Pekan Arsitektur Internasional UBL IAW2.0 Bertemakan “Ending the Environ-demic” Resmi Dibuka

Event internasional kembali diselenggarakan oleh Universitas Bandar Lampung. Program Studi Arsitektur UBL bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Lampung menyelenggarakan “The 2nd UBL International Architecture Week (IAW2.0)” dengan tema: “Ending the Environ-demic: Design and Planning Strategies to Reduce Environmental Disasters”.

Setelah tahun lalu sukses dengan event perdananya, UBL IAW2.0 kali ini menghadirkan pembicara akademisi dan praktisi dari mancanegara, antara lain: Prof. Mary Ann A. Espina (Architects Espina, Perez-Espina & Associates, Filipina), Sean Lin (HASSELL, Tiongkok), Christina Sunario (Kuri Studio, Australia), Donatus Gurnito (Smart Design Studio, Australia), Yusuke Okimoto (Sekisui House, Japan), dan Aswin Indraprastha, Ph.D. (Dewan Arsitek Indonesia/Institut Teknologi Bandung, Indonesia).

Rangkaian IAW2.0 dibuka pada hari Senin, 12 Desember 2022 dan akan berlangsung sampai 17 Desember 2022. Pada kegiatan Opening Ceremony yang dilakukan secara hybrid yaitu daring melalui Zoom dan luring yang bertempat di Auditorium Pasca Sarjana UBL, Rektor UBL yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T., secara resmi membuka rangkaian UBL IAW2.0. Dalam sambutannya, WR I menyambut kehadiran para narasumber dan peserta dalam IAW2.0 di UBL dan berharap agar kegiatan ini dapat membuka wawasan para civitas akademia dan praktisi arsitektur di Lampung agar dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah lingkungan alam dan perkotaan global.

Dalam laporannya di sesi pembukaan, Ketua Panitia Penyelenggara UBL IAW2.0, Dr.Eng. Dadang Hartabela, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berbagi dan mendiskusikan perspektif terkini mengenai desain arsitektur dan lansekap serta perencanaan kota, yang dapat mengurangi bencana lingkungan.

Dua pembicara kunci di hari pertama ini yaitu Prof. Mary Ann A. Espina dari Filipina memberikan pemaparan bertajuk “Architectural Response to Disaster Preparedness” dilanjutkan dengan pemaparan dari Sean Lin sebagai Principal dan biro desain internasional HASSELL yang berbicara tentang “From Reseaching to Realising: HASSELL Practice in Nature and Urban Context”.

Kegiatan UBL IAW2.0 selanjutnya adalah Open Campus, BIM Seminar, dan Pameran Karya Arsitektur yang akan dimulai pada hari Rabu, 14 Desember 2022 bertempat di Kampus Drs. Hi. R.M. Barusman (Kampus A) Universitas Bandar Lampung