UBL Berikan Pendadaran Hardskill, Softskill, & Lifeskill Bagi Mabes 2013

Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai Universitas swasta terbesar di Provinsi Lampung selalu berupaya menerbitkan lulusan-lulusan yang bermutu melalui berbagai kegiatan baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Upaya ini dilakukan UBL sejak dini bahkan sebelum perkuliahan aktif dimulai, diantaranya berupa pendadaran hardskill, softskill dan lifeskill khususnya bagi mahasiswa beasiswa (mabes) 2013 yang diselenggarakan sejak 17 Juni 2013 hingga 13 Juli 2013 mendatang.

Wakil Rektor UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie, M.S., menuturkan bahwa kegiatan pendadaran mabes ini juga telah diselenggarakan UBL tahun lalu bagi mahasiswa penerima beasiswa UBL 2012 untuk menambah wawasan sekaligus nilai plus bagi mabes baik beasiswa sosial, beasiswa akademik maupun beasiswa non-akademik.

“Pendadaran hardskillsoftskill, dan lifeskill yang diberikan UBL bagi mabes ini merupakan bentuk komitmen UBL untuk menerbitkan lulusan-lulusan yang tidak hanya berkualitas secara akademik tetapi juga berkualitas secara softskill dan lifeskill,” terang Thontowie.

Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL, Dra. Yulfriwini, M.T., menambahkan dalam pendadaran tahun ini selain mendapatkan matrikulasi (pendadaran hardskill) di laboratorium komputer dan bahasa inggris, mabes juga mendapatkan materi softskill dan lifeskill mengenai motivasi dan strategi menjadi mahasiswa, artikel, dan karya tulis.

“Terdapat perbedaan dalam pendadaran softskill tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu yakni pemateri softskill adalah Mahasiswa UBL dari Ikatan Mahasiswa Beasiswa (IMB) yang dibentuk UBL beberapa waktu lalu serta Mahasiswa yang tergabung dalam divisi Jurnalistik Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) UBL,” ujar Yulfriwini.

Sementara itu, Kepala Biro Humas, Marketing dan Kerjasama UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., menjelaskan mabes UBL 2013 ini juga rencananya akan mengikuti outbound pada Minggu, 14 Juli 2013 mendatang di Aula Gedung F UBL.

Outbound ini sebagai upaya untuk menjalin keakraban antar mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat ini,” terang Indri.

Selain itu, Indri juga menyatakan bahwa UBL masih membuka kesempatan pendaftaran mahasiswa baru Tahun Ajaran (TA) 2013-2014 pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Madani 3 hingga 20 Juli 2013 mendatang dan Seleksi Tertulis akan diselenggarakan pada Minggu, 21 Juli 2013.