UBL Utamakan Pendidikan Bermutu

 

Universitas Bandar Lampung (UBL) mewisuda sebanyak 513 Mahasiswa Program Sarjana (S-1) dan Mahasiswa Program Pascasarjana (S-2) pada wisuda periode Ganjil tahun akademik 2013/2014 yang dilaksanakan pada Sabtu (7/12) di Kampus A UBL.

“Pada wisuda periode Ganjil ini, wisudawan dan wisudawati terbaik dan berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi Tingkat Universitas diantaranya Andri, S.Sos., M.H., dari Program Studi Magister Hukum dengan IPK 4,00 dan predikat Dengan Pujian, Ade Rahmatullah, M.M., dari Program Studi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dengan IPK 4,00 dan Michael Sawahanto, S.E., dari Program Studi Manajemen dengan IPK 3,92 dan predikat Dengan Pujian,” ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik UBL, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si.

Sementara itu, Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dan wisudawati dalam menyelesaikan studi di UBL sehingga meraih gelar Sarjana dan Magister dalam yudicium yang diselenggarakan hari Sabtu (7/12) ini. Harapan bagi para wisudawan dan wisudawati, keberhasilan ini merupakan titik awal untuk berkiprah di masyarakat dengan terus-menerus mengembangkan diri sehingga kehidupan menjadi lebih bernilai.

Rektor UBL menambahkan, mengacu pada semboyan Universitas Bandar Lampung yakni Solution For Present and Future yang berarti bahwa sebagai Lembaga Pendidikan Universitas Bandar Lampung selalu berusaha dan peduli dalam membantu menyelesaikan dan mencari solusi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung. Sebagai wujud kepeduliannya, Universitas Bandar Lampung melalui Yayasan Administrasi Lampung membantu meringankan biaya pendidikan bagi para mahasiswa dengan memberikan beasiswa kepada 405 Mahasiswa untuk periode Genap 2012/2013 dan untuk periode Ganjil 2013/2014 sebanyak 525 mahasiswa baik dalam bentuk Beasiswa Sosial, Keluarga, dan Beasiswa Prestasi baik Akademik maupun Non Akademik.

“Selain itu juga, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang dibantu oleh Kopertis Wilayah II Palembang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta untuk mendapatkan beasiswa melalui Program Bidik Misi baik yang didanai melalui APBN maupun APBN-P. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang diberikan kesempatan oleh Dikti yaitu Universitas Bandar Lampung dengan usulan mahasiswa penerima Program Bidik Misi APBN Tahun 2013 sebanyak 57 orang dan Bidik Misi APBN-P sebanyak 75 orang. Kami berharap Program Bidik Misi ini dapat terus dilaksanakan secara kontinyu untuk membantu mahasiswa khususnya bagi yang memiliki latar belakang ekonomi yang rendah agar dapat mewujudkan cita-citanya menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ungkap Rektor UBL.

Rektor UBL melanjutkan dalam rangka terus menerus melakukan peningkatan sumber daya manusia, UBL memberikan kesempatan bagi para Dosen untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu khususnya Program Pascasarjana S-3 baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) yang memberikan kesempatan bagi para dosen di Perguruan Tinggi untuk dapat melanjutkan studi, khususnya S-3 melalui jalur Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta para orang tua dan keluarga atas keberhasilan studi di UBL sekaligus memohon do’a restu agar UBL dapat terus menyumbangkan dharma baktinya bagi pembangunan Provinsi Lampung pada khususnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada umumnya di bidang penyediaan SDM baik S1 dan S2 dengan kualitas yang bermutu.

“Dalam kesempatan ini juga, kami selaku Ketua Pembina YAL maupun secara pribadi mengucapkan selamat kepada para Dosen Universitas Bandar Lampung yang telah berhasil meraih Gelar DR (doktor) pada tahun ajaran 2013/2014 antara lain; Dekan Fakultas Hukum, Dr. Bambang Hartono, S.H., M.H., Dosen Fakultas Ekonomi, Dr. H. Achmad Subing, S.E., M.Si., dan Dr. Angrita Denziana, S.E., M.M., serta satu orang Dosen Teknik Sipil pada 11 Mei 2013 lalu telah berhasil lulus dari University of New York at Buffalo, United State of America yakni Ronny Hasudungan Purba, Ph.D. Diharapkan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam mengembangkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa baik S1 maupun S2 di Universitas Bandar Lampung,” paparnya.

Gubernur Lampung, Drs. Sjachroedin ZP., S.H., menuturkan bahwa UBL secara nyata telah meluluskan sejumlah Magister dan Sarjana di segala bidang tersebar diseluruh Indonesia khususnya Provinsi Lampung, bahkan hingga ke Luar Negeri. Harapannya untuk kedepan UBL akan terus mampu meningkatkan kinerjanya, baik dari segi kualitas lulusan maupun kuantitas lulusan. Hal tersebut kan terwujud melalui dukungan integritas, komitmen, serta sikap mental dan mutu dari seluruh komponen perguruan tinggi baik Mahasiswa, Dosen, Karyawan, dan Yayasan.

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Lampung menyampaikan ucapan terima kasih pada UBL atas komitmennya dalam memajukan pendidikan di Povinsi Lampung khususnya di bidang pendidikan tinggi. Bukti nyata yang telah dilakukan UBL adalah komitmen dalam pemberian kesempatan bagi pelajar untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Program Beasiswa. Diharapkan di tahun-tahun yang akan datang UBL tetap berkomitmen dengan Program Beasiswa tersebut.

“Berkaitan dengan Beasiswa kami atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih pada

UBL yang tealh terpilih oleh Dikti Jakarta sebagai salah satu Universitas Swasta di Indonesia yang diberikan kepercayaan dari Pemerintah untuk melaksanakan Program Bidik Misi dan telah terealisasi bahkan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah Penerima Beasiswa Bidik Misi terbanyak se-Kopertis Wilayah II,” ungkapnya.