UKM Futsal UBL Siap Cetak Tim Futsal Andal

Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai Universitas swasta terbesar di Lampung selalu berusaha memfasilitasi bakat maupun hobi yang dimiliki setiap mahasiswanya, salah satunya yaitu dengan mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sehingga mahasiswa UBL dapat mengukir berbagai prestasi tidak hanya pada bidang akademik, tetapi juga pada bidang non-akademik. Demikian ungkap Wakil Rektor III UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Hi. Thontowie Dauli, M.S.

Selanjutnya, Wakil Rektor III UBL juga menambahkan, UKM ini merupakan media yang didirikan UBL sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar berorganisasi dan melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa UBL.

“Dalam UKM ini, mahasiswa UBL dapat mengembangkan bakat maupun potensi yang dimilikinya khususnya pada bidang non-akademik baik bidang keagamaan, budaya dan seni maupun bidang olahraga. UKM ini juga termasuk dalam mata kuliah orkesbud yang wajib bagi seluruh mahasiswa UBL semester 1 dan 2 dengan bobot 1 SKS setiap semesternya,” tutur Wakil Rektor III UBL.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA), Dra. Yulfriwini, M.T., melanjutkan melalui fasilitas yang ada di setiap UKM ini, mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan hobi yang dimilikinya untuk siap mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat Kabupaten/ Kota, tingkat Provinsi hingga nasional bahkan internasional.

“Salah satu UKM bidang olahraga yakni UKM Futsal siap mencetak tim futsal yang andal melalui latihan rutin dan telah berbagai pengalaman mengikuti turnamen futsal ,” ungkap Yulfriwini.

Ditemui usai perkuliahan, Ketua UKM Futsal, Daniel Adhy Irawan menuturkan demi mengembangkan bakat mahasiswa yang tergabung dalam tim Futsal UBL maupun mahasiswa yang mengambil UKM Futsal sebagai mata kuliah orkesbud, UKM Futsal rutin menyelenggarakan latihan setiap Sabtu pagi pukul 7.00 WIB di Kampus UBL dan Rabu malam pukul 19.00 WIB.

“Latihan ini bertujuan untuk melatih ketangkasan masing-masing anggota UKM Futsal sehingga dapat menjadi tim futsal yang andal dan siap bersaing untuk mengukir berbagai prestasi bagi UBL,” papar Daniel, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL.

Selain latihan, lanjut Daniel, UKM Futsal juga menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari nonton bareng (nobar) Pertandingan Piala Eropa, Turnamen UBL Cup yang dislenggarakan setiap semester, keikutsertaan dalam berbagai kompetisi diantaranya turnamen futsal dalam Kejuaraan Daerah di Interganda Futsal Arena (IFA), turnamen futsal tingkat kabupaten, turnamen futsal yang di helat Laskar Muda Indonesia, dan lain-lain.

“Saat ini, UKM Futsal UBL sedang mempersiapkan Turnamen Futsal tingkat SMA sederajat se-Provinsi Lampung yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang,” ujar Daniel.

Untuk diketahui, selain UKM Futsal, terdapat beberapa UKM lain di UBL diantaranya UKM Islam, UKM Hindu, UKM Kristen, UKM Budhis, UKM Mandarin,  UKM Futsal, UKM Basket, UKM Volly, UKM English Club, UKM Budaya dan Seni (tari, fotografi, theater, music), UKM Catur, UKM Mapala (Pencinta Alam).

“Beberapa UKM yang telah menorehkan prestasi bagi UBL diantaranya UKM English Club yang berhasil meraih Peringkat 6 Se-Asia, UKM Mapala yang berhasil meraih Juara Nasional, UKM Budaya dan Seni (UKMBS) yang telah mengikuti Peksiminas di Lombok beberapa waktu lalu,” terang Yulfriwini.