UBL Siap Kirim Pemuda Ke Luar Negeri

Sebagai wujud kontribusi positif terhadap bangsa, Universitas Bandar Lampung (UBL) siap  mengirimkan pemuda pada Pertukaran Pemuda Antar Negara  (PPAN) dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) pada program yang diselenggarakan Pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) Kota Bandar Lampung.

Wakil Rektor UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie Dauli, M.S., menuturkan bahwa hal ini bertujuan untuk mempererat persatuan dan meningkatkan kreatifitas pemuda Indonesia dan luar negeri. Pengiriman pemuda pada PPAN dan PPAP ini merupakan upaya untuk memberikan motivasi bagi seluruh mahasiswa agar terus meraih prestasi baik akademik maupun non-akademik melalui partisipasi dalam berbagai kompetisi baik skala Nasional hingga skala Internasional.

“Keikutsertaan mahasiswa UBL dalam kegiatan ini tentunya dapat menambah pengalaman serta wawasan mahasiswa,” ujar Thontowie.

Selain itu, lanjut Thontowie, untuk menunjang kegiatan ini, UBL juga telah melakukan kerjasama yang salah satu bidangnya merupakan pertukaran dosen, mahasiswa, dan staff di Universitas dengan beberapa universitas di luar negeri, diantaranya International Islamic Universitas Malaysia (IIUM), Maastricht University Netherlands, Utrecht University Netherlands, Kitakyushu University, Thammasat University Thailand, dan Sripatum University Thailand.

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL, Dra. Yulfriwini, M.T., menjelaskan bahwa sebelum mengikuti seleksi tingkat kota, mahasiswa antusias mengikuti seleksi tingkat universitas yang diselenggarakan UBL beberapa waktu lalu.

“Beberapa tahap seleksi baik dilakukan UBL dengan menilai beberapa aspek diantaranya penguasaan bahasa, pengetahuan umum, wawasan kebudayaan dan yang paling penting adalah attitude atau sikap dari masing-masing peserta,” terang Yulfriwini.

Selanjutnya, setelah mengikuti berbagai seleksi mulai dari pembuatan makalah, sinopsis, wawancara, hingga tes TOEFL, Fajar Riyantika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UBL berhasil terpilih sebagai perwakilan PPAN dan Talita Ceesti Juliana Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL berhasil terpilih sebagai perwakilan PPAP.

Keduanya  mengaku bangga dapat mewakili UBL dalam ajang tersebut karena tentunya dapat menambah wawasan serta pengetahuan mereka dalam berbagai bidang. Mereka juga mengungkapkan bahwa keduanya terus melakukan berbagai persiapan keberangkatan diantaranya mengenai penguasaan bahasa daerah dan bahasa asing serta pengenalan budaya Lampung untuk peserta PPAP serta pengenalan budaya Indonesia untu peserta PPAN.

Dekan FISIP UBL, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., dan Dekan FKIP UBL, Drs. Harpain, MAT., MM., mengungkapkan bahwa mereka sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh kedua mahasiswa tersebut dan diharapkan hal ini dapat motivasi bagi mahasiswa lainnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang tidak lolos dalam seleksi tersebut juga mengungkapkan tidak menyerah karena kegagalan ini dan akan mencoba mengikuti seleksi di tahun depan atau mengikuti program lain baik program Dispora Kota, Provinsi, Program Dikti maupun dari Program kerjasama antara UBL dan Universitas di Luar Negeri.