Tim SDGs Center UBL Kunjungi Bank Sampah Induk Sicanang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tim SDGs Center Universitas Bandar Lampung (UBL) mengunjungi Bank Sampah Induk Sicanang di Kota Medan yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai salah satu bank sampah terbaik di Indonesia tahun 2021.

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat Pengepul sampah.

Bank sampah juga merupakan salah satu faktor kunci dalam pengelolaan sampah berkelanjutan yang merupakan salah satu target dalam Tujuan ke-12 Sustainable Development Goals.

Kunjungan ini adalah bagian dari tahapan pengumpulan data dan validasi best pratices untuk pengembangan e-Learning Modul on Waste Bank yang merupakan kerja sama UNEP, IGES, ITS, dan UBL. Pada kesempatan yang sama, diserahkan bantuan perlengkapan untuk pengolahan sampah anorganik dan organik.

Selain bank sampah induk, tim juga mengunjungi beberapa bank sampah unit yang menjadi mitra, di antaranya yaitu bank sampah yang berbasis kelompok masyarakat pekerja pabrik dan grup ibu-ibu. Terakhir, tim SDGs Center UBL mengunjungi salah satu unit usaha pembersihan sampah plastik sebelum kemudian dapat diolah di pabrik daur ulang.