Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UBL Berikan Pengajaran Bahasa Inggris Gratis kepada Siswa SMP

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) telah sukses menyelenggarakan The First International Conference on Education and Language (ICEL) 2013 pada akhir Januari 2013. Sebagai pengemban Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga menyelenggarakan kegiatan- kegiatan yang berkaitan dengan Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah pengajaran Bahasa Inggris secara gratis bagi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 22 Bandar Lampung selama 2 (dua) bulan dimana periode pertama telah berakhir pada bulan Maret 2013.

Dekan FKIP UBL, Drs. Harpain, MAT., M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dan sekaligus untuk membangun kepedulian mereka terhadap masyarakat khususnya dalam hal peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.

“Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang telah meraih Sertifikat ISO 9001: 2008 sejak 2011 ini selalu berusaha untuk memberikan motivasi kepada Dosen dan Mahasiswa untuk melaksanakan tidak hanya kegiatan pendidikan, tetapi juga kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengajaran Bahasa Inggris gratis yang baru-baru ini diselenggarakan di Kampus A diikuti oleh 30 siswa SMPN 22 Bandar Lampung yang terdiri dari 15 siswa kelas VII dan 15 siswa kelas VIII. Kegiatan pengajaran tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa sehingga materi yang disampaikan disesuaikan dengan materi pelajaran di sekolah” terang Harpain.

Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Yanuar Dwi Prasetyo, S.Pd., M.A., juga menambahkan dalam pengajaran tersebut mahasiswa lebih berperan aktif dari mulai persiapan pengajaran sampai dengan pelaksanaan pengajaran itu sendiri. Para dosen berperan sebagai pembimbing untuk memberikan bimbingan, arahan dan pengawasan sehingga tujuan dari pengajaran tersebut dapat tercapai dengan baik. Kegiatan pengajaran tersebut dirasakan sangat bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa FKIP UBL dan para siswa SMPN 22 Bandar Lampung.

Kegiatan pengajaran bagi siswa SMPN 22 Bandar Lampung tersebut dilaksanakan pada libur semester mahasiswa pada bulan Januari – Maret 2013. Kegiatan serupa akan diselenggarakan mulai Mei 2013 mendatang yang pesertanya akan ditingkatkan, tidak hanya siswa SMP tetapi juga akan melibatkan siswa SMA khususnya para siswa yang bermukim di sekitar kampus UBL.