The Second ICEL UBL 2014 Segera di Buka

Universitas Bandar Lampung (UBL) akan segera meresmikan pembukaan perhelatan akbar yakni The Second International Conference on Education and Language (ICEL) 2014 pada Selasa (20-5), malam nanti di Aula Gedung M Pascasarjana, Kampus B UBL. Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., menuturkan bahwa pembukaan ini rencananya akan diresmikan secara langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah II, Palembang, Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A.“Seperti konferensi internasional yang diselenggarakan UBL sebelumnya, agenda pembukaan The Second ICEL 2014 kali ini juga akan diresmikan oleh Koordinator Kopertis Wilayah II, Palembang,” ujar Rektor UBL.

Selain itu, Rektor UBL juga menjelaskan, konferensi internasional semacam ini telah menjadi agenda tetap Universitas yang dilaksanakan oleh masing-masing fakultas di UBL. Sebelumnya, di tahun 2012 UBL telah menyelenggarakan The First International Conference on Engineering and Technology Development (ICE-TD) oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UBL.

Kemudian dilanjutkan pada awal tahun 2013 yakni The First International Conference on Education and Language (ICEL) 2013 oleh Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UBL, dan The SecondICE-TD pada akhir Agustus 2013 lalu oleh Fakultas Teknik dan FIK UBL serta International Conference on Law and Governance (ICon-LBG 2013) pada Oktober 2013 oleh Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL.

“Mudah-mudahan konferensi ini akan menjadi jembatan untuk sharing dan jembatan bagi kita untuk mengikuti berbagai perkembangan dengan isu terkini,” ungkap Rektor UBL.

Sementara itu, Dekan FKIP UBL, Drs. Harpain, MAT., M.M., juga mengatakan The Second ICEL 2014 ini kembali melibatkan melibatkan ratusan partisipan dari dalam dan luar negeri, serta 10 keynote speakersdari berbagai negara. Mereka antara lain berasal dari International Islamic University Malaysia (IIUM), Malaysia, National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore.

Selanjutnya berasal dari Jawaharlal Nehru University, India, Shinawatra University, Thailand, Burapha University, Thailand, Tribhuvan University, Kathmandu Nepal, King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia hingga University of Limerick, Ireland.

Selain itu, Harpain juga mengungkapkan bahwa agenda pembukaan The Second ICEL 2014 ini akan di awali dengan kuliah umum oleh LOH Kok Khiang Jason, Ph.D., FCollT dari National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore dan Assoc. Prof. Amporn Sangiamwibool, MA., PhD dari Shinawatra University, Thailand.

“Hari ini selain opening The Second ICEL 2014 juga diselenggarakan kuliah umum dan rencananya akan dihadiri oleh Mahasiswa dan Dosen UBL,” ungkap Harpain.