UKM Catur UBL Segera Helat Catur Championship 2014

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Bandar Lampung (UBL) akan segera menyelenggarakan kompetisi olahraga catur “UBL Catur Championship 2014” dengan 2 (dua) kategori yakni kategori pelajar SMA/SMK/MA sederajat se-Provinsi Lampung dan kategori Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Provinsi Lampung.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UBL, Drs. Thontowie Dauli, M.S., menuturkan bahwa kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni mulai tanggal 17 hingga 18 Mei 2014 mendatang.

“Kompetisi ini selain bertujuan untuk memperkenalkan UKM Catur UBL, juga untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam bidang olahraga catur. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menciptakan generasi-generasi baru yang unggul dalam olahraga catur,” terang Thontowie.

Senada Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) juga menambahkan bahwa UKM didirikan UBL untuk mengembangkan bakat dan hobi yang dimiliki Mahasiswa. Melalui pengembangan potensi ini diharapkan para mahasiswa dapat bersaing di tingkat lokal hingga internasional serta meraih berbagai prestasi baik bidang akademik maupun non akademik.

Sementara itu, Pembina UKM Catur, Prajawantoro, S.E., M.M., mengungkapkan bahwa dalam UKM Catur UBL ini para mahasiswa yang hobi dengan bidang olahraga catur dibina dan diberikan pelatihan rutin untuk mengembangkan potensinya.

“UKM Catur UBL yang telah didirikan sejak 13 November 2013 lalu telah menghasilkan berbagai prestasi gemilang bagi universitas, salah satunya prestasi yang diraih Via Lastiningtyas, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) semester 2 (dua) yang berhasil menjuarai Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Lampung Selatan beberapa bulan yang lalu,” papar Prajawantoro.

Selanjutnya, Ketua UKM Catur UBL, Indra Eko P.S, Mahasiswa Teknik Sipil semester 4 (empat) menjelaskan bahwa pertandingan catur ini rencananya akan diselenggarakan dengan sistem swiss,yang memakai poin seperti seri dengan poin setengah, menang dengan poin satu dan kalah mendapat poin nol.

“Dalam kegiatan ini, kompetisi catur ini sangat tergantung pada strategi pemainnya bukan kategori junior atau senior untuk memenangkan sebuah pertandingan,” ungkap Indra.