Universitas Bandar Lampung (UBL) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mempelopori pembentukan Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat Indonesia (Flipmas) untuk wilayah Lampung. Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., menuturkan bahwa pembentukan ini merupakan salah satu upaya UBL untuk memberikan fasilitas kepada Sivitas Akademika dalam melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian pada Masyarakat.

“UBL sebagai universitas swasta terbesar di Provinsi Lampung memiliki salah satu misi yakni berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis pada solusi permasalahan lokal. Dalam upaya mewujudkan misi tersebut, UBL mendirikan LPPM sebagai pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi Sivitas Akademika.” ungkap Rektor UBL.

Rektor UBL menambahkan bahwa pergulatan insan perguruan tinggi dalam mengembangkan ilmu dan teknologi telah berjalan seumur negeri ini berdiri. Tentu pasti ada progres yang bisa di gali, di telaah dan di cermati. Selama ini yang sering menjadi kritik adalah bahwa produk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek) perguruan sedikit yang menyentuh problem masyarakat, karena dari tiga darma yang menjadi penggerak perguruan tinggi pincang di darma pengabdian pada masyarakatnya. Kesadaran ini yang melatarbelakangi terbentuknya Flipmas Indonesia.

Senada dengan hal tersebut, Koordinator LPPM UBL, Ir. Lilies Widojoko, M.T., menjelaskan bahwa Flipmas merupakan sebuah forum yang berusaha menguatkan darma pengabdian tanpa harus mengesampingkan darma lainnya dan didirikan sejak tahun 2011 lalu. Saat ini, telah terbentuk sebanyak 20 Flipmas Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Flipmas memiliki misi untuk mengintegrasikan dan mensinergikan kemahiran akademik, humanistik  Profesional Pendidik Masyarakat (PROdikMAS) dengan kearifan lokal dalam memandirikan dan mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, UBL mengajak Sivitas Akademika yang tergabung dalam LPPM maupun Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) di seluruh Perguruan Tinggi di Lampung untuk membentuk Flipmas Wilayah Lampung.” ujarnya.

Lilies menambahkan bahwa pembentukan Flipmas Wilayah Lampung ini akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Januari 2013 mendatang mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB di Kampus A UBL, Gedung Rektorat Lantai 3. Dalam pembentukan Flipmas ini akan diselenggarakan pemilihan Pengurus Flipmas Wilayah Lampung dan bagi Ketua LPPM Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung yang ingin bergabung dapat menghubungi Lilies pada nomor handphone 081269348124.

Untuk diketahui, UBL telah memiliki beberapa Lembaga dan Pusat Studi dibawah naungan LPPM UBL diantaranya Pusat Studi Kota dan Daerah, Pusat Studi Penelitian Teknologi Informasi, Pusat Pengembangan Manajemen dan Bisnis, Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan, Pusat Layanan dan Konsultasi Bisnis, Pusat Kajian Pemuda, Sentra Hak Kekayaan Intelektual, Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH), Pusat Desain Arsitektur (Architecture Design Center), Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika (LSP Telematika), Pusat Ide Bisnis (UBL Ideas Center for Enterpreneurship), dan Pusat Studi Hukum Perbankan.

Share this:
Hubungi Kami whatsapp