UBL Bersama Yamaha Sukses Helat Seminar Fuel Injection SMK se-Lampung

Friday, 26 April 2013 13:28

 

Universitas Bandar Lampung (UBL) bersama Yamaha sukses menyelenggarakan Seminar Fuel Injection bagi seluruh Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Lampung di Aula Gedung F UBL pada Kamis pagi (25/4), kemarin. Demikian ungkap Dekan Fakultas Teknik UBL, Dr. Ir. Heri Riyanto, M.T.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah dan Guru serta Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin UBL, ia juga menuturkan bahwa UBL sangat mendukung kegiatan ini, diharapkan Yamaha dapat mendukung berbagai kegiatan yang diselenggarakan Fakultas Teknik UBL khususnya Program Studi Teknik Mesin sehingga kedepan Program Studi Teknik Mesin UBL juga bisa terdepan seperti Yamaha.

“Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama UBL dan Yamaha bagi seluruh Kepala Sekolah dan Wakilnya beserta Guru SMK se-Lampung sebagai sarana untuk berbagi informasi khususnya mengenai Fuel Injection,” ujar Dekan Fakultas Teknik saat ditemui usai acara berlangsung.

Senada, Junaidy Lunardi sebagai Chief Yamaha Akademi menyatakan bahwa seminar Fuel Injection ini sebagai sarana untuk sharing membagikan informasi mengenai Fuel Injection secara menyeluruh seperti mesin Fuel Injection, cara kerja, sejarah dan kelebihan-kelebihannya. Yamaha memilih UBL sebagai partner dalam seminar ini adalah selain karena telah cukup lama bekerjasama juga karena lokasi yang strategis. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan secara rutin karena acara ini sangat sesuai dengan visi kami menyebarkan informasi-informasi terbaru di bidang otomotif.

“Mesin injeksi memasuki industri motor di Indonesia sekitar tahun 2007 melalui Vi-Xion. Mesin injeksi Yamaha dari tahun ke tahun selalu dikembangkan sehingga diharapkan tahun 2014 semua jenis motor dari Yamaha memakai teknologi injection,” terang Junaidi.

Selanjutnya, dalam seminar ini Junaidi juga menerangkan mesin injeksi memiliki perbedaan antara mesin injeksi konvensional dengan YMZ FI. YMZ FI merupakan modifikasi dari Yamaha sehingga dapat menghemat bahan bakar tetapi bertenaga. Teknologi YMZ FI sudah diterapkan di MIO J, XEON RC dan Seoul GT.

“Bagian tim edukasi Yamaha Lampung memiliki berbagai macam kegiatan diantaranya kerja sama pendidikan, engine donation, smk skill contes, seminar guru smk dan high scholl training. Salah satunya kegiatan kerjasama pendidikan yang kami selenggarakan adalah seminar bagi Guru SMK di Aula Gedung F UBL ini. Kegiatan ini diharapkan mampu membuka wawasan baru untuk lebih mendalami pengetahuannya mengenai teknologi fuel injeksion sehingga dapat menyampaikan wawasan ini kepada siswa/i nya,” papar Junaidi.

Sementara itu, Agus sebagai ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan Teknologi Fuel Injection ini diadaptasi dari sistem pesawat terbang dan sekarang sudah mulai diterapkan di kendaraan bermotor. Teknologi fuel injeksion ini berbeda dengan teknologi konvensional yang menggunakan karburator.

“Teknologi injeksion ini merupakan teknologi yang mengikuti kemauan dari motor sedangkan teknologi konvensional mengikuti kemauan dari pengendara. Dari segi gas buang saja 2 teknologi ini memiliki perbedaan mencolok, jika konvensional masih mengeluarkan zat-zat berbahaya tetapi teknologi fuel injeksion sudah mengeluarkan debu melalui pembuangan,” papar Agus.

Munurut Kepala SMK Negeri 1 Gedung Agung Tulang Bawang, Eko Priyono, seminar ini sangat menarik karena memberikan banyak wawasan bagi Guru-guru mengenai Teknologi Fuel Injection sehingga kedepannya sekolah kami dapat mengetahui berbagai teknologi selain karburator. Sedangkan, Sujarwo, Kepala SMK Negeri 1 Blambangan Umpu menuturkan kegiatan ini cukup memberikan motivasi lebih bagi para Guru untuk mengajak siswa/i nya memajukan dunia otomotif di sekolah.