UBL Segera Helat Second ICETD 2013

Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (UBL) akan segera meyelenggarakan perhelatan akbar yakni Second International Conference on Engineering and Technology Development (2nd ICETD) 2013 pada 28 hingga 29 Agustus 2013. Demikian ungkap Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A.

“Konferensi internasional ini merupakan ajang pertemuan ilmiah untuk membahas berbagai isu dan perkembangan teknologi terkini, teknik hingga perkembangan computer yang menjadi trending topik masyarakat saat ini. Konferensi Internasional semacam ini telah menjadi agenda rutin UBL dan menjadi bukti eksistensi UBL di kancah dunia.,” ujar Rektor UBL.

Rektor UBL juga menambahkan bahwa sebelumnya yakni pada bulan Juni 2012, UBL telah sukse meyelenggarakan perhelatan yang sama dengan melibatkan ratusan partisipan dari berbagai Negara dan instansi terkemuka. Mulai dari Nanyang Technological University, Singapura, Universiti Malaysia Terengganu dan International Islamic University Malaysia (IIUM), International Institute for Clean Energy and Climate Change (IICECC), hingga Institut Teknologi Bandung.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Second ICETD 2013, Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T., menuturkan bahwa rencananya  konferensi internasional ini akan dibuka pada Selasa, 27 Agustus 2013 di Aula Gedung M, Pascasarjana UBL.

“Hingga berita ini diturunkan, tercatat sedikitnya sembilan keynote speakers dari dalam dan luar negeri akan mengisi Second ICETD 2013 ini,” terang Hery.

Para Keynote Speakers diantaranya Prof. Dr. Che Hasan Che Haron dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. Dr. Priyo Suprobo dari Institut Teknologi Sepuluh November, Indonesia, Prof. Dr. Ricardus Eko Indrajit, APTIKOM, Indonesia, Prof. Dr. Moses L. Singgih dari Institut Sepuluh November, Indonesia.

Kemudian Dr. Hery Riyanto dari UBL, Indonesia, Dr. Hamzah Mohd Salleh dari International Islamic University Malaysia, Dr. Riza Muhida dari Surya Institute, Indonesia, Dr. Raihan Othman dari International Islamic University Malaysia, dan Ir. Lilies Widojoko dari UBL, Indonesia.

Selanjutnya, salah satu Commite Member ICETD 2013, Ahmad Cucus, S.Kom., M.Kom., menjelaskan selain seminar panel oleh keynote speaker, dalam konferensi internasional ini juga terdapat sesi paralelyang diikuti partisipan paper dari lima negera yakni Taiwan, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

“Konferensi internasional yang bertujuan sebagai forum utama untuk bertukar, mempromosikan dan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan pengembangan terbaru dan tren di bidang teknik dan teknologi serta aplikasinya,” ujar Cucus.