Rektor Lepas Mahasiswa UBL Ke Jepang

rektor ubl saat memberikan motivasi dan pesan kepada para mahasiswa

Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA., didampingi Head of Department International Relationship Office (IRO) UBL, Berry Salatar, S.Pd., secara resmi melepas rombongan Mahasiswa dan Dosen Pengajar Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik UBL untuk mengikuti Program Student’s Exchange dan International Workshop and Conference on re-designing Kurozaki – Low Carbon High Rise City di Universitas Kitakyushu, Jepang. Pelepasan 2 (dua) orang Dosen dan 3 (tiga) orang Mahasiswa ini diselenggarakan di Gedung Rektorat UBL, Kampus Drs. H. RM. Barusman, Kamis (12/1) kemarin.

Ketiga orang mahasiswa tersebut diantaranya Gilang Ramadhan Joni, Mahasiswa Program Studi Arsitektur semester 5 (lima) asal SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Annisa Nur Kartika Pitoyo Mahasiswi Program Studi Arsitektur semester 5 (lima) asal SMA Negeri 2 Cimahi, Jawa Barat dan Yoga Adi Wibowo Mahasiswa Program Studi Arsitektur semester 9 (sembilan) asal SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah serta 2 (dua) Dosen Program Studi Arsitektur yakni Haris Murwadi, S.T. M.T., dan Shofia Islamia Ishar, S.T. M.T.

“Program ini merupakan salah satu implementasi dari kerjasama internasional yang dijalin UBL dengan Universitas Kitakyushu, Jepang. Sebelumnya, salah satu Dosen Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik UBL, Fritz Akhmad Nuzir, S.T., MA (LA)., berhasil memperoleh Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) di Universitas Kitakyushu, Jepang. Diharapkan dengan adanya International Workshop ini, akan menjadi sebuah motivasi bagi dosen-dosen di UBL untuk melanjutkan studi di jenjang Strata-3 (S3) di luar negeri,” imbuh Rektor UBL yang sangat mengapresiasi program ini.

.Ditambahkan Rektor UBL, dalam kesempatan ini, ketiga Mahasiswa UBL ini akan bergabung dengan peserta lainnya dari berbagai Negara diantaranya Jepang, China, Vietnam, Malaysia, Taiwan, Afganistan, Thailand, Amerika, dan Jerman. Sementara itu, kedua orang Dosen UBL akan mempresentasikan papernya dalam Konferensi Internasional, diantaranya karya ilmiah yang berjudul “Qualitative Assessment of Pedestrian Comfort In Zainal Abidin Pagar Alam Street, Bandar Lampung, Indonesia” oleh Haris Murwadi, S.T., M.T., dan karya ilmiah yang berjudul “Design of Lampung Bay Waterfront Using Poetic Architecture Approach” oleh Shofia Islamia Ishar, S.T., M.T.

“Saya mengingatkan kepada Dosen dan Mahasiswa yang akan mengikuti Konferensi Internasional ini agar pandai dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru di Jepang, terutama dari faktor cuaca yang dingin. Ketika disana, para peserta harus terus menjaga asupan gizi yang dikonsumsi sehingga kesehatan dapat terjaga dan kondisi tubuh tidak drop ketika mengikuti Workshop di Jepang yang akan dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 1 Maret 2015 mendatang. Sebagai hasilnya, diharapkan karya ilmiah dari UBL dapat menjadi salah satu karya ilmiah terbaik dalam Konferensi Internasional bidang Arsitektur ini serta diterbitkan ke dalam Journal Of Asian Institute Of Low Carbon Design 2015,” Ujar Rektor UBL.

Dari Indonesia, selain Mahasiswa UBL, bergabung juga 4 (empat) orang Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).