UBL Adakan Konferensi Internasional Keempat Kalinya

Universitas Bandar Lampung (UBL) setelah sukses menyelenggarakan konferensi internasional sebanyak tiga kali diantaranya The First International Conference on Engineering and Technology Development (ICETD) pada Juni 2012, kemudian dilanjutkan pada awal tahun 2013 yakni The First International Conference on Education and Language (ICEL) 2013 serta The Second International Conference on Engineering and Technology Development (ICETD) yang diselenggarakan pada akhir Agustus 2013 lalu.

Ketiga konferensi internasional ini berhasil melibatkan ratusan partisipan dari dalam dan luar negeri seperti NSW Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, Azerbaijan, China, India, Taiwan, Rusia, Iran, Pakistan dan Saudi Arabia.

Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., mengungkapkan penyelenggaraan konferensi internasional ini sebagai bukti eksistensi UBL di kancah dunia. Pasalnya UBL rencananya akan segera menyelenggarakan kembali konferensi internasional untuk yang keempat kalinya yakni International Conference on Law and Governance (ICon-LBG 2013) yang dihelat oleh Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL pada 22 hingga 24 Oktober 2013 mendatang.

“Konferensi internasional ini dapat menjadi jembatan bagi para akademisi untuk terlibat langsung dalam sharing keilmuan. Apalagi konferensi ini bertaraf internasional yang melibatkan akademisi dari dalam dan luar negeri yang berkompeten di bidangnya,” ujar Rektor UBL.

Selain itu, lanjut Rektor, dalam perhelatan akbar ini makalah terbaik yang dipresentasikan akan diterbitkan dalam Jurnal Internasional. Seperti makalah terbaik dari ICETD baik pertama maupun kedua yang dihelat Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dan Fakultas Teknik UBL telah dipilih dan diterbitkan dalam International Journal of Science and Technology (IJEST) yang dapat diakses melalui Google Scholar dan Scopus. Sedangkan makalah terbaik dalam ICEL yang dihelat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UBL diterbitkan dalam International Journal on Education (IJED).

Sementara itu, Manager Marketing dan Humas UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., menambahkan dalam konferensi intenasional keempat kalinya ini, UBL akan melibatkan Utrecht University dan Maastrich University, Netherland yang telah meresmikan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan kerjasama dengan UBL beberapa waktu lalu.

Selain itu, partisipan dalam Icon-LBG ini diantaranya berasal dari IIUM Malaysia, Kulliyyah of Economic and Management Science, Malaysia, Prastya Mulya Bussiness School University, Indonesia, Sebelas Maret University, Indonesia.

Indri juga menyatakan hingga berita ini diturunkan sebanyak 49 papers telah terdaftar dan akan dipresentasikan dalam Icon-LBG minggu depan.

“Konferensi internasional ini terbuka juga untuk umum khususnya guru, dosen dan mahasiswa. Untuk pendaftaran peserta non paper masih dibuka hingga 23 Oktober 2013 dan dapat menguhubungi Kantor Marketing UBL (S-1) di nomor 0721-773847 atau Kantor Marketing Pascasarjana UBL di nomor 0721-789825,” jelas Indri.