Sejarah UBL

Universitas Bandar_Lampung (UBL) adalah Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Provinsi Lampung, yang berdiri sejak tahun 1984 di bawah naungan Yayasan Administrasi Lampung (YAL), yang pada pada waktu itu diketuai oleh Bapak Drs. RM.Barusman. Yayasan Administrasi Lampung adlah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, yang pada tahun 1972 juga mendirikan Akademi Administrasi Niaga (AAN) Tanjungkarang, yang kemudian dalam perkembangan namanya berubah menjadi Akademi Sekertariat dan Manajemen (ASM) Bandar Lampung.

Penanganan proses belajar mengajar di Universitas Bandar_Lampung (UBL) dilakukan secara profesional dengan Dosen yang yang berpengalaman dan berkualitas dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3 lulusan perguruan tinggi terkemuka dari dalam dan luar negeri serta didukung oleh sistem akademik yang terpadu dan pengembangan kurikulum yang berbasis teknologi.


 


LOGO DAN MAKNA LOGO

Logo baru ini disebut “The Golden Star” yang memiliki makna sebagai penerang atau sumber cahaya alam semesta. The Golden Star bermakna bahwa Universitas Bandar_Lampung sebagai perguruan tinggi akan selalu menjadi yang terbaik, tertinggi, terdepan dalam solusi atas permasalahan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi UBL yang dicanangkan pada Dies Natalis ke 23 tahun 2007 yaitu ” Menjadi Perguruan Tinggi Terdepan Dalam Solusi Masyarakat”.

⭕ Buah Lada:
Bermakna sebagai simbol kemakmuran masyarakat Lampung.

⭕ Tiga Gelang (yang merangkai 2 tangkai tumbuhan):
Bermakna UBL berkomitmen untuk memberi 3 macam solusi masyarakat, yaitu

1. Solusi pendidikan dan pengajaran,

2. Solusi penelitian untuk pengembangan IPTEK,

3. Solusi pengabdian pada masyarakat.

⭕ Bintang Emas Segi Lima:
Berkonotasi penerang atau sumber cahaya alam semesta, sesuatu yang terbaik, tertinggi, termasyur, terdepan, unggul dan juga menggambar 5 budaya UBL yaitu Moral dan Ethics, Entrepreneurship, Quality Global Oriented, dan Learning and Knowledge Sharing.

⭕ Buah Kopi:
Sebagai simbol kemakmuran masyarakat Lampung.

⭕ Tulisan UBL (miring ke kanan):
Menggambarkan dinamika organisasi yang terus bergerak maju kedepan, warna hitam dan perak menggambarkan UBL tampil sebagai kampus yang futuristik dan teknologi oriented.

Daftar Fakultas UBL

Dr. Andala R.P. Barusman, MA.Ec

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Dekan

.

Dr. Erlina, SH., MH.

Fakultas Hukum
Dekan

.

Ir. Juniardi, MT.

Fakultas Teknik
Dekan

Dr.Yadi Lustiadi, M.Si.

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dekan


Fasilitas