Bandar Lampung – Wayan Karang Yana, salah satu dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) kembali meninggalkan tanah air untuk melanjutkan studi program Doktor (S3) di jurusan Language, Literacy and Technology di Washington State University, Amerika melalui program beasiswa Fulbright.

“Saya bersyukur berkat karunia Tuhan serta dukungan dari keluarga dan juga pihak universitas, saya bisa memperoleh beasiswa Fulbright untuk studi lanjut S3 ke Amerika Serikat. Butuh perjuangan yang cukup panjang mulai dari tahap seleksi, tes, wawancara sampai akhirnya dinyatakan lolos dan memilih Washington State University sebagai pilihan kampus di Amerika,” ungkap Wayan saat diwawancarai melalui email, Sabtu, 20/7/19.

Beasiswa Fulbright sendiri adalah beasiswa yang bergengsi dan didanai penuh oleh pemerintah Amerika Serikat yang di kelola oleh The American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

“Saya mendapat beasiswa penuh untuk program ini, mulai dari biaya hidup, kebutuhan kuliah, transportasi, hingga asuransi, pokoknya kita gak keluar biaya apapun. Dari dulu saya memang ingin melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, bagi saya belajar adalah senjata terbaik untuk menuju proses pendewasaan dan Amerika adalah negara yang memiliki sistem pendidikan yang bagus,” tutur Wayan.

Wayan sendiri telah beberapa kali menempuh studinya di luar negeri, mulai dari Virginia Tech di Amerika melalui program pertukaran mahasiswa saat dirinya menempuh pendidikan S1, Coventry University di Inggris dengan beasiswa LPDP saat menempuh pendidikan S2, hingga saat ini berhasil kembali memperoleh beasiswa untuk program S3 di Washington State University Amerika.

Ketika disinggung tentang harapannya ke depan, dirinya menjawab dengan teguh akan kembali ke kampus dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk kemajuan pendidikan di Lampung. “Mengajar adalah dunia saya, saya akan kembali mengajar di prodi PBI UBL yang selama ini telah memberikan dukungan penuh kepada saya untuk kelancaran studi lanjut saya ke Amerika. Setelah lulus, saya akan kembali ke UBL,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Rektor II UBL, Harpain mengucapkan selamat atas diterimanya beasiswa ini dan berharap agar menyelesaikan studinya tepat waktu. “Selamat atas pencapaian salah satu dosen prodi PBI UBL, Wayan Karang Yana, melanjutkan studi S3 di Washington State University Amerika, semoga dilancarkan dan bisa selesai tepat waktu. UBL terus mendorong dan memfasilitasi dosen dan mahasiswanya untuk melanjutkan studi sampai ke luar negeri,” tutup Harpain

Share this: