Terinspirasi dari pola pendidikan yang ada diluar negeri,  dimana setiap civitas akademik terbiasa untuk mengembangkan diri dalam penelitian karya ilmiah atau riset, hingga berani mempublikasikannya, Universitas Bandar Lampung (UBL) mencoba mengadopsi kegiatan tersebut dalam sebuah kegiatan Academic Day. ­Academic Day merupakan kegiatan ilmiah yang diselenggarakan setiap bulan yang menampilkan hasil penelitiaan riset yang sifatnya akademis maupun populer dari dosen ataupun mahasiswa. Andala Rama Putra Barusman, S.E, MA.Ec, Direktur Eksekutif Yayasan UBL menjelaskan, kegiatan Academic Day ini dimaksudkan untuk membangun atmosfir akademik ditingkat fakultas yang ditujukan untuk dosen dan mahasiswa untuk berbicara secara ilmiah baik didalam lingkungan kampus atau diluar. ’’Saya melihat civitas akademik di luar negeri itu, sudah terbiasa untuk berbicara ilmiah dimanapun. Makanya saya ingin menciptakan kondisi tersebut di UBL,’’ jelas Andala, Senin (26/9)

 

Dalam kegiatan Academik Day ini, UBL juga selalu mendatangkan pembicara dari luar kampus yang memiliki keahlian dibidang tertentu, seperti Romi Satria Wahono pendiri Brain Matic dan Ilmu Computer.com. ‘’Untuk mendukung kegiatan Academic Day kami selalu menghadirkan narasumber/pemateri dari luar kampus yang berkompeten dibidangnya,’’ tuturnya.

Kendati baru satu tahun berjalan, kegiatan Academic Day ini telah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Di Fakultas Ilmu Komputer UBL, misalnya kegiatan Academic Day direspon positif oleh dosen atau mahasiswa. Dituturkan Andala, para dosen dan mahasiswa jadi terpacu untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil-hasil riset yang ada. Bahkan dari hasil academic day ini, Fakultas Ilmu Komputer bisa menerbitkan jurnal, dan memasukkan hasil publikasi kedalam jurnal yang telah diakareditasi. ‘’ Hingga saat ini kita sudah memiliki 2 jurnal yang sudah diterbitkan yakni Explorer dan Expert, dimana jurnal-jurnal terbuat merupakan hasil dari Academic Day,’’ papar Andala.

Kegiatan academic day ini ternyata berdampak positif ke mahasiswa yakni munculnya kepercayaan diri untuk berani mempublikasikan hasil-hasil riset yang mereka kembangkan. ‘’ Percaya diri merupakan modal yang paling penting dan rasa percaya diri merupakan implikasi yang paling besar dalam menumbuhkan semangat akademik,’’ ujarnya.

Lantaran academic day memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa, oleh karena itu kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa  khususnya di Fakultas Ilmu Komputer sebagai salah satu syarat bimbingan skripsi. Kegiatan Academic Day juga telah dilakukan di Fakultas lain yakni di Fakultas Manajemen. Andala Berharap kegiatan ini bisa dilakukan disemua fakultas sehingga menumbuhkan semangat atmosfir akademis yang ilmiah.(vra)

Share this: