UBL Helat Kuliah Umum Bersama Bupati Bagi Maba 2013

Universitas Bandar Lampung (UBL) selalu berupaya memberikan wawasan yang luas bagi mahasiswa baru TA. 2013-2014 dengan menyelenggarakan kuliah umum dalam kegiatan Program Pengenalan Kampus (PPK). Demikian ungkap Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A.

“Dalam setiap kuliah umum PPK, seperti beberapa tahun terakhirUBL selalu menghadirkan narasumber baik tokoh nasional maupun kementerian seperti Elsa Syarif, Menteri kehutanan, Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi RI pertama, Jimly Asshidiqie dan beberapa tokoh publik lainnya. Dan pada PPK tahun ini, UBL menghadirkan Bupati Lampung Selatan, H. Rycko Menoza. SZP, M.B.A., dan Bupati Way Kanan,Hi. Bustami Zainudin, S.Pd.” ungkap Rektor UBL.

Senada, Wakil Rektor Bidang Akademik juga menyatakan bahwa UBL selalu berupaya menyelenggarakan kegiatan yang bersifat positif selama kegiatan PPK,salah satunya dengan menghadirkan tokoh nasional maupun kementerian yang dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan berbagi pengalaman keseluruh Mahasiswa Baru UBL.

“Kegiatan kuliah umum yang diikuti 1.500an mahasiswa, Dekan, Ketua Program Studi, Dosen, Karyawan serta panitia mahasiswa.ini sudah berlangsung mulai 13 September 2013 dan materi disampaikan oleh Ketua Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Kombes Pol. Drs. Zulkifli, M.H.,tentang Sosialisasi Pencegahan Dini Terhadap Peredaran Gelap Narkoba di Lingkungan Kampus,” terang Wakil Rektor UBL.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan,Rycko menyampaikan materi tentang organisasi kepemudaan serta menjelaskan bagaimana peran pemuda dalam meneruskan pembangunan untuk bangsa Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.

”Jika melihat perjalanan, pemuda memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan terhadap bangsa. Untuk itu, diharapkan mahasiswa baru UBL sebagai generasi muda dapat memanfaatkan masa mudanya untuk meraih berbagai prestasi,” tegas Rycko.

Sedangkan Bupati Way Kanan, Bustami memaparkan materi tentang pentingnya menjadi diri sendiri karena bangsa Indonesia saat ini tidak percaya diri akan kemampuan dan potensi yang dimilikinya.

“Kepercayaan diri sangat penting untuk menunjang prestasi, begitupun bagi suatu bangsa, harus memiliki kepercayaan diri terhadap semua potensi yang dimiliki sehingga dapat lebih mudah menghadapi berbagai tantangan,” ujarnya.

Dalam kuliah umum ini, terdapat juga sesi diskusi yang mendapat apresiasi luar biasa dari para peserta baik mahasiswa baru maupun panitia mahasiswa.

Untuk diketahui, kegiatan PPK ini akan berlangsung hingga Minggu, 15 September 2013. Selain kuliah umum, PPK ini juga diisi dengan berbagai kegiatan keakraban oleh masing-masing Fakultas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang meliputi UKM Islam, UKM Pecinta Alam, UKM Futsal, UKM Bulu Tangkis, UKM Basket, UKM Volley Ball, UKM Catur, UKM Mandarin, UKM Budaya dan Seni, UKM Paduan Suara, dan UKM Tenis Meja.