UBL Meriahkan Gebyar SMK Kabupaten Lampung Tengah

Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai Universitas swasta terbesar di Provinsi Lampung turut serta memeriahkan kegiatan Gebyar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Lampung Tengah.

“Partisipasi UBL dalam kegiatan Gebyar SMK tahun 2013 ini bertujuan sebagai upaya UBL mempererat tali silaturahmi antara UBL dengan MKKS SMK Kabupaten Lampung Tengah untuk dapat bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai perlombaan kompetensi siswa SMK yang diselenggarakan dalam kegiatan tersebut. Diharapkan partisipasi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan SMK di Kabupaten Lampung Tengah,” tutur Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A.

Selain itu, Rektor UBL juga menyatakan dalam kesempatan ini, UBL juga mensosialisasikan Program Beasiswa yang diselenggarakan UBL bagi Siswa/I lulusan SMA/SMK/MA sederajat yakni Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa (PB-PAB) yang diberikan Yayasan Administrasi Lampung (YAL) serta Program Beasiswa Bidikmisi yang disalurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kopertis Wilayah II, Palembang kepada UBL.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gebyar SMK Kabupaten Lampung Tengah, Drs. Puguh Purwanto, menyambut baik program beasiswa yang disosialisasikan UBL karena melalui program beasiswa ini, diharapkan siswa/I SMK dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tanpa terhalang terbatasnya ekonomi siswa.

“Program beasiswa ini tentunya sangat membantu para siswa khususnya bagi mereka yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik namun memiliki keterbatasan ekonomi sehingga sulit untuk melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Gebyar SMK Kabupaten Lampung Tengah juga menjelaskan kegiatan diselenggarakan MKKS Kabupaten Lampung Tengah ini bertujuan untuk mempromosikan perkembangan kualitas pendidikan kejuruan dan keterampilan yang dimiliki siswa serta memberikan pengakuan keunggulan dan mengembangkan siswa berprestasi.

“Dalam kegiatan Gebyar SMK ini, dihelat berbagai macam perlombaan kompetensi dengan berbagai kategori bidang yakni bidang Standar World Skill Competition (WSC), Standar Nasional dan Eksibisi Olah raga bola volley. Selain itu, terdapat pula pameran hasil karya siswa SMK dan hasil uji kompetensi siswa diantaranya Ipad Hi-Tab Esemka 3G, Bandot SMK (Mesin Plantir), Design Kebaya, toolbox, file paper dan lain-lain. Kegiatan perlombaan diselenggarakan di tiga lokasi yakni SMK Negeri 1 Terbanggi Besar, SMK Negeri 2 Terbanggi Besar dan SMK Negeri 3 Terbanggi Besar,” paparnya.

Selain perlombaan dan pameran karya, dalam Gebyar SMK yang diselenggarakan MKKS Kabupaten Lampung Tengah ini juga diselenggarakan Seminar Nasional Pendidikan bagi seluruh Kepala SMK se-Provinsi Lampung dengan tema Menyongsong Kurikulum 2013 Untuk SMK pada Sabtu (27/4), minggu lalu dengan keynote speaker Ir. Anang Tjahjono, M.T., Direktur Pembinaan SMK (PSMK) Kemendiknas, Jakarta.