Bandar Lampung—Ikatan Keluarga besar (IKB) Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial dan Buka Bersama 1000 Anak Yatim berasal dari puluhan panti asuhan dan majelis taklim yang berada di Bandar Lampung. Kegiatan ini diselenggarakan di Convention Hall Mahligai Agung, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Pascasarjana UBL, Kamis (23/05/2019).

Tema kegiatan yang dinisiasi oleh Ketua IKB UBL Hj. Desi Yusuf Barusman, S.E. kali ini adalah “Satukan Hati, Berbagi Menuju Kemenangan”. “Alhamdulillah, berkat dukungan dari para dosen, karyawan dan staf di UBL yang tergabung dalam IKB UBL juga dukungan dari Ketua Dewan Pembina, Ketua dan Pengurus Yayasan Administrasi Lampung (YAL), tahun ini kami kembali dapat menggelar Bakti Sosial dan Buka Bersama 1000 Anak Yatim,” ungkap Desi.

“Selain kegiatan bakti sosial dan buka bersama, tahun ini kami juga mengadakan Lomba Tahfidz Qur’an Bagi Anak Yatim Piatu dan Duafa yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Para dosen, karyawan dan staf yang tergabung dalam IKB UBL sangat antusias mempersiapkan acara ini, mulai dari mempersiapkan tempat, paket bantuan pendidikan, serta takjil berbuka untuk 1000 anak yatim. Saya sangat mengapresiasi semangat berbagi dari keluarga besar UBL,” tambahnya.

Sementara itu dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini, Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud kebersamaan Keluarga Besar UBL bersama masyarakat terutama anak-anak yatim piatu dan duafa. “Kegiatan ini merupakan inisiasi dari IKB yang di ketuai oleh Hj. Desi Yusuf Barusman, S.E. yang merupakan wujud kebersamaan kita semua, bahwa UBL merupakan bagian dari masyarakat. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Yusuf dalam sambutannya.

Kegiatan ini yang dihadiri oleh seluruh dosen, karyawan dan staf di UBL ini semakin semarak dengan hiburan tarian, nyanyian, pantun, puisi, pencak silat serta penampilan beberapa da’i cilik dari beberapa panti asuhan yang menjadi pengisi acara sambil menunggu berbuka puasa. Dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang lomba Tahfidz Qur’an bagi anak yatim piatu dan duafa yang telah di laksanakan pada 18 Mei lalu.

Lomba Tahfidz Qur’an ini terbagi dalam tiga kategori yaitu SD, SMP dan SMA. Untuk tingkat SD juara 1 dimenangkan oleh Akhdan Husni dari panti asuhan Babussalam, juara 2 Ferdiawan dari Rumah Tahfidz Al-Ikhlas, juara 3 Nurul Azizah dari panti asuhan Hidayatul Mubaroq. Untuk tingkat SMP juara 1 dimenangkan oleh Zulfi Arifin dari panti asuhan Hidayatul Mubaroq, juara 2 M.Irfan dari Majelis Taqlim Al-Ikhlas dan juara 3 atas nama Nurmala Dewi dari Al- Muqaromah Assa. Sementara itu untuk tingkat SMA juara 1 diraih oleh Fitri Yanti dari Panti Asuhan Mardhotillah, juara 2 Rodadi dari Panti Asuhan Mardhotillah dan juara 3 Maulana Hidayatullah dari Al- Muqaromah Assa. Para pemenang masing mendapatkan uang, beasiswa pendidikan, tropi dan piagam penghargaan dari IKB UBL.

Ustadz Ahmad Yani dalam tausiah menjelang berbuka puasa menyampaikan banyaknya pahala dalam membaca Al-Qur’an. “Membaca Al-Qur’an akan mendapatkan banyak pahala, mendapatkan safa’at dan menerangkan kuburnya. Selain itu untuk kita semua yang mampu menghapal Al-Qur’an akan meringankan 10 anggota keluarganya dari api neraka,” pungkas Ahmad Yani.

Share this: