UBL Tingkatkan Kinerja Dosen Melalui Seminar Penelitian Dosen

 

Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan seminar hasil penelitian dosen di Kampus A UBL pada Senin (22/7), kemarin. Seminar penelitian dosen ini merupakan kewajiban dari Perguruan Tinggi di Indonesia guna meningkatkan kinerja dosen. UBL merupakan pelopor bagi Universitas swasta di Bandar Lampung dalam memasuki pergaulan riset di dalam dunia pendidikan tingkat Perguruan Tinggi. Demikian ungkap Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA.

Rektor UBL melanjutkan, suasana akademik yang mendukung kegiatan riset akan menimbulkan suatu budaya yang dikenal dengan istilah knowledge sharingyakni sarana berbagi pengetahuan bagi dosen, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Di Negara barat, perguruan tinggi yang sudah maju hanya mengukur kinerja dosen dari researchnyayang termuat didalam jurnal ilmiah,” terang Rektor UBL.

Selanjutnya Rektor UBL juga mengungkapkan, riset di Indonesia merupakan yang paling sedikit di dunia, hal ini disebabkan birokrasi di Indonesia yang menghambat keberlangsungan riset di Indonesia.

“Seperti halnya sistem sentralisasi dan birokrasi yang sangat menghambat terjadinya riset di Indonesia. Selain itu, masalah pendanaan juga salah satu faktor yang sangat menghambat terjadinya riset di Indonesia sehingga menyebabkan mereka (peneliti Indonesia) pindah ke Negara lain,” ujar Rektor UBL.

Sementara itu, Wakil Rektor UBL Bidang Akademik, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., menyatakan peningkatan kinerja dosen akan selalu di support oleh universitas, sehingga mendorong terjadinya kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Termasuk Lampung, progress kemajuan pendidikan di Lampung harus didukung semua pihak. Agar SDM dan hasil riset dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat menunjang kemajuan Provinsi Lampung di segala bidang.

“Hasil kinerja dosen tersebut akan di review. Hal ini terkait dengan keberlanjutan sertifikasi dosen setiap semester dan prosesnya akan diawali melalui seminar proposal dan seminar hasil. Hal tersebut dilakukan agar dapat memastikan penelitian ini merupakan hasil penelitian murni dan bukan plagiat,” ungkap Wakil Rektor UBL Bidang Akademik

Seminar hasil penelitian dosen ini, lanjut Wakil Rektor UBL Bidang Akademik, sangat berpengaruh dengan peningkatkan akreditasi program studi. Kemampuan dosen dalam melakukan penelitian dan melakukan penulisan jurnal baik internasional maupun nasional akan menambah poin bagi dosen dan lebih  baik jika dosen tersebut sudah sampai jenjang Strata 3 (S-3).

“Hasil dari penelitian ini diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja dosen dan akreditasi program studi di Universitas,” terang Wakil Rektor UBL Bidang Akademik.