Tingkatkan Kompetensi, UBL Buka Program Doktor Ilmu Hukum

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

April 2011 (Bandar Lampung) Universitas Bandar Lampung (UBL) bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah membuka program Doktor (S3) Ilmu Hukum yang perkuliahannya akan diselenggarakan di Universitas Bandar Lampung mulai pertengahan Juli 2011.Menurut Rektor Universitas Bandar Lampung, Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., Indonesia masih membutuhkan banyak ahli hukum yang memiliki kompetensi dan kualifikasi ahli untuk mendorong dan terlibat dalam proses-proses pembangunan hukum, baik dalam tataran nasional maupun internasional. ‘’Perkembangan hukum di Indonesia mengalami perubahan besar, cepat dan kompleks terutama sejak bergulirnya reformasi pada tahun 2008 silam, di samping itu hukum di Indonesia juga telah  mengalami transisi yang luar biasa terlebih dengan adanya dorongan globalisasi yang menginginkan semua serba transparan, ‘’ papar Yusuf di Bandar Lampung, Selasa (26/4).

 

Program doktor Ilmu Hukum UBL dan UNS, menurut Yusuf didesain untuk bisa menghasilkan doktor Ilmu Hukum sebagai legal scientist yang memiliki integritas, moral tinggi, keunggulan dan kemampuan kompetitif pada bidang spesialisasi hukum tertentu pada tataran nasional maupun internasional. ‘’ Kami memiliki visi untuk melahirkan ilmuan yang memiliki kompetensi dan tanggung jawab dalam ilmu hukum (jurisprudence dan legal science) dan mendinamisasikan pendidikan hukum yang terbuka dalam rangka menciptakan ilmuan yang berdaya saing dan memiliki cara pandang yang luas dalam bidang hukum, ‘’ imbuh Yusuf.

 

Sementara itu, Dr. Agus Wahyudi, MS. selaku Direktur Program Pascasarjana UBL mengatakan dengan dibukanya program doktor di UBL akan dapat memfasilitasi masyarakat Lampung yang ingin melanjutkan program pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus pergi ke luar kota atau atau bahkan ke pulau lain. ‘’Pembukaan program doktor ilmu hukum ini juga merupakan salah satu upaya pemerataan pendidikan di wilayah Lampung, terutama bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, kami juga menyediakan  tenaga pengajar yang ahli dalam bidangnya seperti Prof. Dr. Jimly Assihiqie, SH, Prof. Chatamarrasasjid, SH  dan Prof.Dr. Mahfud MD, ‘’ ungkap Agus.

 

Dalam kegiatan kuliah umum dan sosialisasi program S3 Ilmu Hukum yang dilakukan di Auditorium Pascasarajana UBL pekan lalu, Prof. Dr. H. Setiono,SH.,MS. selaku Ketua Program Studi Ilmu Hukum S2 dan S3 UNS mengatakan, program S3 yang akan dimulai pertengahan tahun ini bisa ditempuh dalam waktu 3 tahun dengan beban studi sebanyak 48 sks. Sementara itu, pendaftaran program S3 ilmu hukum tersebut sudah dilakukan sejak 18 April hingga 14 Juli 2011. Sedangkan seleksi akan dilakukan tanggal 15-16 Juli 2011 dan pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada tanggal  23 Juli 2011. Semua calon mahasiswa  akan  mengikuti seleksi bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara yang sumuanya akan dilaksanakan di Kampus B Gedung  Pascasarjana UBL. Sama halnya dengan pendaftaran S2, pendaftaran S3 program Doktor Ilmu Hukum ini juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti surat rekomendasi, fotokopi ijazah serta pernyataan proyeksi keinginan dalam mengikuti program doktor.

 

Progrom Doktor Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret berdiri berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.2109 D/T/2007 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT No.001/BAN-PT/Ak-IX/S3/V/2010 dengan nilai B. Penyelenggaraan Program Doktor Ilmu Hukum UNS di Universitas Bandar Lampung (UBL) ini juga telah mendapat respon positif dari masyarakat luas.

 

Untuk mengikuti program Doktor Ilmu Hukum ini biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa sekitar 130 juta untuk 3 tahun akademik yang sudah mencakup ujian disertasi (vera).