UBL WISUDA 633 MAHASISWA S1 DAN S2

Universitas Bandar Lampung (UBL) resmi mewisuda 633 Mahasiswa Program Strata 1 (S1) dan Mahasiswa Program Pascasarjana (S2) wisuda periode genap tahun akademik 2013/2014 yang dilaksanakan pada Kamis (5/6) di Kampus A UBL. Demikian ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik UBL, Prof.Dr. Khomsahrial Romli, M.Si.

Kegiatan yudisium dan wisuda hari ini di hadiri oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Direktur Eksekutif YAL, Rektor UBL, Direktur Program Pascasarjana UBL, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Administrasi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, para Dekan, Ketua Program Studi, dan Dosen serta orangtua atau wali masing-masing wisudawan. Selain itu, turut hadir pula Koordinator Kopertis Wilayah II Palembang, Gubernur Lampung, Walikota Bandar Lampung.

“Periode Wisuda Genap 2013/2014 ini, para wisudawan dan wisudawati yang berhasil merengkuh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi Tingkat Program Pascasarjana diantaranya Sodri Helmi, M.H., dari Program Studi Magister Hukum dengan IPK 4,00 dan Predikat Dengan Pujian, Sri Zainur, M.M., dari Program Studi Magister Manajemen dengan IPK 3,95 dan Predikat Dengan Pujian, Fitriyani, M.T., dari Program Studi Magister Teknik dengan IPK 3,64 dan Predikat Sangat Memuaskan. Sedangkan pada Program Sarjana diantaranya Rinna, S.E., dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,90 dan Predikat Dengan Pujian. Bambang Sanjoyo, S.E., dari Program Studi Manajemen dengan IPK 3,90 dan Predikat Dengan Pujian. Gani, S.H., dari Program Studi Ilmu Hukum dengan IPK 3,87 dan predikat Dengan Pujian. Nilawati, S.AN., dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara dengan IPK 3,97 dan Predikat Dengan Pujian. Suryanita Utami, S.AB., dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis dengan IPK 3,71 dan Predikat Dengan Pujian. Wahyu Pamungkas, S.IKom., dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,93 dan Predikat Dengan Pujian. Supriyanto, S.T., dari Program Studi Teknik Sipil dengan IPK 3,33 dan Predikat Sangat Memuaskan. M. Syahroni, S.T., dari Program Studi Arsitektur dengan IPK 3,35 dan Predikat Sangat Memuaskan. Yogo Prasetyo, S.Kom., dari Program Studi Teknik Informatika dengan IPK 3,87 dan Predikat Dengan Pujian. Samsul Arifin, S.Kom., dari Program Studi Sistem Informasi dengan IPK 3,70 dan Predikat Dengan Pujian dan Marita Safitri, S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,79 dan Predikat Dengan Pujian,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UBL.

Sementara itu, Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., mengungkapkan kepada para wisudawan atas nama Civitas Akademika Universitas Bandar Lampung mengucapkan selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di UBL sehingga meraih gelar Sarjana dan Magister.

Rektor UBL melanjutkan bahwa peningkatan sumber daya manusia di UBL akan terus menerus dilakukan. Hal ini mendorong pihak Universitas untuk memberikan kesempatan bagi para dosen untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu khususnya Program Pascasarjana S-3 baik di dalam maupun diluar negeri. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang memberikan kesempatan bagi para dosen di Perguruan Tinggi Swasta untuk dapat melanjutkan studi, khusunya S-3 melalui jalur Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri dan Dalam Negeri.

“Dalam mendukung hal ini UBL telah bekerja sama dengan Universitas dari dalam negeri diantaranya Univeritas Lampung (Lampung), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Katholik Parahyangan (Bandung),  Universitas Kapuas Sintang dan masih banyak lagi. Selain kerja sama dengan Universitas didalam negeri, UBL juga menjalin kerja sama dengan beberapa Universitas di luar negeri seperti dari Belanda : Utrecht University, Leiden University dan Maastricht University. Dari Belgia dengan Antwerpen University, serta di Luxembourg dengan Luxembourg University. Pada tahun 2014 ini UBL telah bekerja sama dengan Universitas di Malaysia, Japan,  Thailand, India dan Singapore diantaranya International Islamic University Malaysia (Malaysia), Kitakyushu University (Japan), Thamassat University (Thailand), Burapha University (Thailand), Sripatum University (Thailand), Jawaharlal Nehru University (India) dan National Institute of Education Singapore (Singapura) ” imbuh Rektor UBL

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, meyampaikan selamat kepada para wisudawan/ti beserta para orang tua dan keluarga atas keberhasilan studi di UBL. Kemudian, tak luput juga meyampaikan selamat kepada Gubernur Lampung Periode 2014-2019, M. Ridho Ficardo, S.Pi., M.Si., Semoga Bapak Gubernur Lampung yang baru ini akan tetap selalu memperhatikan perkembangan pendidikan di Propinsi Lampung, khususnya PTS di Propinsi Lampung.

“Saya Selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda Propinsi Lampung yang telah memberikan perhatian dan bantuannya baik moril maupun materiil kepada UBL. Hal ini akan menjadi support bagi kami untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Selanjutnya, Gubernur Lampung periode 2014 – 2019, M. Ridho Ficardo, S.Pi., M.Si., mengucapkan atas nama Pemerintah Propinsi Lampung maupun pribadi, saya mengucapkan “SELAMAT” sekaligus mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas keberhasilan UBL melakukan pembangunan bidang Pendidikan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, berdaya saing dan berakhlatul karimah untuk membangun masyarakat dan bangsa khususnya daerah Lampung.

Dengan lahirnya para Sarjana maupun Magister Baru yang berkualitas, menunjukan bahwa kita harus memiliki basis pendidikan yang cukup, sebagai bekal meniti kehidupan masa depan, terlebih dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut kemampuan untuk dapat bersaing secara sehat dan membangun. Karena salah satu tolak ukur kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa ditentukan oleh tinggi rendahnya pendidikan warga negara itu sendiri.

“Sampai saat ini, UBL secara nyata telah meluluskan sejumlah Sarjana dan Magister di segala bidang dan tersebar di seluruh Indonesia khususnya Propinsi Lampung, bahkan sampai ke Luar Negeri. Saya berharap, Lembaga pendidikan tinggi Swasta UBL akan terus meningkatkan kinerjanya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas lulusan. Saya yakin, UBL dapat menjawab segala tantangan masa depan karena UBL adalah institusi pendidikan yang memiliki keunggulan dan menentukan profil lulusan yang diinginkan sesusai dengan visi dan misinya “Solution For Present and Future” dan menjadi simbol komitmen perubahan dalam bentuk solusi pendidikan dan pengajaran, solusi penelitian untuk pengembangan iptek dan solusi pengabdian masyarakat,” pungkasnya.