Parade Budaya 61 Mahasiswa dari 39 Universitas Warnai PMM Batch II UBL 2022

[UBL] : Bandar Lampung – Universitas Bandar Lampung (UBL) merupakan salah satu Universitas yang ikut serta dalam mensukseskan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya ialah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). PMM tahun 2022 ini merupakan periode ke dua pelaksanaanya di UBL. Sebanyak 61 Mahasiswa berbagai program studi dari 39 Universitas di luar pulau Sumatera akan mengenyam pendidikan di UBL selama satu semester.

Yanuar Dwi Prastyo, selaku koordinator PMM UBL dan juga sebagai Direktur MBKM UBL memberikan sambutan dalam kegiatan menyambutan mahasiswa PMM, “Saya sangat senang sekali dan menyambut dengan hangat mahasiswa mahasiswi dari luar pulau Sumatera, dan terimakasih telah memilih UBL sebagai kampus tujuan.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada yayasan dan UBL yang telah memberikan support luar biasa kepada program MBKM khususnya pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Hari ini kami mengadakan acara penyambutan dan pelantikan serta akan ada parade budaya dengan nama Begawi Nengah Nyappur, maka dari itu teman teman PMM saat ini menggunakan pakaian adat mereka masing masing dan nanti akan memperkenalkan diri dan dijelaskan pakaian yang dikenakan. Tim MBKM UBL juga mengenakan pakaian adat yang ada di Lampung dan kami akan mengenalkan kepada teman teman PMM. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini, akan mempererat hubungan dan kami menerima mahasiswa PMM seperti keluarga bagi kita semua,” ucapnya saat memberi sambutan di Aula F, Kamis 15/09/2022.

Sementara itu, Tristan Rokhmawan, selaku Perwakilan dari Universitas Pengirim yaitu Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan mengungkapkan bahwa, “Saya selaku perwakilan dari universitas bidang humas dan kemahasiswaan turut bangga dengan diterima anak anak kami di UBL, semoga mereka bisa beradaptasi dan mendapatkan ilmu, dan setelah pulang kembali kekampus kami, ilmu yang didapat bisa diterapkan dan di bagi kepada teman teman yang ada disni. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan pesan kami kepada anak anak untuk mengikuti segala aturan dan belajar apapun selama disana,” ungkapnya melalui zoom.

Rektor Universitas Bandar Lampung Yusuf Sulfarano Barusman, juga menyampaikan pesan sekaligus secara resmi menerima para mahasiswa. “Saya sangat bangga karena UBL menjadi salah satu kampus tujuan kalian, selamat datang di Lampung dan selamat datang di UBL. Ada 61 mahasiswa dari seluruh pulau diluar Sumatera, ada dari NTT, Ambon, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Tangerang dan mash banyak lagi.

Inilah UBL dan inilah Lampung, semoga kalian semua betah di sini dan bisa banyak belajar. Jangan hanya pindah tempat kuliah dan pindah tempat belajar, tapi upayakan untuk ikut serta secara aktif di setiap kegiatan, belajar adat, budaya dan lainnya, karena ini kesempatan yang luar biasa. Acara hari ini namanya Begawi Nengah Nyappur, memiliki arti yang baik, diambil dari salah satu falsafah hidup orang lampung. Falsafah hidup orang Lampung itu ada 5, yang pertama Pi’il Pesenggiri, Sakai Sambayan, Nengah Nyappur, Nemui Nyimah dan yang terakhir Bejuluk Beadek. Itu merupakan nilai nilai yang dipegang oleh orang Lampung, dan kalian saat ini sudah kami anggap keluarga besar Universitas Bandar Lampung,” tutupnya. ***