Bandar Lampung— Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa Anti Narkotika Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Lampung menjadi tema seminar daerah sekaligus pelantikan anggota dan pengurus baru Organisasi Mahasiswa Anti Narkoba Universitas Bandar Lampung (OMAN-UBL) yang dilaksankan dilaksanakan di Aula Gedung F, Kampus Drs. H. R.M. Barusman, Kamis (11/04/2019).

Kepala Badan Narkotika Nasional Provensi (BNNP) Lampung Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol) Tagam Sinaga, S.H., memimpin upacara pelantikan sementara Ketua Forum Koordinasi Penjegahan Terorisme (FKPT) Lampung Irwan Sihar Marpaung menjadi pembicara utama dalam sesi seminar daerah. Lebih dari 200 peserta hadir dalam kegiatan ini termasuk Pembina OMAN-UBL Dr. Zainab Ompu Zainah, S.H., M.H., dan Ketua Program Studi Ilmu Hukum Recca Ayu Hapsari, S.H., M.H.

Kegiatan Seminar Daerah

Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol Tagam Sinaga, S.H., mengajak masyarakat untuk tidak mengucilkan korban penyalahgunaan narkoba, menurutnya pengguna narkoba adalah korban yang harus dibantu. “Jika ada pengguna narkoba di sekitar kita jangan di kucilkan mereka harus kita bantu untuk di rehabilitasi dan diobati. Jangan mengucilkan mereka karena pengguna narkoba sebenarnya adalah korban,” jelas Tagam.

Sementara itu Ketua Forum Koordinasi Penjegahan Terorisme (FKPT) Lampung Irwan Sihar Marpaung dalam pemaparannya mengingatkan mahasiswa untuk tidak terpengaruh dan mudah percaya dengan informasi bohong atau hoax sehingga menimbulkan tindakan anarkis. “Pada tahun 2018 dalam setahun terjadi 22 kasus perusakan fasilitas kampus oleh mahasiswa, ini merupakan salah satu contoh dampak negatif kecanggihan teknologi. Mudahnya penyebaran informasi termasuk informasi bohong atau hoax mudah menyulut emosi dan menimbulkan tindakan anarkis, jangan mudah percaya dan mengecek informasi terlebih dahulu adalah jalan agar kejadian seperti ini tidak terulang,” ujar Irwan.

Share this: