Pengurus FlipMAS Siger Inovasi Lampung Resmi Dilantik di UBL

peresmian pelatikan pengurus flipmas siger inovasi lampung

 

Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai pelopor pembentukan FlipMAS wilayah Lampung menjadi tuan rumah dalam peresmian pelantikan Pengurus Forum Layanan Iptek bagi Masyarakat (FlipMAS) Siger Inovasi Lampung oleh Prof. Sundani Nurono Soewandhi selaku ketua FlipMAS Pusat pada Senin pagi (25/3) bertempat di Aula Gedung M, Kampus B Pascasarjana UBL.

Jajaran pengurus Flipmas Lampung ini berasal dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Provinsi Lampung diantaranya UBL, Universitas Lampung (Unila), IAIN Raden Inten Lampung, Universitas Malahayati, Universitas Muhammadiyah Lampung, Universitas Sang Bumi Ruwai Jurai (Saburai) Bandar Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Megou Pak Tulang Bawang, IBI Darmajaya, Perguruan Tinggi Mitra Lampung, Perguruan Tinggi Teknorat Lampung, Politeknik Negeri Lampung dan Politeknik Kesehatan Negeri Lampung.

Rektor Universitas Bandar Lampung, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., mengatakan pengembangan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi masih sangat rendah. Perguruan tinggi umumnya masih asing dengan dirinya sendiri. “Setiap perguruan tinggi memilki beban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat. Namun, selama ini perguruan tinggi hanya fokus pada program pendidikan dan pengajaran, sehingga 2 (dua) Tri Dharma lainnya terabaikan,” ungkap Rektor UBL.

Selain itu, rendahnnya pengembangan program pengabdian masyarakat terkendala pada munculnya sikap ego dari institusi, individu, ataupun dari berbagai program studi. Oleh karena itu, Rektor UBL mengharapkan untuk bisa membuang jauh-jauh sekat antar institusi, program studi, dan individu dalam rangka meningkatkan pengabdan masyarakat. FlipMAS Siger Inovasi Lampung ini harus bisa berperan dalam perubahan di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Lampung, Drs. Sjahroedin, ZP., dalam sambutannya menyampaikan, perguruan tinggi memliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang IPTEK.

“Harapan yang besar saya tanamkan terhadap perguruan tinggi yakni bisa menjadi generator dalam membawa perubahan. Kami dari Pemerintah Provinsi mendukung penuh terhadap keberadaan FlipMAS Siger Inovasi Lampung ini,” tandas Gubernur Lampung di hadapan ratusan peserta dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Prof. Sundani Nurono Soewandhi dalam sambutannya menyatakan bahwa lemahnya pengabdian pada masyarakat saat ini terletak pada belum tersampaikannya hasil dari pengembangan IPTEK kepada masyarakat, sehingga tidak ada feedback yang di harapkan.

“Inovasi-inovasi yang dilakukan pada pengabdian masyarakat terpaku pada teori-teori yang ada, padahal pengembangan empirik jauh lebih hebat dari teori yang ada,” ujar Prof. Sundani.

Terbentuknya FlipMAS ini, lanjut Prof. Sudani, tak lain untuk menjembatani  perguruan tinggi untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam program pengabdian masyarakat. FlipMAS ini menunjukkan intelektual Perguruan Tinggi kepada masyarakat untuk berempati dalam pengabdian masyarakat. FlipMAS ini juga bisa menjadi forum yang aktif membantu berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Terdapat 3 (tiga) point penting yang harus di kembangkan dalam pengabdian pada masyarakat, yaitu keikhlasan untuk mengabdi pada masyarakat, kebhinekaan yang berarti adanya perbedaan bukan penghalang dalam pengabdian masyarakat, tetapi harus di kerjakan bersama-sama, dan kewilayahan yakni setiap dosen harus mempunyai peta wilayah yang akan di kembangkan. Diharapkan FlipMAS Siger Inovasi Lampung ini dapat melaksanakan program-program yang inovatif melalui kerjasama dengan seluruh FlipMAS di Indonesia demi kesejahteraan masyarakat,” terang Prof. Sundani.

Ketua LPPM UBL, Ir. Lilies Widodjoko, M.T., menerangkan Pengurus FlipMAS Wilayah Siger Inovasi periode tahun 2013-2016 yang resmi dilantik diantaranya Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., sebagai Ketua FlipMAS Wilayah Siger Inovasi, Sri Sulastuti, S.H., M.H., sebagai Sekretaris, Yurni Atmaja, S.E., sebagai Bendahara. Selanjutnya, dilantik pula Ketua serta Anggota beberapa bidang dalam FlipMAS Wilayah Siger Inovasi Drs. Nur Wiyoto, M.Si. sebagai Ketua Bidang Program, Ir. Bambang Utoyo, M.P., sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Heri Purwanto, SKM., M.Epid., sebagai Ketua Bidang Kerjasama, Y. Agus Nurhuda, M.Kom., sebagai Ketua Bidang Data dan Informasi.

Dalam kegiatan Pelantikan Pengurus FlipMAS Wilayah Siger Inovasi Lampung diselenggarakan pula Workshop atau Sosialisasi Flipmas dan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) oleh Prof. Sundani Nurono Soewandhi serta pemaparan materi oleh PTPN VII terkait kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan PTPN VII.

Sementara Triono, M.IP., Ketua LPPM Universitas Megou Pak Tulang Bawang menyatakan apresiasinya atas terbentuknya FlipMAS Lampung periode 2013-2016.  Ia menuturkan, melalui FlipMAS ini, diharapkan dapat mensinergikan program-program di masyarakat, pemerintah, BUMN, maupun swasta yang memiliki program yang menyenruh masyarakat secara langsung.