UBL Resmi Sambut 1.517 Maba 2013

 

Sivitas Akademika Universitas Bandar Lampung (UBL) secara resmi menyambut sebanyak 1.517 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2013-2014 dalam pembukaan Program Pengenalan Kampus (PPK) pada Jum’at, 13 September 2013 di Halaman Gedung C UBL. Penyambutan ini diresmikan langsung oleh Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., didampingi Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Ketua YAL, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Dalam sambutannya Rektor UBL menyatakan tujuan penyelenggaraan kegiatan PPK ini selain untuk mengenalkan kegiatan akademik di UBL juga sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran intelektual sebagai mahasiswa sehingga dapat menjadi pioneer perubahan masa depan yang lebih baik.

“Pendidikan tinggi sangat penting dalam proses kemajuan bangsa sehingga harus lebih jeli dalam memilih Universitas. UBL sebagai Universitas swasta pertama di Provinsi Lampung yang berdiri sejak 1984 telah cukup berpengalaman dan mencetak lebih dari 30.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia,” ujar Rektor UBL.

Rektor UBL juga menambahkan dalam kegiatan PPK tahun 2013 ini, UBL juga menyambut mahasiswa baru Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) yang berasal dari Luar Negeri, yakni Upeka Davini Mendis dari Srilanka serta mahasiswa baru dengan keterbatasan fisik yakni Ikhsan Ridwan, penyandang tunanetra.

Lebih lanjut dikatakan Rektor UBL, bahwa baginya keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang seseorang untuk dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi karena telah banyak yang berhasil meraih gelar Profesor meskipun dengan keterbatasan fisik yang dimiliki.

“Semua orang memiliki hak untuk dapat meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saya yakin Ridwan dapat mewujudkan cita-cita melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya sesuai apa yang diharapkan,” tegas Rektor UBL.

 

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik mengungkapkan kegiatan PPK ini akan berlangsung selama tiga hari mulai hari ini hingga 15 September 2013. Pada hari pertama ini, kegiatan PPK meliputi kegiatan pengenalan tentang Universitas, Fakultas dan Program Studi sekaligus pengenalan tentang sistem perkuliahan yang berlaku di UBL, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Selain itu, diselenggarakan pula kuliah umum oleh Kombes Pol. Drs. Zulkifli, M.H., selaku Ketua Badan Narkotika Nasional Provinsi didampingi Drs. Ahmad Alamsyah., Kepala Bidang Pencegahan Narkotika Provinsi (BNNP) yang menyampaikan materi mengenai Sosialisasi Pencegahan Dini Terhadap Peredaran Gelap Narkoba di Lingkunagn Kampus. Partisipasi BNNP sebagai narasumber dalam PPK UBL tahun 2013 ini berkaitan dengan Pusat Studi Kajian Narkoba di UBL” terang Wakil Rektor 1 UBL.

Selanjutnya, kegiatan PPK ini akan diselenggarakan Bakti Sosial (baksos) yang merupakan wujud pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kegiatan Malam Keakraban (makrab) yang diselenggarakan bersama Fakultas masing-masing.