UBL Career Day dihadiri Ratusan Alumni

Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan Career Day yang dihadiri oleh ratusan alumnnus Program Sarjana (S-1) yang berasal dari semua Program Studi. Kegiatan ini diselenggarakan mulai Kamis (23/5) hingga hari ini (24/5) di Aula Gedung F UBL.

Wakil Rektor UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie, M.S., menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi alumnus agar siap menghadapi dunia kerja.

“UBL sebagai solution for present and future berupaya memberikan fasilitas bagi mahasiswa maupun alumni dengan pembinaan yang diberikan melalui Biro Career Center UBL,” ujarnya.

Senada, Kepala Biro Career Center UBL, Dra. Yulfriwini, M.T., juga menyatakan bahwa kegiatan pembekalan yang telah rutin diselenggarakan Biro Career Center ini tidak hanya diberikan pada saat mahasiswa mulai memasuki dunia kampus tetapi juga saat mahasiswa telah menyelesaikan studi S-1 nya di UBL yang bertujuan untuk membina softskill mereka.

“Pembekalan ini merupakan pemberian motivasi bagi alumnus melalui informasi terkait penyusunan surat lamaran kerja, curriculum vitae, teknis wawancara serta kiat untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga mereka siap menghadapi dunia kerja,” papar Yulfriwini saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Yulfriwini, UBL menghadirkan motivator handal yang menjelaskan mengenai tahapan seleksi yang dilakukan sebuah perusahaan dalam merekrut karyawan baru mulai dari seleksi lamaran, wawancara awal atau psikotes, tes teknikal, wawancara HRD, wawancara User, penawaran gaji, tes kesehatan hingga tanda tangan PK atau surat kontrak.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diungkapkan beberapa petunjuk tekni pembuatan surat lamaran kerja, curriculum vitae dengan menyebutkan data diri secara lengkap, riwayat pekerjaan dan pendidikan, keterampilan khusus atau spesialisasi yang dimiliki, serta pengalaman organisasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan.

“Dalam pembekalan ini juga terdapat perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan langsung menyelenggarakan seleksi bagi alumnus UBL yakni seleksi psikotes dan selanjutnya akan dihubungi untuk mengikuti tahap berikutnya,” terang Yulfriwini.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang dengan menyesuaikan jadwal alumnus yang dapat mengikuti kegiatan pembekalan ini.