/2011.” paparnya.

Selanjutnya, Direktur PPs-UBL yang juga sebagai pemateri dalam Orientasi dan Matrikulasi MM Angkatan 47 ini menambahkan bahwa Program Studi MM PPs-UBL memiliki proses perkuliahan yang sangat sistematis mulai dari matrikulasi, perkuliahan, fieldtrip hingga penyususnan tugas akhir dengan waktu tempuh 4 Semester (16 bulan) dan Beban Studi 42-44 SKS. Program Studi MM PPs-UBL ini selalu menekankan tiga pilar kompetensi yakni integritas, relationship, dan kapasitas untuk mencapai kualitas yang maksimal.

“Selain itu, kami memiliki ciri diantaranya Team Work, Technology, dan Leadership dan melalui ciri ini kami berharap seluruh civitas akademika UBL khususnya mahasiswa Program Studi MM Angkatan 44 PPs-UBL mampu bekerjasama dengan memanajemen waktu sebaik-baiknya dan menjaga jaringan komunikasi antar seluruh Sivitas Akademika UBL untuk dapat menggali potensi dalam diri masing-masing agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya.” papar Agus.

Share this:
Hubungi Kami whatsapp