Wisuda UBL dan Launching Jurnal Internasional

Universitas Bandar Lampung (UBL) mewisuda sebanyak 413 Mahasiswa Program Sarjana (S-1) dan Mahasiswa Program Pascasarjana (S-2) periode Genap tahun akademik 2012/2013 yang dilaksanakan pada Kamis (16/5), hari ini di Kampus A UBL. Wakil Rektor I UBL Bidang Akademik, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., menyampaikan bahwa UBL telah mempersiapkan kegiatan wisuda ini mulai Senin (13/5) lalu.

“Karena kegiatan wisuda ini merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi seluruh Sivitas Akademika UBL khususnya bagi para wisudawan dan keluarganya, maka persiapan dilakukan dengan maksimal sehingga kegiatan hari ini dapat berlangsung secara sungguh-sungguh dan tertib. Para wisudawan dan wisudawati ini pun diwajibkan untuk mengikuti gladi resik kemarin, Rabu (15/5) agar mereka dapat mengetahui tata tertib yang berlaku pada kegiatan wisuda ini.” tutur Wakil Rektor I UBL.

Selanjutnya Manajer Humas, Marketing dan Kerjasama UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., secara resmi menyampaikan permohonan maaf bagi seluruh masyarakat khususnya di lingkungan sekitar UBL atas kemacetan yang terjadi disebabkan pelaksanaan acara Wisuda ini.

“Atas nama UBL, kami memohon maaf kepada masyarakat khususnya di lingkungan sekitar UBL mengingat kemacetan yang terjadi karena pelaksanaan kegiatan Wisuda ini,” ujar Indri.

Dalam kesempatan ini, Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., juga menambahkan bahwa ada yang berbeda pada Wisuda periode Genap tahun akademik 2012/2013 ini karena rangkaian kegiatan wisuda kali ini bertepatan dengan Launching 2 buah Jurnal Internasional UBL diantaranya International Journal on Education (IJED) dan International Journal of Engineering Science and Technology Development (IJEST) yang sudah terindeks pada Scopus dan ISI serta telah dipublikasikan secara online melalui World Applied Science Journal.

“UBL terus melakukan peningkatan suasana akademik dengan memberikan kesempatan bagi para Dosen dan Mahasiswa untuk mengikuti dan menyelenggarakan workshop, seminar nasional, academic day, konferensi internasional dan lain sebagainya. Salah satunya yakni pada bulan Agustus mendatang UBL akan kembali menghelat The Second International Conference on Engineering and Technology Development (ICETD) 2013 dan The First International Conference on Law, Business and Government pada bulan Oktober 2013 serta The Second International Conference on Education and Language (ICEL) pada bulan Januari 2014,” ungkap Rektor UBL.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, menuturkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Lampung yang telah berkiprah hampir 30 tahun, UBL telah memiliki ribuan lulusan yang telah berkiprah baik di skala Lokal, Nasional hingga Internasional. Hingga saat ini UBL memiliki 15 Program Studi yang seluruhnya telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) yaitu 12 Program Studi pada tingkat Strata 1 yang bertempat di Kampus A UBL dan 3 Program Studi pada tingkat Strata 2 yang bertempat di kampus B.

“Sebagai bentuk partisipasi dalam Pembangunan Daerah Lampung, sejak tahun 2002, YAL telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa UBL yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik dan beasiswa social bagi mahasiswa yang kurang mampu dimana hingga saat ini program beasiswa ini telah berjalan selama 11 (sebelas) tahun dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 1.413 orang mahasiswa. Mulai tahun 2012 pemerintah melalui Depdiknas cq Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan beasiswa yang disebut dengan Beasiswa Bidikmisi kepada UBL sebanyak 36 orang mahasiswa,” paparnya.

Kepala Biro Career Center, Dra. Yulfriwini, M.T., menambahkan, UBL melalui Biro Career Center ini berusaha memfasilitasi alumnus UBL untuk bisa segera mendapatkan pekerjaan dengan kerjasama yang dilaksanakan UBL dengan instansi lain baik perusahaan negeri maupun perusahaan swasta.