Tips Bangun Pagi Untuk Mahasiswa Milenial Masa Kini

[UBL] : Bandar Lampung – Ada banyak tipe mahasiwa yang ada di perguruan tinggi, ada yang sering santai duduk di kantin, ada yang hanya mementingkan absen, ada yang kutu buku, ada juga yang terlalu aktif di organisasi sampai – sampai dia lupa dengan status dan tugasnya sebagai seorang mahasiswa.

Namun dari beberapa tipe mahasiswa tersebut, walaupun tidak semua tapi rata – rata dari mereka mempunyai sebuah masalah yang sama, Bangun Pagi. Bangun pagi bagi sebagian besar mahasiswa adalah cobaan terbesar dalam masa kuliah, apalagi kalo ada jadwal kuliah jam 7 pagi bersama Dosen yang paling anti dengan yang namanya terlambat.

Kuliah pagi adalah hal terberat bagi mahasiswa, apalagi kalau mahasiswa harus masuk jam tujuh pagi. Gak jarang mereka datang terlambat atau bahkan malah terpaksa bolos karena bangun kesiangan. IPK semester pun ikut terancam.

Memang perjuangan untuk bangun pagi itu tidak mudah. Belum lagi saat sudah terbangun, kamu masih harus melawan rasa malas karena harus memulai rutinitas lagi. Nah, agar kamu bisa bangun pagi lebih cepat dan bisa langsung merasa segar untuk mengikuti kuliah jam 7 pagi, coba lakukan hal-hal ini!

1.Hindari begadang
Demi bisa bangun pagi, kurangilah kebiasaan begadang. Sebaiknya kamu mulai tidur antara jam 9-11 malam. Jadi kamu bisa tidur dengan waktu yang cukup. Bisa dipastikan deh kamu akan merasa segar saat bangun esok hari.

9 Trik Paling Frontal Biar Bangun Pagi, Dijamin Gak Telat Kuliah Lagi!

2. Matikan lampu kamar agar tidurmu berkualitas
Salah satu kunci bisa bangun pagi adalah tidur yang berkualitas. Salah satu caranya dengan mematikan lampu dan listrik di kamar. Selain membuatmu nyenyak, kondisi kamar yang gelap juga mampu memicu hormon melatonin yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh lho.

9 Trik Paling Frontal Biar Bangun Pagi, Dijamin Gak Telat Kuliah Lagi!

3. Hindari makan berat sebelum tidur demi tidur yang makin nyenyak
Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat kamu sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak bisa nyenyak atau bahkan hal ini akan membuatmu insomnia. Di sisi lain, tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuhmu lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. Dan hindari minuman berkafein serta beralkohol.

7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan - Jovee.id

4. Rapikan kasurmu sebelum tidur
Secara tak sadar, sebenarnya semangat bangun pagi juga dipengaruhi oleh kondisi kamar. Coba deh bersihkan kasurmu. Rapikan barang-barang di atasnya. Dengan kondisi rapi dan tertata, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas, maka bangun pagi untuk berangkat kuliah jadi lebih mudah dan bersemangat.

Jangan Malas Lagi, Ini 4 Manfaat Merapikan Tempat Tidur bagi Kesehatan Mental - Parapuan

5. Pasang alarm dengan nada panggilan telpon
Kamu sudah pakai memasang alarm, tapi masih gak mempan juga? Tenang. Sekarang kamu bisa coba menyiasatinya dengan memasang nada panggilan telepon sebagai nada alarm. Tak dimungkiri, telinga kita memang lebih peka saat ada panggilan. Jadi kamu bisa lebih sigap untuk bangun.

Sudah Pasang Alarm tetapi Bangun Sebelum Alarm Berbunyi, Kenapa begitu, ya? - Semua Halaman - Kids

6. Letakkan alarm jauh dari jangkauan kasur
Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidurmu itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, kamu bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya (atau snooze sampai bego) dan kemudian tidur lagi.

Nah, agar alarmmu bisa berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu sehingga mau tidak mau kamu harus bangun dan mencarinya serta mematikannya saat alarm berdering. Sekali kamu beranjak dari tempat tidur, biasanya kamu sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

7. Sediakan air putih dan minumlah saat bangun pagi
Kuliah pagi seringkali terasa berat. Untuk mengatasinya kamu bisa mulai dengan minum air putih saat bangun pagi. Meski terlihat remeh, minum air putih di pagi hari terbukti bikin badan jadi lebih segar. Jadi kamu tak ketinggalan kelas.

Terapi Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur, Rasakan Manfaat

8. Jangan cari ponsel dan cek timeline dulu. Selepas bangkit segera minum air putih demi membangunkan tubuhmu
Minum air putih sebelum tidur bisa membuatmu bangun lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidur ‘kan?
Sedangkan manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kamu bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

9. Bangunkan tubuhmu sepenuhnya lewat olahraga ringan di dalam kamar
Untuk hal yang satu ini memang harus punya niatan dan usaha yang ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling tepat agar setelah bangun tidur kamu bisa cepat kembali fresh lagi.

Kamu tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yang simpel di dalam kamar. Atau kamu juga bisa melakukan gerakan yoga yang akan membuatmu kembali bugar. Berolahraga bisa membuat tubuhmu lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan di sisa hari.

10. Setelah benar-benar sadar, basuh mukamu dengan air dan segera mandi pagi
Saat kamu sudah benar-benar terbangun dari tidur, segeralah beranjak dari tempat tidur lalu basuhlah mukamu dengan air. Bersihkan area wajahmu terutama pada area sekitar mata. Membasuh wajah dengan air akan merangsang saraf pada sekitar wajahmu sehingga membuatmu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.

Jika kamu memang benar-benar susah untuk bangun pagi, kamu bisa meletakkan sebaskom air beserta handuk kecil di dekat tempat tidurmu. Segera setelah kamu bangun di pagi hari kamu bisa meraupkan air ke wajahmu. Hal ini merupakan cara jitu untuk membuatmu tidak kembali memejamkan mata saat sudah terbangun di pagi hari.

11. Usahakan juga untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama
Biasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yang sama. Usahakan juga agar setiap hari kamu bisa tidur dan bangun tidur pada jam yang serupa. Hal ini bertujuan agar tubuhmu terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Jika pola tidurmu berantakan, ini akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga di pagi hari kamu bisa semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali.

12. Yang perlu selalu kamu ingat, bersyukurlah karena kamu masih bisa membuka mata hari ini
Satu hal penting yang bisa membuatmu bangun pagi dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kamu masih bisa melihat dunia ini kembali. Yup, sederhana tapi sangat bermakna.

Tanpa sadar seringkali kita mengeluh dan menggerutu karena harus bangun pagi, padahal itu adalah sebuah anugerah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup dan menghirup udara pagi ini. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Bangun tidur adalah salah satu kunci penentu produktivitasmu. Jangan sampai harimu kacau, telat kuliah, dan jadwal berantakan hanya gara-gara bangun tidur yang nggak benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Selamat pagi